Trik scroll ke bawah
Strawberries
WHATSAPP

7 Cara Agar WhatsApp Kamu Lebih Aman Dan Privat

×

7 Cara Agar WhatsApp Kamu Lebih Aman Dan Privat

Sebarkan artikel ini

Dalam era digital yang semakin canggih, keamanan dan privasi di platform pesan instan seperti WhatsApp menjadi semakin penting. WhatsApp, sebagai salah satu aplikasi percakapan paling populer di dunia, menyimpan berbagai informasi pribadi dan pesan yang seringkali sangat bernilai. 

Oleh karena itu, memastikan bahwa WhatsApp Anda lebih aman dan privat menjadi suatu keharusan. Namun tenang saja, pada artikel ini kita akan membahas dan mengupas tuntas 7 Cara Agar WhatsApp Kamu Lebih Aman Dan Privat. Penasaran? Yuk simak selengkapnya agar WhatsApp kamu lebih aman.

Strawberries

Cara Agar WhatsApp Kamu Lebih Aman Dan Privat

1.Mengaktifkan Fitur Disappearing Messages

Bagi kalian yang memiliki ruang chat sangat privat, tips pertama ini bisa membuat WhatsApp menjadi lebih privat. Cara ini digunakan untuk mengamankan pesan WhatsApp. Fitur disappearing messages atau pesan hilang menjadi senjata ampuh untuk menjaga privasi pesan pengguna di WhatsApp.

Dengan mengaktifkan fitur ini, Anda dapat mengonfigurasi atau mengatur pesan agar hilang secara otomatis setelah jangka waktu tertentu dan memberikan tingkat privasi yang lebih tinggi untuk percakapan pengguna. Cara untuk mengaktifkan fitur disappearing messages yaitu:

  • Buka ruang chat Whatsapp yang ingin dihapus percakapannya.
  • Kemudian klik profil pengguna.
  • Lalu pilih “Pesan sementara” atau “Disappearing messages”.
  • Tentukan pilihan berapa lama waktu pesan dihilangkan antara 24 jam, 7 hari, atau 90 hari.

2.Mengunci Whatsapp dengan Fitur Sidik Jari atau Verifikasi Wajah

Menggunakan kunci atau verifikasi sidik jari bisa menjadikan WhatsApp lebih privat, karena  langkah ini memastikan hanya pengguna saja yang bisa melakukan akses ke aplikasi WhatsApp. Dengan cara ini, pesan pribadi pengguna tidak hanya dienkripsi secara end-to-end namun juga dilindungi dengan keamanan biometrik tingkat lanjut.

Baca juga:  3 Fitur Terbaru WhatsApp, Makin Melindungi Privasi Kamu Sebagai Pengguna

Fitur kunci sidik jari dan verifikasi wajah memastikan WhatsApp lebih aman meski ponsel pengguna tidak berada di dekat pengguna. Untuk mengaktifkan fitur satu ini juga cukup mudah dengan cara berikut:

  • Buka menu “Pengaturan” di aplikasi WA.
  • Lalu pilih “Privasi”.
  • Kemudian klik “Kunci Layar”.
  • Dan geser toggle Fae ID atau sidik jari.

3.Gunakan Verifikasi Dua Langkah

Fitur ini dapat membantu Anda meningkatkan privasi WhatsApp karena tujuan mengaktifkan verifikasi dua langkah adalah untuk memungkinkan pengguna mencegah orang lain mengakses akun WhatsApp Anda tanpa persetujuan Anda.

Saat mengaktifkan fitur ini, Anda tidak hanya perlu memberikan nomor telepon untuk login ke akun Anda, tetapi juga harus mengirimkan kode verifikasi ke perangkat. Langkah ini tidak hanya melibatkan sesuatu yang Anda ketahui, seperti kata sandi, tetapi juga sesuatu yang Anda miliki yaitu perangkat hp.

Jadi orang lain yang mencoba masuk ke akun Whatsapp kamu tidak akan bisa tanpa kode verifikasi yang telah dikirimkan karena tidak memiliki perangkat hp-mu. Cara mengaktifkan fitur verifikasi dua langkah pun sangat mudah dilakukan seperti berikut ini:

Jadi, orang lain yang mencoba mengakses akun Whatsapp Anda tidak akan bisa melakukannya tanpa kode verifikasi yang dikirimkan karena mereka tidak memiliki perangkat hp mu. Cara mengaktifkan fitur verifikasi dua langkah pun sangat mudah dilakukan seperti berikut ini:

  • Pertama masuk ke menu “Pengaturan”.
  • Kemudian pilih “Akun”.
  • Lalu klik “Verifikasi dua langkah”.
  • Pilih “Nyalakan”.

4.Aktifkan Notifikasi Perubahan Kode Keamanan

Untuk mengutamakan keamanan pengguna, WhatsApp menyediakan fitur notifikasi perubahan kode keamanan untuk memberikan Anda ketenangan pikiran. Di aplikasi WhatsApp, kamu memiliki kendali untuk memverifikasi apakah obrolan Anda dilindungi dengan enkripsi  end-to-end menggunakan fitur kode keamanan.

Baca juga:  6 Penyebab Nomor Nyasar di WA dan Cara Mengatasinya!

Kode keamanan ini yang dapat membantu menjadikan WhatsApp lebih privat ini dapat diidentifikasi sebagai Kode QR atau rangkaian angka 60 digit. Dengan cara ini, ketika seseorang mencoba mengkonfigurasi ulang kode keamanan  akun WhatsApp Anda melalui perangkat baru seperti ponsel atau laptop, akan langsung menerima notifikasi.

Buat kamu yang ingin mengaktifkan notifikasi terkait perubahan kode keamanan bisa ikuti langkah di bawah ini:

  • Masuk ke menu “Pengaturan”.
  • Lalu pilih “Akun”.
  • Klik “Pemberitahuan keamanan”.
  • Kemudian geser toggle hijau ke kanan.

5.Gunakan Pengaturan Privasi

Mengoptimalkan pengaturan privasi adalah kunci untuk menjadikan Whatsapp lebih privat dan aman. Dengan menjelajahi berbagai opsi pengaturan yang tersedia, pengguna dapat menyesuaikan tingkat privasi sesuai dengan kebutuhan dan preferensi pribadi mereka. Dari mengontrol siapa yang dapat melihat status Anda hingga membatasi siapa yang dapat melihat informasi terakhir kali Anda online,  pengaturan privasi dapat membuat penggunaan WhatsApp lebih aman.

Untuk meningkatkan privasi Whatsapp melalui pengaturan privasi bisa dilakukan dengan cara berikut:

  • Buka menu “Pengaturan”.
  • Lalu klik “Privasi”.
  • Selanjutnya atur privasi seperti yang diinginkan seperti fitur “Last seen”, foto profil, status yang ditunjukkan, bahkan hingga info profil bisa kamu atur semaumu.

6.Cadangkan Obrolan dengan Cloud

Mengamankan riwayat chat di WhatsApp bisa dilakukan dengan cerdas melalui Google Drive atau iCloud. Dengan menyimpan salinan obrolan Anda dengan aman, Anda tidak hanya menjamin keberlanjutan informasi berharga tetapi juga menjadikan WhatsApp lebih privat. Jadi, ketika pengguna ingin menginstal ulang aplikasi WhatsApp di kemudian hari, mereka tetap bisa mengakses pesan-pesan sebelumnya.

Tapi, perlu diketahui juga bahwa cadangan yang disimpan di Google Drive maupun iCloud tidak terenkripsi secara otomatis. Maka dari itu, kamu harus memperhatikan keamanan data pribadi, disarankan untuk mengaktifkan enkripsi end-to-end pada cadangan percakapan Whatsapp. Cara mengaktifkannya seperti berikut:

Baca juga:  5 Cara Melihat Pesan Whatsapp yang Sudah Dihapus oleh Pengirimnya
  • Pertama masuk ke menu “Pengaturan”.
  • Lalu klik “Chat”.
  • Kemudian pilih “Pencadangan obrolan”.
  • Terakhir klik “Pencadangan terenkripsi end-to-end dan pilih “Aktifkan”.

7.Menggunakan Whatsapp Desktop Resmi

Saat Anda ingin menggunakan Whatsapp di komputer atau laptop, Anda harus menghubungkan perangkat ponsel Anda terlebih dahulu ke Whatsapp Web atau aplikasi desktop Whatsapp. Dengan menggunakan WhatsApp desktop resmi, pengguna dapat mengakses pesan dan berbagi file langsung dari komputer atau laptop, memberikan kemudahan lebih dan tentunya memberikan kenyamanan dan WhatsApp menjadi lebih privat.

Pastikan juga saat ingin menggunakan WhatsApp di komputer atau laptop, Anda hanya mendownloadnya dari Microsoft Store, Apple App Store, atau situs resmi WhatsApp. Karena aplikasi pesan singkat ini dienkripsi secara end-to-end, aplikasi ini memastikan bahwa pesan tetap bersifat pribadi dan terlindungi selama proses pengiriman dari perangkat hp ke desktop.

Dengan menerapkan langkah-langkah untuk meningkatkan keamanan dan privasi WhatsApp, Anda tidak hanya melindungi informasi pribadi tetapi juga menciptakan lingkungan komunikasi yang lebih aman. 

Keamanan digital menjadi semakin vital dalam kehidupan sehari-hari, dan langkah-langkah sederhana seperti memperbarui aplikasi, mengaktifkan verifikasi dua langkah, dan mengelola pengaturan privasi dapat memberikan perlindungan yang signifikan. 

Ingatlah, keamanan adalah tanggung jawab bersama, dan dengan kesadaran serta tindakan preventif, kita dapat menjaga keamanan dan privasi dalam berinteraksi melalui platform pesan instan seperti WhatsApp. Tetap waspada, terapkan langkah-langkah ini, dan nikmati pengalaman WhatsApp yang lebih aman dan pribadi.