Trik scroll ke bawah
Strawberries
INSTAGRAM

Cara dan Tips Instagram Marketing untuk Pebisnis Pemula

×

Cara dan Tips Instagram Marketing untuk Pebisnis Pemula

Sebarkan artikel ini

Instagram marketing adalah strategi pemasaran yang menggunakan platform Instagram untuk mempromosikan produk, layanan, atau merek. Ini melibatkan pembuatan dan berbagi konten yang menarik dengan tujuan meningkatkan visibilitas, interaksi, dan pengikut di akun Instagram bisnis. 

Dengan menggunakan fitur seperti posting gambar, cerita, IGTV, dan iklan berbayar, Instagram marketing membantu bisnis membangun hubungan dengan audiens mereka dan meningkatkan kehadiran online mereka.

Strawberries

Pada Artikel ini, kita akan membahas tentang Cara dan Tips Instagram Marketing untuk Pebisnis Pemula. Penasaran? Yuk simak selengkapnya.

Mengapa bisnis perlu instagram marketing?

Bisnis perlu menggunakan strategi marketing di Instagram karena platform ini memiliki beberapa kelebihan yang mampu mendukung aktivitas digital marketing. berikut beberapa alasan mengapa kamu harus memanfaatkan instagram marketing untuk bisnis kamu.

1. Jumlah pengguna Instagram mencapai miliaran

Menurut  laporan We Are Social, jumlah pengguna Instagram di seluruh dunia mencapai 2 miliar pada Januari 2023. Jumlah tersebut tentunya tidak sedikit, sehingga memungkinkan Anda menjangkau audiens yang lebih luas dan menciptakan interaksi dengan mereka. Mereka juga cenderung terlibat aktif melalui balasan insta story, like, komentar, dan reaksi Instagram Story terhadap konten yang diunggah ke platform.

2. Sebagai katalog online

Instagram adalah platform media sosial berbasis  visual. Para pembisnis dapat memanfaatkan fitur Instagram ini untuk mengunggah foto produk ke akun Instagram mereka sehingga tidak perlu membagikan katalog fisik. Jika kontennya menarik dan diposting secara konsisten, maka target konsumen akan lebih yakin dan percaya untuk membeli produk tersebut.

Baca juga:  9 Strategi untuk Menambah Like dan Followers di Instagram

3. Inovasi fitur secara konstan

Instagram terus mengembangkan fitur-fitur menarik seperti Instagram Shopping, IGTV, stiker interaktif di Instagram Stories, musik di Instagram Stories dan post, dan banyak lagi.

Para pembisnis dapat menggunakan fitur-fitur ini  untuk menjalankan strategi marketing yang lebih kreatif dan efektif.

4. Interaksi langsung dengan audiens

Instagram menawarkan fitur dirrect message, kolom komentar pada postingan dan story, serta stiker tanya jawab di Instagram Stories. Dengan fitur ini, Anda dapat memantau feedback dan menjawab pertanyaan pengguna dengan cepat. Anda juga dapat meninjau kritikan dan rekomendasi yang ditinggalkan audiens Anda di dirrect message, kolom komentar, dan stiker pertanyaan.

Tips menyusun strategi marketing di Instagram

1. Ketahui objektif dari instagram marketing Anda

Memahami apa tujuan Anda adalah hal utama yang perlu Anda ketahui, setiap bisnis pasti memiliki tujuan yang berbeda-beda. sehingga tidak ada salah-benar dalam menentukan objektif dari instagram marketing Anda. apalagi jika akun Anda tergolong baru, namun tujuan objektif marketing Anda akan menjadi acuan untuk pengembangan akun Anda.

Berikut ini beberapa contoh objektif atau metrik yang dapat menjadi acuan Anda: 

  • Brand awareness: post reach, followers growth.
  • Engagement: Engagement rate by reach (ERR), Engagement rate by post (ER Post), Daily engagement rate (Daily ER).
  • Konversi: Click-through rate (CTR), social media conversion rate.

2. Pahami target audiens Anda

Salah satu hal terpenting saat mempersiapkan strategi pemasaran di Instagram adalah memahami target audiens Anda. Anda dapat melakukan riset dan membuat user persona bisnis Anda. Kemudian, sesuaikan konten yang Anda buat dengan gaya bahasa, minat, perilaku, dan demografi mereka.

Baca juga:  5 Rahasia Instagram Ads Agar Tingkat Penjualan Meningkat Hingga 3x Lipat

3. Buat konten yang sesuai dengan audiens Anda

Konten yang berkualitas—informatif, terpercaya, relevan, dan menghibur—adalah kunci dalam menarik perhatian dan mempertahankan follower di Instagram. Gunakan copy yang menarik dan gambar atau video yang berkualitas serta pertimbangkan konsistensi gaya visual yang mencerminkan brand Anda. Lakukan uji coba dengan beberapa format visual seperti: carousel infografis, meme, reels, foto produk, dll. Dan tidak lupa pastikan konten yang Anda buat juga tepat dengan persona audiens Anda. 

4. Gunakan hashtag dengan tepat

Hashtag membantu pengguna Instagram yang tertarik dengan topik Anda menemukan konten Anda dengan lebih mudah. Anda dapat menggunakan kombinasi hashtag populer dan spesifik yang sesuai dengan konten Anda. Anda juga dapat menggunakan hashtag untuk menandai digital campaign Anda di Instagram.

5. Menjaga konsistensi posting dan interaksi

Memposting konten secara teratur akan membantu membangun brand awereness dan visibilitas di Instagram. Anda juga harus terlibat dan berinteraksi secara aktif dengan pengikut Anda atau audiens lain dengan menjawab pertanyaan mereka dan menanggapi komentar mereka.

6. Kolaborasi dengan influencer untuk endorsement

Anda dapat berkolaborasi dengan influencer  Instagram untuk mendukung atau mempromosikan produk atau layanan Anda. Influencer disebut-sebut memiliki pengaruh yang cukup besar dalam hal brand awareness dan penjualan. Pastikan Anda melakukan riset influencer terlebih dahulu agar sesuai dengan anggaran dan tujuan pemasaran Anda.

7. Gunakan akun Instagram bisnis

Baca juga:  Simple Cara Tahu Pengguna Yang Unfollow Di Instagram

Agar strategi pemasaran Instagram Anda berhasil, Anda bisa menggunakan akun Instagram bisnis. Akun Instagram bisnis memiliki banyak manfaat, seperti menampilkan informasi profil, menentukan waktu terbaik untuk memposting, dan mempermudah periklanan. Pastikan profil Anda lengkap dan informatif, termasuk kontak, alamat, dan link ke situs web atau profil e-commerce Anda.

8. Promosi dengan Instagram Ads

Jika Anda sudah menggunakan akun Instagram bisnis, Anda bisa mulai beriklan dengan Instagram Ads. Fitur Instagram ini diperuntukkan bagi para pelaku bisnis agar dapat mengiklankan produk atau jasanya di Instagram dengan budget tertentu. Iklan ini dapat disesuaikan berdasarkan demografi, minat, dan perilaku pelanggan target Anda sehingga lebih tepat sasaran.

Dalam mengembangkan strategi pemasaran di Instagram, pebisnis pemula perlu memahami betapa pentingnya keberadaan mereka di platform ini. Dengan populasi pengguna yang terus berkembang, Instagram memberikan peluang besar untuk meningkatkan visibilitas dan menarik calon pelanggan. Oleh karena itu, membangun identitas merek yang kuat, mengoptimalkan profil, dan menggunakan konten visual yang menarik dapat menjadi kunci sukses dalam Instagram marketing.

Selain itu, pebisnis pemula perlu memanfaatkan fitur-fitur khusus Instagram seperti Instagram Stories, IGTV, dan Instagram Shopping. Dengan kreativitas dalam menyajikan konten, mereka dapat membangun interaksi yang tinggi dan meningkatkan konversi penjualan. Jangan lupa, interaksi aktif dengan audiens, penggunaan hashtag yang relevan, dan analisis terus menerus terhadap kinerja kampanye juga merupakan langkah-langkah penting dalam meraih kesuksesan Instagram marketing bagi pebisnis yang baru memulai perjalanan mereka di dunia digital. Semoga bermanfaat!