Trik scroll ke bawah
Strawberries
WINDOWS

Trik Agar Windows 10 Tidak Gampang Terkena Virus atau Malware

×

Trik Agar Windows 10 Tidak Gampang Terkena Virus atau Malware

Sebarkan artikel ini

Windows 10 adalah sistem operasi yang sangat populer di kalangan pengguna PC/laptop, namun salah satu masalah yang sering menjadi penghambat kinerja sistem operasi tersebut adalah keamanannya. Masalah keamanan tersebut biasanya di pengaruhi karena adanya Virus dan malware. Bahaya dari virus dan malware ini adalah mereka dapat mengambil alih, merusak, dan mengganggu sistem operasi tanpa sepengetahuan Anda. Namun jangan khawatir, kami sudah merangkum Trik Agar Windows 10 Tidak Gampang Terkena Virus atau Malware, berikut triknya:

Backup Data Secara Berkala

Salah satu langkah terpenting dalam menjaga keamanan Windows 10 Anda adalah dengan melakukan backup data secara rutin. Hal ini akan membantu Anda mengurangi dampak dari serangan virus atau malware.

  • Gunakan Solusi Backup Otomatis

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan untuk menghindari kerusakan sistem operasi dan file yang ada pada PC Anda adalah dengan menggunakan perangkat lunak backup otomatis. Keunggulan dari software backup otomatis ini adalah Anda tidak perlu melakukan backup secara manual.

  • Simpan Backup di Lokasi yang Aman

Lakukan backup di tempat yang aman. Untuk menghindari virus dan malware merambat ke data backup Anda. Usahakan untuk backup data Anda dengan hardware tambahan seperti hardware atau sejenisnya.

Aktifkan Windows Defender dan Perbarui Secara Berkala

Salah satu fitur Windows 10 yang sangat membantu untuk melindungi sistem operasi Anda dari virus dan malware adalah Windows Defender.

Baca juga:  Cara Cepat Ganti DNS Di PC/Laptop Windows 10
  • Perbarui Definisi Virus Secara Rutin

Pastikan Anda memperbarui versi Windows Defender secara teratur agar tetap up-to-date dengan berbagai macam model ancaman dari virus dan malware yang semakin berkembang.

  • Aktifkan Fitur Proteksi Real-Time

Aktifkan fitur proteksi real-time Windows Defender untuk memindai dan mencegah ancaman yang sedang berlangsung secara otomatis.

Hindari Mengunduh dari Sumber yang Tidak Dipercaya

Mengunduh perangkat lunak secara sembarangan dari situs atau sumber yang tidak resmi dapat meningkatkan resiko sistem operasi Anda rentan terkena virus dan malware.

  • Verifikasi Sertifikasi Digital

Sebelum mengunduh suatu aplikasi, pastikan untuk memverifikasi keamanan dan sertifikat digitalnya untuk memastikan keasliannya.

  • Periksa Ulasan Pengguna

Selalu periksa ulasan pengguna sebelum mengunduh aplikasi baru untuk mendapatkan informasi tentang reputasi dan keamanannya. Dengan melihat ulasan tersebut Anda juga dapat melihat bagaimana kualitas dari aplikasi tersebut.

Baca juga:  Bocoran Fitur Baru yang Mengagumkan dari Windows 12

Gunakan Firewall yang Kuat

Firewall adalah pertahanan pertama dalam melindungi sistem Anda dari serangan jaringan.

  • Konfigurasi Firewall dengan Benar

Pastikan firewall Windows 10 Anda dikonfigurasi dengan benar untuk memblokir trafik yang tidak diinginkan dan melindungi jaringan Anda.

  • Pantau Log Firewall Secara Rutin

Pantau log firewall Anda secara berkala untuk mendeteksi aktivitas mencurigakan atau upaya penetrasi yang tidak sah.

Dengan menerapkan langkah-langkah ini, Anda dapat menjaga keamanan Windows 10 Anda dan mengurangi risiko terkena virus atau malware. Ingatlah untuk selalu memperbarui sistem Anda, menggunakan perangkat lunak keamanan yang kuat, dan berhati-hati dalam mengunduh dan menginstal perangkat lunak baru. Semoga bermanfaat.