Trik scroll ke bawah
Strawberries
WHATSAPP

Tips Menghemat Data Seluler Saat Menggunakan WhatsApp

×

Tips Menghemat Data Seluler Saat Menggunakan WhatsApp

Sebarkan artikel ini

WhatsApp telah menjadi salah satu aplikasi pesan instan yang paling populer di dunia, dengan jutaan pengguna aktif setiap hari. Dengan kepopuleran tersebut menjadikan WhatsApp sebagai aplikasi yang paling sering di gunakan banyak orang untuk saling memberi kabar, mengirim gambar, video, dokumen, panggilan suara dan video call. Karena hal itu, tidak dapat di pungkiri bahwa WhatsApp tentunya menyita banyak penggunaan data seluler Anda. Untuk membantu Anda menghemat data seluler, kami sudah mengumpulkan beberapa Tips Menghemat Data Seluler Saat Menggunakan WhatsApp:

Tips-tips Menghemat Data Seluler Saat Menggunakan WhatsApp

  • Gunakan Wi-Fi Ketika Tersedia

Cara paling sederhana untuk menghemat data seluler adalah dengan menggunakan Wi-Fi. Penggunaan Wi-Fi akan sangat membantu Anda mengurangi penggunaan data seluler untuk mengirim dan menerima pesan.

  • Batasi Pengunduhan Otomatis

Disaat Anda pertama kali menginstal aplikasi WhatsApp salah satu pengaturan default yang perlu Anda ubah agar mengurangi penggunaan data seluler adalah pengaturan pengunduhan otomatis. Pengaturan ini akan otomatis mengunduh gambar, video, dan dokumen yang dikirimkan kepada Anda secara otomatis. Anda dapat mengubah pengaturan tersebut agar membatasi pengunduhan otomatis atau menonaktifkan seluruh pengunduhan otomatis di WhatsApp Anda. Berikut cara mengubahnya : Buka pengaturan WhatsApp, pilih “Data dan Penyimpanan”, dan sesuaikan pengaturan pengunduhan media.

  • Hindari Panggilan Video

Video call atau panggilan video merupakan salah satu fitur yang sangat berguna dan sering digunakan oleh banyak pengguna WhatsApp. Namun tentunya panggilan video menggunakan lebih banyak data seluler dari pada panggilan biasa atau pesan chat. Maka dari itu jika memungkinkan hindarilah penggunaan video call saat menggunakan data seluler.

Baca juga:  Panduan Lengkap Memasukkan Link Whatsapp ke Linktree
  • Gunakan Mode Hemat Data

WhatsApp memiliki fitur “Mode Hemat Data” yang dapat membantu mengurangi penggunaan data seluler.  Berikut cara mengaktifkannya. Pergi ke Pengaturan > Data dan Penyimpanan > Penggunaan Data dan aktifkan Mode Hemat Data.

  • Hapus Pesan dan Media yang Tidak Diperlukan

Berkas media seperti gambar, video, dan dokumen yang dikirim dan diterima melalui WhatsApp dapat mengambil ruang penyimpanan dan menggunakan data seluler Anda. Apabila file tersebut tidak dibutuhkan segera hapus atau pindah ke penyimpanan eksternal, dengan menghapus atau memindahkan media tersebut dapat menghemat ruang penyimpanan dan data seluler Anda.

  • Perbarui Aplikasi WhatsApp

Pastikan Anda menggunakan versi terbaru dari WhatsApp. Pembaruan terbaru sering kali mencakup perbaikan dan optimalisasi yang dapat membantu mengurangi penggunaan data seluler.

Baca juga:  6 Cara Mengubah Nomor Telepon di WhatsApp Tanpa Kehilangan Chat
  • Nonaktifkan Notifikasi Grup

Notifikasi grup WhatsApp akan sangat banyak apabila didalam grup tersebut terdapat banyak anggota aktif. Dengan banyaknya angota aktif tersebut akan menyebabkan notifikasi berulang yang dapat menghabiskan data seluler. Anda dapat menonaktifkan notifikasi untuk grup tertentu atau mengatur pengaturan notifikasi agar lebih hemat.

Dengan menerapkan tips-tips di atas, seperti membatasi pengunduhan otomatis untuk media, memanfaatkan fitur “Mode Hemat Data”, dan menggunakan koneksi Wi-Fi saat tersedia, Anda dapat menghemat data seluler Anda saat menggunakan WhatsApp tanpa harus takut kehilangan banyak data seluler. Dengan demikian, Anda dapat tetap terhubung dengan teman dan keluarga tanpa khawatir tentang melampaui kuota data seluler Anda. Semoga trik di atas bermanfaat.