Trik scroll ke bawah
Strawberries
WINDOWS

Mengelola Program Startup untuk Booting yang Lebih Cepat

×

Mengelola Program Startup untuk Booting yang Lebih Cepat

Sebarkan artikel ini

Program startup adalah aplikasi atau layanan yang secara otomatis di mulai saat komputer Anda di nyalakan. Apabila Anda baru mengintal Aplikasi yang erat kaitannya dengan sistem operasi atau memiliki bagian yang penting dalam kinerja PC/laptop, maka biasanya aplikasi tersebut langsung memiliki akses startup enable. Hal ini dapat mempermudah aplikasi tersebut untuk berjalan langsung di background untuk melakukan tugasnya pada PC Anda.

Namun banyaknya program yang di muat saat booting dapat memperlambat waktu booting dan mengurangi kinerja sistem secara keseluruhan. Maka dari itu perlunya untuk mengelola program startup agar aplikasi yang tidak terlalu menjadi prioritas utama atau tidak memiliki kaitan langsung dengan sistem operasi di matikan fitur startup. Itu akan sangat membantu waktu booting PC Anda lebih cepat. Adapun langkah-langkah Mengelola Program Startup untuk Booting yang Lebih Cepat kami paparkan di bawah ini.

Langkah-langkah Mengelola Program Startup di Windows

  1. Buka Task Manager. Cara termudah untuk mengelola program startup di Windows adalah melalui Task Manager. Anda dapat membuka Task Manager dengan menekan tombol “Ctrl + Shift + Esc” secara bersamaan, atau dengan mengklik kanan pada taskbar dan memilih “Task Manager”.
  2. Pilih Tab “Startup”. Setelah Task Manager terbuka, pilih tab “Startup”. Di sini Anda akan melihat daftar semua program yang di izinkan untuk memulai saat booting.
  3. Nonaktifkan Program yang Tidak Di perlukan. Teliti daftar program startup dan nonaktifkan program yang tidak di perlukan dengan mengklik kanan pada program tersebut dan memilih opsi “Disable”. Pastikan untuk hanya menonaktifkan program yang Anda yakini tidak di perlukan untuk booting sistem.
Baca juga:  7 Cara Mengatasi Error 'Windows Update Failed' dalam Sekejap

Keuntungan Mengelola Program Startup

Mengelola program startup tidak hanya akan mempercepat waktu booting komputer Anda, tetapi juga dapat meningkatkan kinerja keseluruhan sistem. Dengan mengurangi jumlah program yang di muat saat booting, Anda akan memiliki lebih banyak sumber daya sistem yang tersedia untuk digunakan oleh aplikasi yang Anda gunakan setelah booting selesai. Selain itu, mengurangi beban program startup juga dapat membantu mengurangi risiko konflik antara program dan mengoptimalkan stabilitas sistem Anda.

Baca juga:  Bocoran Fitur Baru yang Mengagumkan dari Windows 12

Anda dapat mempercepat waktu mulai komputer dan meningkatkan performa sistem secara keseluruhan dengan mengatur program startup di Windows. Langkah-langkah di atas akan sangat membantu Anda untuk mengelola Startup pada PC atau laptop. Disarankan untuk mengelola program startup secara rutin agar komputer Anda tetap beroperasi dengan lancar dan efisien. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan pengalaman menggunakan komputer yang lebih cepat dan lebih nyaman. Semoga bermanfaat.