Trik scroll ke bawah
Strawberries
WHATSAPP

Ingin Ngiklan di WhatsApp, Yuk Coba Fitur Saluran!

×

Ingin Ngiklan di WhatsApp, Yuk Coba Fitur Saluran!

Sebarkan artikel ini

Baru-baru ini WhatsApp telah merilis fitur barunya yaitu saluran yang secara teknis mirip dengan fitur channel yang terdapat dalam aplikasi Telegram.

Sebenarnya fitur saluran ini telah muncul pada pertengahan 2023 di Kolombia dan Singapura. Namun di Indonesia baru rilis pada quartal terakhir 2023.

Strawberries

fitur berupa saluran ini memiliki beragam manfaat sehingga memungkinkan pengguna untuk membagikan informasi terbaru secara langsung melalui platform WhatsApp. selain itu, anda juga dapat menambahkan tautan eksternal, melihat sorotan berupa interaksi dengan para pengikut di saluran WhatsApp. dengan fitur ini pula pengguna kerap menjadikannya sebagai media promosi bisnis.

Baca juga:  Simak! Begini Cara Membuat Undangan Berupa Tautan Grup WhatsApp

Sama halnya dengan fitur channel di aplikasi Telegram, fitur saluran yang terdapat di WhatsApp dapat memberikan ruang bagi pengguna untuk berbagi dan menerima segala macam informasi. Beragam informasi terkini tersebut dapat berupa teks, foto, video, stiker hingga tautan eksternal.

Akan tetapi, terdapat sebuah perbedaan yang mencolok antara fitur channel di Telegram dengan fitur Saluran di WhatsApp. perbedaan tersebut terletak pada kemampuan pengguna dalam memberikan respon berupa tanggapan yang hanya dapat berupa stiker emoticon.

sayangnya, WhatsApp belum menyediakan fitur komentar berupa teks langsung terhadap informasi.

Baca juga:  Cara Membuat Bubble Chat Whatsapp Seperti Messenger

Nah, untuk dapat membuat saluran WhatsApp terdapat satu syarat yaitu menjadi pengguna yang telah terverifikasi oleh WhatsApp.

untuk menandakan pengguna telah terverifikasi oleh WhatsApp, maka akan terlihat tanda centang hijau di sebelah nama pengguna. Sedangkan pengguna yang belum terverifikasi hanya dapat menjadi pengikut saluran.

Cara Membuat Saluran Baru di WhatsApp

khusus bagi pengguna yang telah mendapatkan verifikasi oleh WhatsApp, berikut cara membuat saluran bagi yang menggunakan perangkat Android, iOS, dan Desktop;

  • Bukalah aplikasi WhatsApp kemudian masuk ke menu pembaruan.
  • ketuk ikon tambahkan (+) kemudian pilih saluran baru.
  • setelah itu tekan mulai dan ikutilah instruksi selanjutnya.
  • Untuk menambahkan kesan menarik, pengguna dapat memasukkan deskripsi dan ikon pada saluran baru.
  • Langkah terakhir adalah menekan tombol buat saluran.
Baca juga:  5 Aplikasi Booking Hotel Selain Traveloka Dijamin Worth It

pengguna yang mengikuti sebuah saluran di aplikasi WhatsApp hanya dapat melihat pembaruan selama 30 hari ke belakang. Setelah 30 hari maka pembaruan tersebut otomatis akan terhapus oleh pihak WhatsApp.

Pihak WhatsApp berharap fitur ini dapat menjadi alat untuk berbagi informasi ya walaopun hanya satu arah. Namun WhatsApp juga memberikan kebebasan bagi admin saluran untuk memblokir tangkapan layar dari dalam saluran.