Trik scroll ke bawah
Strawberries
WHATSAPP

Catat! Ini Tanda Whatsapp Kamu Dipantau orang lain

×

Catat! Ini Tanda Whatsapp Kamu Dipantau orang lain

Sebarkan artikel ini

WhatsApp merupakan aplikasi yang memungkinkan pengguna dapat mengirim pesan berupa teks, gambar, ataupun video serta berkas lainnya kepada teman dan keluarga dari jarak dekat maupun jarak jauh.

Panggilan suara dan panggilan video dapat berjalan secara gratis hanya bermodalkan koneksi internet. Kendatipun WhatsApp dapat membantu dalam hal komunikasi, namun tidak jarang para penggunanya khawatir tentang kemungkinan tersadap oleh orang lain.

Strawberries

Yuk, Simak beberapa tanda yang perlu anda perhatikan untuk mengenali kemungkinan WhatsApp anda telah disadap.

Log Out secara tiba-tiba

Hal yang perlu anda sadari bahwa apabila aplikasi WhatsApp anda sering tiba-tiba keluar dengan sendirinya. Ini bisa menjadi pertanda bahwa akun anda telah tersadap oleh orang lain. Perlu anda amati bahwa jika mendapati akun anda keluar secara tiba-tiba dan tanpa alasan yang jelas. Hal ini lantaran WhatsApp hanya bisa berjalan pada satu perangkat pada satu waktu.

Baca juga:  Instagram Punya Fitur Game Emoji, Ini Cara Mainnya

Menerima pesan berisi kode OTP

Apabila anda menerima sebuah pesan berisi kode OTP (One Time Password) tanpa anda melakukan adanya transaksi online apapun, ini bisa menjadi salah satu pertanda. Jika anda tidak meminta atau melakukan transaksi tertentu, jangan pernah memberikan kode OTP kepada orang yang tidak anda kenal sebelumnya. Hal ini bertujuan menghindari kemungkinan penyadapan akun WhatsApp anda.

Baca juga:  5 Penyebab dan Cara Ampuh Mengatasi Status WA yang Gak Bisa Dilihat!

Kinerja aplikasi yang lemot

Sering mengalami kelambatan atau eror tanpa suatu alasan yang jelas bisa saja menjadi pertanda bahwa akun anda telah tersadap. Terutama apabila anda jarang menggunakan aplikasi tersebut secara intens. Hal ini bisa terjadi lantaran proses penyadapan ini membutuhkan sumber daya tambahan sehingga dapat memperlambat kinerja aplikasi.

Pesan masuk terbaca dengan sendirinya

Apabila anda mendapatkan pesan masuk dari orang lain, kemudian pesan tersebut terbaca dengan sendirinya. Ini bisa menjadi indikasi bahwa akun anda telah tersadap oleh orang lain. Selain itu, tanda bahwa pesan masuk telah terbaca adalah menculnya tanda dua centang berwarna biru di bawah kanan kotak pesan.

Baca juga:  Resiko Besar Pakai Social Spy Whatsapp, Waspada

Pesan terkirim secara otomatis

Perlu anda sadari bahwa pesan yang tidak pernah anda kirim sebelumnya, namun secara otomatis muncul di chat room merupakan salah satu tanda WhatsApp anda telah tersadap.

Oleh karenanya, penting untuk menggunakan fitur keamanan yang terdapat di aplikasi WhatsApp. Hal yang dapat anda lakukan adalah menggunakan Langkah-langkah perlindungan. Seperti mengganti password, mengaktifkan fitur keamanan autentikasi dua faktor atau verifikasi dua Langkah, dan melaporkan  aktivitas yang kiranya mencurigakan kepada layanan dukungan yang tersedia.