Trik scroll ke bawah
Strawberries
TUTORIAL

7 Cara Mengatasi HP Kemasukan Air, Jangan Panik

×

7 Cara Mengatasi HP Kemasukan Air, Jangan Panik

Sebarkan artikel ini

7 Cara Mengatasi HP kemasukan Air, Jangan panik. Jika ponsel Anda jatuh ke air, kebanyakan orang akan mencari tahu apa yang harus dilakukan jika ponsel Anda basah. Beberapa telepon seluler (ponsel) berperforma tinggi bersifat tahan air.

Namun masih banyak ponsel yang tidak memiliki fitur tersebut. Saat ponsel terkena air atau terendam air, biasanya kita langsung panik saat mengetahui ponsel sudah berhenti berfungsi sama sekali. Saat ponsel Anda terendam air, ponsel akan masuk ke port, jack, dan speaker dan berubah menjadi kryptonite ponsel Anda.

Strawberries

Di dalam komponen ponsel, air mengalir ke bagian-bagian ponsel. Air bertindak sebagai konduktor, membawa listrik saat mengisi daya ponsel Anda. Air mungkin memerlukan waktu yang cukup lama untuk mencapai komponen yang rentan. Peralatan elektronik yang terkena atau terendam air harus segera dibuang untuk mencegah kerusakan lebih lanjut. Sebelum membawanya ke bengkel, Anda harus memperbaikinya sendiri terlebih dahulu.

Baca juga:  2 Cara Mudah Mengetahui Layar LCD Touchscreen Xiaomi Masih Berfungsi Dengan Baik

Ada beberapa cara agar ponsel Anda tidak basah karena hujan

1. Matikan ponsel anda

Saat ponsel Anda terendam air dan mencoba hidup, proses ini dapat menyebabkan korsleting pada komponen penting. Oleh karena itu, jika ponsel Anda basah karena hujan, sebaiknya segera matikan.

2. Jangan mengisi daya ponsel Anda

Selain itu, pengguna harus melindungi ponselnya dari arus listrik untuk menghindari korsleting. Kami sangat menyarankan agar Anda tidak mengisi daya ponsel baru Anda jika basah karena hujan.

3. Letakkan ponsel pada posisi yang benar

Jika air masuk karena hujan, segera letakkan ponsel Anda pada posisi yang benar. Letakkan ponsel Anda dengan  speaker menghadap ke bawah. Lalu kocok perlahan. Kuncinya adalah membiarkan air mengalir secara perlahan.

Baca juga:  Ada Typo di Lembar Kerja Word, Begini Cara Ceknya

4. Keringkan ponsel Anda

Penempatan ponsel yang tepat akan membantu mengeringkan permukaan yang terkena air. Untuk mengeringkannya, seka ponsel Anda dengan kain lembut, seperti pembersih kacamata atau kain mikrofiber.

5. Jangan mengeringkan ponsel anda dengan pengering rambut

Kelima, tidak disarankan menggunakan pengering rambut untuk mengeringkan ponsel. Udara panas yang dihasilkan dapat merusak komponen ponsel Anda. Selain itu, pengguna disarankan untuk tidak menggunakan alat yang menghasilkan udara bertekanan.

6. Keluarkan air dari ponsel Anda menggunakan aplikasi

Keenam, pengguna dapat menggunakan aplikasi untuk menghilangkan air dari ponselnya. Aplikasi untuk menghilangkan air dari ponsel Anda adalah aplikasi yang dapat memutar atau menghasilkan suara dan getaran bernada tinggi. Aplikasi yang mengeluarkan suara bernada tinggi untuk menghilangkan air dari speaker ponsel Anda kini tersedia luas di toko aplikasi resmi.

Baca juga:  Masih Bingung Cara Restart HP Oppo? 3 Tips Praktis Ini Berguna Untuk Restart HP Oppo Anda!

Pengguna dapat mencari menggunakan kata kunci seperti “water eject” dan “speaker cleaner” di toko aplikasi resmi. Dengan aplikasi ini Anda dapat dengan mudah mengeluarkan air dari ponsel Anda. Pengguna hanya perlu memutar suara bernada tinggi yang tersedia di aplikasi dan meletakkan ponsel dengan  speaker menghadap ke bawah.

7. Rendam dalam beras

Menyimpan ponsel di dalam beras dapat mencegah masuknya air hujan. Ngomong-ngomong, beras merupakan bahan yang memiliki sifat menyerap  cairan dan kelembapan lingkungan. Untuk menghilangkan air, masukkan ponsel Anda ke dalam wadah dan rendam dalam beras selama beberapa jam. Kemudian, setelah ponsel kering, pengguna bisa mengeluarkannya dari rendaman beras.

Demikian penjelasan dan cara yang bisa kami rekomendasikan untuk mengatasi HP kemasukan air. Terima kasih, semoga informasi ini bermanfaat untuk anda.