Trik scroll ke bawah
Strawberries
LAPTOP

6 Solusi Jitu Menjaga Suhu Laptop Tetap Dingin

×

6 Solusi Jitu Menjaga Suhu Laptop Tetap Dingin

Sebarkan artikel ini

6 Solusi Jitu menjaga suhu laptop tetap dingin. Fitur laptop masih terus berkembang. Mulai dari bekerja hingga hiburan seperti bermain game dan menonton film. Tak heran jika laptop Anda kepanasan saat digunakan dalam jangka waktu lama. Jika hal ini terjadi, jelas sekali ada masalah dalam penggunaan laptop, seperti kesalahan saat membuka program tertentu.

Oleh karena itu, usahakan laptop Anda tetap sedingin mungkin saat digunakan untuk memastikan kinerjanya tetap lancar dan sehat. Ada banyak cara agar laptop tetap dingin saat digunakan. Tuntutan kinerja yang berlebihan pada laptop Anda dapat menghasilkan panas yang berlebihan, terutama dalam jangka waktu yang lama. Lebih parahnya lagi, jika panas tidak tersirkulasi dengan baik, rongga di dalam laptop hanya akan terisi udara panas.

Strawberries

Panas yang berlebihan tidak hanya mempengaruhi kinerja perangkat Latpop Anda, tetapi juga berbahaya bagi komponen laptop Anda. Penggunaan terus menerus tidak hanya akan merusak laptop Anda tetapi juga mempengaruhi kinerja sehari-harinya. Orang yang sering menggunakan notebook dalam jangka waktu lama sebaiknya memperhatikan kestabilan suhu perangkat. Hal ini tentunya dilakukan untuk melindungi perangkat laptop anda dari kemungkinan terburuk terjadinya overheat.

Baca juga:  5 Rekomendasi Laptop Murah Untuk Mahasiswa Dan Pelajar Harga Mulai 2 Jutaan

1. Menggunakan Cooling Pad

Cara menjaga laptop tetap dingin yang pertama adalah dengan menggunakan cool pad. Tempatkan bantalan pendingin di bagian bawah laptop Anda, karena ini adalah area terpanas. Perlu diketahui bahwa komponen utama laptop terdapat pada bagian bawah, sehingga coolpad dapat menjaga suhu laptop tetap stabil. Cooling pad sendiri  berfungsi untuk menjaga suhu agar laptop tidak cepat panas. Anda dapat memilih jenis bantalan pendingin yang tersedia tergantung kebutuhan Anda. Cooling pad untuk aktivitas gaming sangat berbeda dengan cool pad untuk aktivitas bekerja.

2. Menghentikan program yang tidak diperlukan

Pada dasarnya, saat Anda menghidupkan laptop, ada banyak program yang otomatis dijalankan meskipun Anda tidak sedang menggunakannya. Jelas ini adalah salah satu penyebab laptop Anda menjadi panas dan panas. Menghentikan banyak program yang tidak digunakan atau diperlukan akan mengurangi beban CPU selama runtime.

Untuk melihat program mana yang sedang berjalan, klik kanan taskbar, pilih Task Manager, lalu  klik Performance untuk melihat program berdasarkan penggunaan CPU. Kemudian pilih program yang tidak digunakan dan klik “Nonaktifkan”. Hal ini akan membantu laptop Anda tetap sejuk saat digunakan beraktivitas.

Baca juga:  5 Laptop Buatan Indonesia, Nggak Kalah dengan Buatan Luar Negeri

3. Sesuaikan Laptop di menu pengaturan

Anda Cara selanjutnya agar laptop Anda tetap dingin atau menjaga suhunya adalah dengan mengatur pengaturan  laptop Anda. Setting laptop dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda saat menggunakan laptop. Untuk gaming, editing video dengan berbagai macam aplikasi, dll. Dengan cara ini, performa laptop Anda tidak akan terpengaruh karena menjalankan  program berat.  Anda juga dapat mengurangi kecerahan layar dan menutup beberapa aplikasi yang tidak digunakan.

4. Matikan laptop untuk sementara waktu

Pada dasarnya, sama seperti laptop Anda memerlukan waktu istirahat atau tidur agar dapat menyegarkan diri saat Anda sedang menggunakannya. Jika Anda merasa laptop Anda terlalu panas, sebaiknya Anda berhenti sejenak dan mematikannya. Ini akan menghentikan semua program yang sedang berjalan dan menjaga laptop Anda tetap dingin sehingga Anda dapat menggunakannya kembali nanti dengan performa  maksimal.

5. Mengganti atau menambah kapasitas RAM

RAM atau random access memory merupakan komponen memori pada laptop dan digunakan untuk membaca dan menulis dengan cepat. Performa laptop bergantung pada jumlah RAM yang digunakan. Semakin banyak RAM yang Anda miliki, semakin baik kinerja laptop Anda. Ketika kapasitas RAM laptop anda penuh maka akan meningkatkan suhu laptop anda dan tentunya akan memperlambat laptop anda. Ini akan membantu laptop Anda tetap dingin saat Anda mengganti atau menambah kapasitas RAM.

Baca juga:  5 Menit Beres, Begini Cara Mudah  Screenshot di Laptop

6. Membersihkan Ventilasi Udara

Cara terakhir agar laptop tetap sejuk adalah dengan membersihkan area ventilasi tempat sirkulasi udara laptop Anda. Hal ini memungkinkan sirkulasi udara merata dan menjaga laptop Anda tetap dingin. Ingatlah bahwa jika Anda tidak membersihkan ventilasi ini, debu dan kotoran akan terkumpul sehingga menghambat sirkulasi udara. Anda dapat membongkar laptop sambil membersihkan ventilasinya.

Jangan lupa untuk membersihkan kipas dan kompone kotor lainnya agar laptop Anda tetap sejuk dan siap digunakan. Inilah cara sederhana agar laptop tetap sejuk yakni tidak terlalu panas sehingga  bisa melakukan berbagai aktivitas. Penting untuk memilih laptop yang mendukung berbagai aktivitas

Demikianlah beberapa rekomendasi solusi yang bisa anda lakukan untuk menjaga suhu laptop anda tetap dingin. Terima kasih, semoga bermanfaat.