Trik scroll ke bawah
Strawberries
INTERNET

Ternyata Ini Cara Kunci Jaringan 4G Di Android Agar Sinyal Kencang

×

Ternyata Ini Cara Kunci Jaringan 4G Di Android Agar Sinyal Kencang

Sebarkan artikel ini

Ternyata ini cara Kunci Jaringan 4G di Android Agar Sinyal Kencang. Fluktuasi sinyal jaringan ponsel bisa sangat mengganggu. Dampaknya tidak hanya  kecepatan internet yang fluktuatif atau tidak stabil, tapi juga kemungkinan audio terputus saat melakukan panggilan. Meskipun jaringan 4G  tidak secepat 5G, namun penggunaannya masih luas. Sebab, jaringan 5G  belum merata.

Namun, ponsel pintar Android dapat secara cerdas dan otomatis terhubung ke jaringan 5G begitu terdeteksi dalam suatu area jangkauan. Masalah lain yang mungkin tidak terlihat jelas adalah ponsel Anda akan bekerja lebih keras karena terus mencari sinyal terbaik atau tercepat.

Akibatnya, baterai ponsel Anda akan terkuras lebih banyak dari biasanya. Peralihan jaringan secara terus-menerus dari 4G ke 5G dan sebaliknya juga berdampak kecil pada kualitas jaringan ponsel Anda. Kemungkinan besar sinyal jaringan 5G akan lebih lemah dibandingkan 4G di wilayah tertentu, terutama jika Anda menggunakan ponsel saat mengemudi. Oleh karena itu, smartphone Android memiliki fitur yang memungkinkan Anda mengunci jaringan agar koneksi dan kualitas sinyal tetap optimal. Solusinya adalah mengunci jaringan seluler Anda ke 4G.

Baca juga:  5 Cara Masuk WiFi Gratis Tanpa Password di Android, Langsung Konek!

Berikut langkah mengunci jaringan 4G di Android, meskipun merek berbeda tapi rata-rata semua smartphone Android memiliki langkah yang sama.

  • Masuk ke menu Settings atau Pengaturan di hape Android
  • Selanjutnya pilih menu yang menyediakan pengaturan SIM serta Jaringan (Network), misalnya menu Network & Internet
  • Pilih menu SIM Card yang terpasang dan cari menu bertuliskan “Prefered Network Type” untuk memilih jenis jaringan yang diinginkan
  • Kamu akan diberikan pilihan ragam jenis jaringan, pastikan memilih jaringan yang tidak menyediakan 5G atau hanya 4G LTE sebagai yang tertinggi.
Baca juga:  IKN Terkoneksi Internet Satelit Starlink? Ini Kata BAKTI Kominfo

Langkah mengunci jaringan 4G di Android selesai, kini smartphone kamu akan tetap memilih jaringan 4G sebagai jaringan utama meskipun area kamu berada dijangkau 5G. Hal yang perlu diketahui adalah smartphone 5G sekalipun tidak akan bisa menikmati kecepatan internet tercepat 5G jika belum berlangganan paket atau kuota internet yang sesuai.

Demikianlah penjelasan tentang cara mengunci jaringan 4G di android yang bisa anda ikuti, hal ini berguna agar jaringan internet anda stabil dan tetap kencang. Terima kasih, semoga bermanfaat.