Trik scroll ke bawah
Strawberries
TWITTER

5 Cara Memanfaatkan Twitter Marketing Untuk Bisnis UMKM Yang Harus Kalian Tau

×

5 Cara Memanfaatkan Twitter Marketing Untuk Bisnis UMKM Yang Harus Kalian Tau

Sebarkan artikel ini

Apa itu UMKM?

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) merujuk pada kategori bisnis dengan skala operasional yang lebih kecil dibandingkan dengan perusahaan besar. UMKM mencakup berbagai sektor, mulai dari industri manufaktur, perdagangan, hingga jasa. Kriteria utama yang membedakan UMKM adalah jumlah karyawan, nilai aset, dan omzetnya yang terbatas. Di banyak negara, UMKM diakui sebagai pilar ekonomi yang penting, berkontribusi pada penciptaan lapangan kerja, pemberdayaan masyarakat, dan pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan.

Strawberries

UMKM seringkali menjadi tulang punggung ekonomi lokal karena kehadiran mereka dalam berbagai sektor dan kontribusi mereka terhadap pembangunan komunitas. Selain itu, UMKM juga dianggap sebagai sumber inovasi dan fleksibilitas bisnis yang tinggi, karena mereka dapat lebih cepat menyesuaikan diri dengan perubahan pasar. Dengan mendukung UMKM, pemerintah dan pemangku kepentingan lainnya berusaha untuk menciptakan lingkungan bisnis yang beragam dan inklusif, merangsang pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

Pada Artikel ini, kita akan membahas 5 Cara Memanfaatkan Twitter Marketing Untuk Bisnis UMKM Yang Harus Kalian Tau. Penasaran? Yuk simak selengkapnya.

Cara Memanfaatkan Twitter Marketing Untuk Bisnis UMKM 

Baca juga:  Notifikasi Twitter Tidak Bunyi? Ini Solusi Jitu untuk Android & iPhone

1.Buat Akun Twitter untuk Bisnis dan Maksimalkan Profil

Untuk memulai strategi pemasaran Twitter, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuat akun khusus untuk bisnis UMKM yang Anda kelola. Lalu, maksimalkan profil akun Twitter Anda untuk menarik perhatian audiens terhadap bisnis Anda. 

Anda perlu memperhatikan tampilan profil akun untuk bisnis anda. Sebagaimana profil Anda adalah wajah bisnis UMKM Anda, maka profil tersebut akan menentukan reputasinya. Oleh karena itu, maksimalkan profil akun Twitter Anda untuk keperluan pemasaran bisnis Anda di Twitter. mulai dari mengidentifikasi nama pengguna akun yang benar, memilih foto profil yang menampilkan logo bisnis, dan menulis bio  yang mendeskripsikan bisnis dengan jelas.

2.Unggah Postingan/Konten pada Waktu yang Tepat (Peak Hours)

Untuk memastikan postingan yang sudah Anda publikasikan menjangkau banyak audies, unggah konten Anda pada waktu yang tepat. waktu ini sering disebut jam sibuk. Artinya, Anda perlu memperhatikan waktu yang tepat dalam memposting tweet yang diunggah melalui akun Twitter perusahaan UMKM Anda.

Waktu yang baik untuk mengupload konten adalah pada saat jam makan siang, siang dan malam, terutama pada hari Jumat, Sabtu dan Minggu. Secara umum, orang sering mengunjungi Twitter atau media sosial lainnya di waktu senggang dan di akhir pekan.

Baca juga:  Cara Meningkatkan Interaksi Anda di Twitter dengan 7 Tips Handal

3.Manfaatkan Fitur yang Tersedia

Ada banyak befbagai fitur yang dapat Anda gunakan dalam tweet yang Anda buat untuk mengoptimalkan konten promosi bisnis Anda. Fitur-fitur tersebut adalah gambar, video, GIF, dan polling. Selain interaktivitas, penggunaan fitur-fitur ini pasti akan membuat tweet Anda jauh lebih menarik dibandingkan hanya mengunggah tweet yang hanya berupa teks.

4.Gunakan Hashtag (#) dalam Tweet

Hashtag mempunyai pengaruh yang kuat terhadap sebuah tweet, khususnya konten promosi. Faktanya, tweet yang menggunakan hashtag biasanya memiliki lebih banyak tayangan atau engagement dua kali lebih banyak dibandingkan tweet tanpa hashtag.

Namun penggunaan hashtag tidak boleh berlebihan. Hal ini justru dapat mengurangi engagement dengan konten iklan Anda. Akan lebih baik jika Anda menggunakan satu atau dua hastag yang sedang tren dan tentunya berkaitan dengan konten yang Anda buat.

5.Pakai Kata-Kata Ajakan (Call To Action)

Seperti strategi pemasaran lainnya, penggunaan kata-kata ajakan atau call to action sering digunakan untuk menggiring calon pelanggan untuk membeli produk atau layanan dari bisnis Anda. Selain mengundang orang untuk membeli, Anda juga dapat menggunakan kata-kata undangan seperti “kunjungi website kami”,  “baca lebih lanjut di sini”, dan masih banyak lagi.

Baca juga:  Tips Cara Membuat Bookmarks Twitter untuk Menyimpan Tweet di Timeline

Pastikan untuk memakai kata-kata ajakan jika diperlukan saja. Sebab, penggunaan kata ajakan yang terlalu sering akan menimbulkan kesan agresif pada bisnis kamu.

Dengan memanfaatkan Twitter marketing secara efektif, bisnis UMKM dapat membuka peluang pertumbuhan yang signifikan. Melalui platform ini, UMKM memiliki akses global untuk membangun merek, berkomunikasi dengan pelanggan potensial, dan mengikuti tren pasar. 

Penting untuk memahami bahwa kesuksesan di Twitter tidak hanya bergantung pada jumlah pengikut, tetapi juga pada kreativitas, konsistensi, dan interaksi yang berarti dengan audiens. Oleh karena itu, UMKM perlu terus menjelajahi berbagai fitur dan strategi yang ditawarkan oleh Twitter, serta secara aktif merespons umpan balik pelanggan.

Membangun komunitas di platform ini dapat meningkatkan visibilitas dan kredibilitas bisnis Anda. Dengan demikian, mari terus mengasah keahlian dalam pemanfaatan Twitter marketing, menjadikannya alat yang efektif untuk memperluas jangkauan dan kesuksesan bisnis UMKM. Semoga panduan ini bermanfaat dan membawa kesuksesan bagi upaya Twitter Marketing Anda!