Trik scroll ke bawah
Strawberries
WHATSAPP

3 Tips Cara Menghemat Data Saat Menggunakan WhatsApp di Ponsel Anda

×

3 Tips Cara Menghemat Data Saat Menggunakan WhatsApp di Ponsel Anda

Sebarkan artikel ini

Bagi banyak orang, penggunaan WhatsApp juga dapat menyebabkan penggunaan data yang cukup besar, terutama bagi mereka yang memiliki paket data terbatas. 

Untungnya, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menghemat data saat menggunakan WhatsApp di ponsel Anda, tanpa mengorbankan pengalaman penggunaan. 

Strawberries

Dalam artikel ini, kami akan membahas 3 Tips Cara Menghemat Data Saat Menggunakan WhatsApp di Ponsel Anda, sehingga Anda dapat tetap terhubung tanpa khawatir tentang pengeluaran data yang berlebihan.

1. Matikan background datar

Untuk menghemat kuota internet, Anda dapat mematikan background datanya. Namun, tidak ada pesan yang masuk sampai Anda membuka aplikasi WhatsApp. WhatsApp akan kembali berjalan dan menerima pesan masuk ketika Anda membuka aplikasinya saja. 

Ikuti langkah-langkah berikut untuk mematikan background WhatsApp.

  • Buka aplikasi menu Pengaturan ponsel
  • Kemudian pilih opsi menu Aplikasi
  • Gulir layar dan temukan aplikasi WhatsApp. Bisa juga melakukannya dengan mengetik aplikasi WhatsApp pada kolom pencarian
  • Ketuk menu WhatsApp, lalu ketuk opsi Data Seluler
  • Matikan opsi Izinkan penggunaan data latar belakang.
Baca juga:  3 Cara Membuat Polling di Whatsapp Grup

2. Nonaktifkan unduh media otomatis WhatsApp

Dengan mematikan fitur unduh media otomatis (auto-download) foto dan video di WhatsApp, kuota internet tidak akan terbuang sia-sia. Anda cukup memilih foto atau video mana yang hanya ingin diunduh dan dilihat.

Dengan mematikan fitur unduh media otomatis ke WhatsApp, kuota internet Anda tidak akan terbuang percuma. Anda hanya perlu memilih foto atau video yang ingin Anda unduh dan lihat. Selain menghemat kuota internet, cara ini juga dapat mencegah kapasitas memori ponsel Anda cepat penuh. 

Ikuti langkah-langkah untuk menonaktifkan auto-download WhatsApp.

  • Pilih Settings (Setelan) pada aplikasi WhatsApp, klik ikon tiga titik vertikal di pojok kanan atas
  • Selanjutnya pilih bagian Storage and Data usage (Penyimpanan dan data)
  • Hilangkan semua centang pada tiga opsi yang ada, yakni When using mobile data (Saat menggunakan data seluler), When connected on Wi-Fi (Saat terhubung ke Wi-Fi), dan When roaming
  • Kemudian tekan OK. Jika berhasil, akan muncul keterangan ‘No media’ pada ketiganya
  • Anda akan tetap bisa mengunduh foto atau video yang dikirim meski menonaktifkan fitur auto-download, namun secara manual dengan tap pada media yang ingin dilihat saja.
Baca juga:  Cara Screenshot Semua Percakapan di Whatsapp

3.Atur backup chat WhatsApp

Di pengaturan default, WhatsApp secara otomatis mencadangkan pesan dan media ke Google Drive setiap hari. Backup ini tentunya akan memakan data internet. Cara yang bisa Anda lakukan adalah mengatur backup chat terbatas pada waktu yang ditentukan serta jaringan yang digunakan saja.

Ikuti langkah-langkah untuk mengatur backup chat terbatas.

  • Masuk di Settings (Setelan) pada aplikasi Whatsapp
  • Pilih Chat, kemudian Chat backup, klik menu Back up to Google Drive (Cadangkan ke Google Drive)
  • Pilih opsi Only when I tap ‘Back up’ (Hanya ketika saya mengetuk ‘Cadangkan’)
  • Kemudian, atur WhatsApp untuk menunda pencadangan data hanya saat menggunakan jaringan Wi-Fi
  • Untuk menyesuaikan pengaturan ini di perangkat Android, buka Settings > Chat > Chat backup > Backup over > Wi-Fi.
  • Dengan demikian, proses backup otomatis akan nonaktif.
  • Untuk dapat melakukan pencadangan pesan, Anda dapat mem-back up secara manual dengan menekan menu Back Up (Cadangkan) secara gratis karena hanya berjalan saat hanya menggunakan Wi-Fi.
Baca juga:  2  Cara Melacak HP Hilang Dengan Whatsapp

Dengan menerapkan tiga cara tersebut, Anda dapat mengurangi penggunaan data saat menggunakan WhatsApp di ponsel Anda tanpa mengorbankan kualitas pengalaman penggunaan. 

Mengoptimalkan pengaturan, menghindari mengunduh media secara otomatis, dan memanfaatkan koneksi Wi-Fi adalah langkah-langkah sederhana namun efektif yang dapat membantu Anda menghemat data dan mengelola paket data Anda dengan lebih bijaksana. 

Dengan demikian, Anda dapat tetap terhubung dengan teman dan keluarga tanpa harus khawatir tentang biaya data yang meningkat. Semoga bermanfaat!