Trik scroll ke bawah
Strawberries
WHATSAPP

Cara Mendeteksi dan Mengatasi Pesan Spam di WhatsApp

×

Cara Mendeteksi dan Mengatasi Pesan Spam di WhatsApp

Sebarkan artikel ini

Apa itu pesan spam atau chat spam whatsapp?

Pesan spam di WhatsApp adalah pesan yang tidak diinginkan atau tidak diminta yang sering kali berisi promosi, penipuan, atau konten yang tidak relevan. Pesan-pesan ini dapat mengganggu pengalaman pengguna dan bahkan mencoba memanfaatkan informasi pribadi pengguna untuk tujuan yang merugikan. 

Strawberries

Penyebab pesan spam dapat bervariasi, mulai dari kampanye pemasaran yang agresif hingga upaya penipuan. Penting bagi pengguna untuk dapat mendeteksi dan mengatasi pesan spam agar dapat menjaga keamanan dan kenyamanan dalam menggunakan WhatsApp.

Artikel ini akan membahas Cara Mendeteksi dan Mengatasi Pesan Spam di WhatsApp, serta memberikan panduan yang berguna untuk mengatasi masalah ini secara efisien. Dengan pemahaman yang baik tentang cara menangani pesan spam, pengguna dapat lebih nyaman dan yakin saat menggunakan WhatsApp sebagai sarana komunikasi sehari-hari.

Baca juga:  Cara Mudah Bikin WA Ori Terlihat Offline Ketika Online

Ciri-Ciri Pesan Spam Whatsapp

Dikutip dari laman resmi WhatsApp, ada beberapa ciri-ciri yang menunjukkan pengguna menerima pesan spam mencurigakan sambil berpura-pura menjadi agensi atau orang lain.

Berikut beberapa di antaranya: 

  • Adanya kesalahan ejaan atau tata bahasa.
  • Meminta pengguna untuk mengetuk tautan atau mengaktifkan fitur baru melalui tautan yang dikirim.
  • Meminta pengguna untuk membagikan informasi pribadi, seperti nomor kartu kredit atau rekening bank, tanggal lahir, hingga kata sandi.
  • Meminta pengguna untuk meneruskan pesan tersebut.
  • Mengeklaim bahwa pengguna harus membayar untuk menggunakan WhatsApp.

Cara Mengatasi Pesan spam WhatsApp

1. Jangan Langsung Menanggapi Pesan

Membalas pesan spam secara langsung membantu pelaku spam mengetahui nomor asli yang Anda gunakan. Parahnya lagi, pelaku akan menjual nomor telepon tersebut kepada spammer lain agar bisa mengirimkan lebih banyak pesan spam.

Baca juga:  3 Cara Mengganti Tema WhatsApp Biar Tampilan Lebih Oke, Super Mudah!

2. Jangan Klik Link yang dikirim

Jangan klik tautan yang dikirim. Ada kemungkinan tautan tersebut berisi malware yang dapat meretas ponsel untuk mendapatkan informasi pribadi. Hal ini dapat ditandai dengan berkurangnya masa pakai dan kinerja baterai ponsel.

3. Laporkan dan Blokir Nomor Spam

Laporkan pesan segera melalui fitur report WhatsApp dan blokir nomor spam tsb.

Cara Mengatasi WhatsApp Kena Spam dengan Memblokir Nomor

Berikut cara melaporkan pesan Spam dan memblokir nomor WhatsApp-nya:

-Buka Pesan Spam

Buka aplikasi WhatsApp dan pilih pesan spam yang ingin Anda laporkan dan report.

-Klik Opsi Lainnya

Klik Opsi lainnya dengan mengklik tiga titik  di pojok atas di samping nama akun.

Baca juga:  15 Penyebab Whatsapp Tidak Bisa Dibuka dan Solusinya

-Pilih Report and Block

Pada pilihan yang muncul, klik Laporkan/Report lalu pilih Laporkan/Report dan Blokir agar nomor tersebut tidak lagi mengirimkan pesan.

-Selesai

Cek apakah nomor tersebut sudah masuk dalam daftar nomor yang dibokir pada Pengaturan Privasi.

Dengan menerapkan langkah-langkah yang telah dijelaskan, diharapkan pembaca dapat lebih mampu melindungi diri dari gangguan pesan spam di WhatsApp. Keamanan dan kenyamanan dalam berkomunikasi online menjadi prioritas utama, dan dengan pemahaman yang lebih baik tentang cara mendeteksi serta mengatasi pesan spam, pengguna dapat menjelajahi dunia digital dengan lebih aman. 

Teruslah update pengetahuan Anda tentang keamanan online dan jangan ragu untuk membagikannya dengan orang lain, sehingga bersama-sama kita dapat menciptakan lingkungan daring yang lebih aman dan terpercaya. Semoga bermanfaat!