Trik scroll ke bawah
Strawberries
WINDOWS

10 Cara Mengatasi Laptop Tidak Bersuara

×

10 Cara Mengatasi Laptop Tidak Bersuara

Sebarkan artikel ini

10 cara mengatasi laptop tidak bersuara. Laptop yang tidak mengeluarkan suara bisa menjadi penghambat pekerjaan Anda. Pasalnya, suara merupakan salah satu komponen penting pada sebuah laptop, terutama saat melakukan video conference atau presentasi video. Salah satu kemungkinan penyebab hilangnya suara adalah pembaruan sistem operasi  mungkin bertentangan dengan driver Anda.

Selain itu, kesalahan sistem dapat terjadi karena virus atau pengaturan konfigurasi yang salah. Audio atau suara merupakan bagian penting pada sebuah laptop. Hal ini terutama berlaku jika Anda menggunakan laptop untuk bekerja di luar kantor atau untuk rapat online.

Strawberries

Begitu pula jika Anda menggunakan perangkat ini untuk belajar, bermain game, mendengarkan musik, atau menonton film di luar sekolah. Semua aktivitas tersebut memerlukan kemampuan audio  laptop anda. Jika tidak ada suara, aktivitas ini dijeda. Suara pada laptop sendiri bisa hilang karena berbagai sebab. Mulai dari kerusakan perangkat keras, masalah driver, hingga pengaturan sistem operasi.

Baca juga:  Tips Jitu Mengubah Ukuran Ikon di Windows 10!

Cara memperbaiki laptop tidak ada suara :

1. Cek volume

Pertama adalah dengan mengecek volume speaker laptop anda. Pastikan volume disetel cukup tinggi atau tidak bersuara. Jangan di-mute, terkadang, laptop tidak ada suara karena pengguna tidak sengaja menekan tombol mute. Hal ini mungkin terdengar sepele, tetapi sering terjadi. Maka dari itu, pastikan mode mute tidak terpasang atau off. Anda dapat memeriksanya dengan menekan ikon speaker di keyboard laptop, kemudian matikan mute-nya. Lalu, coba naikkan volume speaker untuk memastikan sudah tidak di-mute.

2. Periksa sambungan speaker atau headset Anda

Jika Anda menggunakan speaker, earphone, atau headphone eksternal, periksa sambungan ke laptop Anda terlebih dahulu. Jika Anda menggunakan kabel, pastikan kabel tersambung dengan benar ke port yang tersedia.Hati-hati jangan sampai menyambungkan kabel ke port audio yang salah. Jika hal ini terjadi, coba cabut kabelnya dan pasang kembali. Jika Anda menggunakan Bluetooth, silakan periksa apakah koneksi Bluetooth sudah terpasang dengan benar.

Baca juga:  Bocoran Fitur Baru yang Mengagumkan dari Windows 12

3. Restart atau nyalakan kembali laptop Anda

Beberapa masalah yang terjadi pada Windows mungkin dapat diatasi dengan me-restart laptop atau menyalakan kembali laptop anda.

4. Cek Default Audio Device

Cara ini bisa digunakan untuk memastikan bahwa perangkat audio default pada laptop anda sudah diatur dengan benar sehingga tidak menimbulkan permasalahan tidak ada suara pada laptop anda.

5. Lakukan Troubleshoot

Jika cara di atas masih belum bisa mengatasi masalah suara pada laptopmu, anda bisa coba memperbaikinya dengan fitur troubleshooter bawaan Windows.

6. Matikan Audio Enhancements

Audio Enhancements adalah fitur yang digunakan untuk meningkatkan performa audio pada laptop. Namun, fitur ini terkadang malah membuat laptop tidak ada suaranya. Untuk memperbaikinya, anda bisa mengecek kemudian menonaktifkan Audio Enhancements.

7. Ganti Format Audio

Untuk memperbaiki dan mengatasi permasalahan suara yang hilang pada laptop, anda juga bisa coba untuk mengganti format audio yang tersedia di Windows.

Baca juga:  Tips Rahasia Sembunyikan Widget dengan Edit Group Policy!

8. Install Ulang Driver Audio Laptop

Laptop yang suaranya tidak muncul atau hilang biasanya juga bisa disebabkan oleh masalah pada driver audio. Untuk mengatasinya, anda bisa coba install ulang driver audio laptopmu melalui Device Manager.

9. Update Driver Audio Laptop

Setelah anda melakukan install ulang driver, anda juga bisa memperbaiki audio laptop yang hilang dengan mengupdate drivernya.

10. Cek Volume Mixer

Suara yang tidak muncul  atau hilang pada laptop terkadang juga bisa disebabkan oleh kesalahan pengaturan pada volume mixer. Maka dari itu anda bisa mengecek dan mengatur ulang volume mixer yang ada di laptop anda.

Demikian beberapa cara memperbaiki atau mengatasi laptop yang tidak ada suara atau suaranya hilang, cara nya sangat mudah untuk anda lakukan. Terima kasih dan selamat mencoba.