Trik scroll ke bawah
Strawberries
UTANG PINJOL

Waspadai! Cara Mudah Mengecek KTP Digunakan oleh Pinjol

×

Waspadai! Cara Mudah Mengecek KTP Digunakan oleh Pinjol

Sebarkan artikel ini

Kasus penyalahgunaan data pribadi, termasuk KTP, untuk mengajukan pinjaman online (pinjol) marak terjadi. Hal ini tentu meresahkan masyarakat, terlebih jika mereka tidak mengetahui bahwa KTP-nya telah digunakan untuk pinjol oleh oknum tak bertanggung jawab.

Pinjaman online atau Pinjol telah menjadi pilihan yang banyak di gunakan oleh banyak orang dalam menyelesaikan kebutuhan finansial apalagi saat sedang membutuhkan dana yang cepat cair. Namun, terkadang KTP seseorang dapat disalahgunakan oleh pihak lain untuk mengajukan pinjaman tanpa sepengetahuan pemiliknya. Untuk menghindari hal ini, penting bagi Anda untuk mengetahui cara memeriksa apakah KTP Anda telah dipakai untuk pengajuan Pinjol atau tidak. Berikut adalah beberapa langkah sederhana yang dapat Anda lakukan untuk memeriksa hal tersebut

Untuk mengetahui apakah KTP Anda telah digunakan untuk pinjol tanpa sepengetahuan Anda, berikut beberapa cara yang bisa dilakukan:

1. Cek SLIK OJK

SLIK OJK (Sistem Layanan Informasi Keuangan) adalah layanan yang menyediakan informasi riwayat kredit Anda, termasuk pinjaman online.
Anda dapat mengakses SLIK OJK melalui website  https://idebku.ojk.go.id. atau mendatangi kantor OJK terdekat.
Biaya untuk pengecekan SLIK OJK adalah Rp 35.000.

Baca juga:  7 Pinjol Legal OJK Bulanan: Dana Cair Cepat, Bayar Ringan!

2. Hubungi Layanan Konsumen Pinjol

Hubungi layanan konsumen dari platform pinjol yang Anda curigai menggunakan KTP Anda.
Tanyakan apakah ada pinjaman yang terdaftar atas nama Anda.
Mintalah informasi detail mengenai pinjaman tersebut, seperti tanggal pencairan, nominal pinjaman, dan sisa tagihan.

3. Lapor ke OJK

Jika Anda menemukan pinjaman online yang tidak Anda ajukan, segera laporkan ke OJK melalui email di konsumen@ojk.go.id. atau telepon di 157.
Siapkan bukti-bukti yang Anda miliki, seperti foto KTP dan tangkapan layar aplikasi pinjol.

4. Pantau Riwayat Transaksi Rekening Bank

Baca juga:  Langsung Cair Inilah 4 Aplikasi Pinjol Terdaftar OJK dan Dijamin Aman

Pantau secara berkala riwayat transaksi rekening bank Anda.
Perhatikan jika ada transaksi yang tidak Anda kenal, terutama yang mengatasnamakan platform pinjol.

Memeriksa apakah KTP Anda telah dipakai untuk pengajuan Pinjol atau tidak merupakan langkah yang penting untuk melindungi diri Anda dari penyalahgunaan dan pencurian identitas. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah memeriksa apakah ada aplikasi pinjaman yang diajukan menggunakan KTP Anda dan mengambil tindakan yang diperlukan jika ditemukan aktivitas yang mencurigakan. Selalu ingat untuk mengamankan data pribadi Anda dengan baik dan berhati-hati dalam bertransaksi secara online.