Trik scroll ke bawah
Strawberries
RAGAM

Pantas Baterai HP Boros, Ternyata Ini 10 Penyebabnya

×

Pantas Baterai HP Boros, Ternyata Ini 10 Penyebabnya

Sebarkan artikel ini

Pantas baterai HP boros, ternyata ini 10 penyebabnya. Dengan banyaknya penggunaan ponsel, barang ini sudah menjadi barang penting dalam kehidupan sehari-hari. Namun hal ini akan terhenti jika baterai ponsel Anda cepat habis atau perlu diisi berkali-kali.

Ternyata ada beberapa penyebab baterai ponsel cepat habis. Pasalnya, penggunaan layar, juga bergantung pada usia ponsel itu sendiri. Ketika baterai ponsel anda mati atau lowbat jelas ini akan membuat anda kerepotan. Apalagi jika Anda harus bepergian dan tidak sempat mengisi baterai. Meskipun Anda berpikir Anda telah mengisi penuh baterai ponsel Anda sebelum meninggalkan rumah, baterai tersebut akan mati setelah beberapa jam.

Strawberries

Baterai merupakan salah satu komponen smartphone yang sering dikeluhkan oleh  pengguna. Masalah yang umum terjadi adalah penggunaan baterai yang terbuang sia-sia. Banyak smartphone Android modern yang memiliki baterai  besar, namun pengguna masih mengeluh karena pemakaian yang cepat boros.  Berikut kami rangkum beberapa penyebab baterai HP anda boros.

1. Karena penerapan kecerahan layar yang terlalu terang

Baca juga:  Waspada! Penipuan Baru di WA & Email, Rekening Bisa Ludes!

Menampilkan gambar pada kecerahan tinggi akan menambah beban pada GPU (unit pemrosesan grafis). Proses ini memerlukan lebih banyak daya dan dapat meningkatkan konsumsi baterai. Dan menjadi salah satu alasan atau penyebab batrei boros.

2. Terlalu sering menggunakan data Internet

Dalam beberapa kasus, penggunaan paket data Internet seluler dapat menguras baterai Anda lebih cepat  dibandingkan menggunakan Wi-Fi. Ini karena ponsel Anda terus-menerus memindai menara seluler dan beralih di antara menara tersebut untuk menyediakan koneksi yang lebih baik dan stabil. Saat Anda tersambung ke Wi-Fi yang kuat, ponsel Anda menggunakan lebih sedikit daya saat mencari sambungan, sehingga dapat memperpanjang masa pakai baterai.  

3. Mengaktifkan fungsi Bluetooth  meskipun Anda tidak menggunakannya

Jaringan Bluetooth biasanya digunakan untuk menghubungkan perangkat nirkabel. Conto anda lupa mematikan Bluetooth setelah menggunakan True Wireless Stereo (TWS), kebiasaan ini akan membuat baterai Anda lebih cepat terkuras karena Bluetooth menggunakan daya.

4. Selalu mengaktifkan Wi-Fi

Selain membiarkan Bluetooth tetap aktif dan tidak digunakan, menyalakan Wi-Fi secara tidak sengaja  juga dapat menguras baterai Anda. Oleh karena itu, kami menyarankan untuk mematikan WiFi saat tidak digunakan.

Baca juga:  Waspada 8 Modus Penipuan Whatsapp Dan Email Terbaru

5. Menggunakan pengisi daya yang rusak

Periksa pengisi daya ponsel anda dengan cermat. Jika kabel atau adaptor pengisi daya Anda rusak atau ada yang tidak beres, kinerja baterai ponsel Anda akan terancam. Selain itu, pastikan untuk menggunakan pengisi daya asli dari produsen ponsel Anda yang tepercaya.

6. Menyalakan jaringan seluler

Jika anda berada di area dengan sinyal telepon seluler yang buruk dapat menguras baterai ponsel Anda dengan cepat jika anda terus menyalakan jaringan seluler ponsel anda. Pasalnya, ponsel Anda akan selalu berusaha mencari sinyal di saat anda berada di lokasi susah sinyal, seperti daerah terpencil atau pegunungan. Untuk memperpanjang masa pakai baterai, Anda dapat mematikan fitur data seluler jika Anda berada di area dengan sinyal lemah atau  tidak ada sama sekali.

7. Perangkat terlalu panas

Penggunaan ponsel secara intensif di luar ruangan saat cuaca panas merupakan salah satu penyebab perangkat terlalu panas. Panas berlebih dapat memicu proses latar belakang yang lebih intensif yang memerlukan kinerja lebih tinggi, seperti pembaruan dan sinkronisasi data. Jadi, usahakan untuk menjaga suhu ponsel Anda meskipun Anda berada di luar ruangan.

Baca juga:  Rahasia Traveler: Trik Mendapatkan Tiket Perjalanan dengan Harga Miring

8. Jarang perbarui sistem operasi ponsel Anda

Jika sistem operasi Anda sudah lama tidak diperbarui, baterai ponsel Anda mungkin cepat habis. Memperbarui perangkat lunak dapat meningkatkan konsumsi daya perangkat dan memperpanjang masa pakai baterai.

9. Mengaktifkan Aplikasi Latar Belakang

Beberapa tugas berguna untuk aplikasi yang berjalan di latar belakang. Misalnya notifikasi dari Email atau Aplikasi Media Sosial lainya. Namun, beberapa aplikasi  tidak perlu  terus-menerus berjalan di latar belakang. Untuk mengatasi masalah ini, periksa pengaturan aplikasi Anda dan nonaktifkan fitur latar belakang yang tidak perlu. Ini dapat memperpanjang masa pakai baterai.

10. Durasi layar mati terlalu lama

Jika layar ponsel Anda menyala dalam waktu lama, coba atur ke waktu yang  lebih singkat. Ini karena terlalu banyak menyalakan layar akan menguras baterai Anda lebih cepat.

Demikianlah penjelasan tentang penyebab baterai HP smartphone anda boros. Terima kasih sudah mampir. Semoga informasi yang kami bagikan bisa bermanfaat untuk anda.