Trik scroll ke bawah
Strawberries
UPDATE

NASA Ungkap Wajah Baru IKN dari Langit

×

NASA Ungkap Wajah Baru IKN dari Langit

Sebarkan artikel ini

Badan Luar Angkasa Amerika Serikat (NASA) telah memperlihatkan foto penampakan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan setelah pembangunan dilakukan. Dalam foto tersebut terlihat penampakan lahan hutan di kawasan Kalimantan setelah pembangunan dilakukan. Earth Observatory NASA melaporkan gambar IKN pada bulan April 2022 dan Februari 2024. Semua foto diambil oleh OLI-2 (Operational Land Imager-2) di Landsat 9 dan OLI di Landsat 8. Pembangunan IKN sendiri dimulai Juli 2022 di kawasan hutan dan perkebunan kelapa sawit.

NASA membagikan foto citra satelit yang menggambarkan perubahan kondisi hutan Kalimantan setelah proyek IKN di Kalimantan Timur. Dalam foto tersebut, NASA membandingkan kondisi hutan di Kaltim pada 26 April 2022 ketika pembangunan IKN belum dimulai. Dalam foto itu, terlihat hamparan hijau hutan di Kalimantan Timur sebelum proyek dimulai. Sementara, foto lainnya yang diambil 19 Februari 2024 menunjukkan kondisi terbaru proyek pembangunan IKN. Pada foto ini, nampak tanah telah tersingkap untuk membangun infrastruktur jalan yang membelah hutan Kalimantan. IKN merupakan proyek pembangunan ibu kota baru Indonesia di Kalimantan Timur. Pembangunan ini merupakan bagian dari perancangan pemerintah untuk membangun ibu kota baru yang hijau dan berbasis energi terbarukan. Namun, pembangunan ini juga membahayakan hutan itu sendiri dan satwa liar yang hidup di sana

Foto satelit NASA menunjukkan perubahan kondisi hutan di Kalimantan Timur setelah proyek IKN dijalankan. Dalam foto tersebut, terlihat banyak tanah yang tersingkap untuk membangun infrastruktur jalan yang membelah hutan. Hal ini menunjukkan bahwa pembangunan IKN mempengaruhi kondisi hutan di Kalimantan Timur. Pembangunan IKN juga mempengaruhi hutan di Kalimantan Timur. Sebagai informasi, lokasi tersebut merupakan tempat hidup bagi anekaragam hayati dan rumah untuk bekantan, dan lumba-lumba Irrawaddy. Pembangunan IKN akan terus dilakukan secara bertahap, dan konstruksi secara keseluruhan baru akan selesai pada tahun 2045. Pembangunan IKN juga meninggalkan ketangguhan hutan di Kalimantan Timur. Sebagai contoh, foto satelit NASA menunjukkan bahwa hutan di Kalimantan Timur sebelum proyek IKN dimulai terlihat hijau dan sehat. Namun, setelah pembangunan dilakukan, hutan tersebut tampak lebih kering dan tidak sehat.

Baca juga:  4 Fitur WhatsApp Terbaru 2024

Untuk mengurangi pengaruh pembangunan IKN terhadap hutan di Kalimantan Timur, pemerintah dan pihak lain harus melakukan tindakan yang diperlukan. Hal ini dapat meliputi pengelolaan hutan, pengembangan infrastruktur yang efisien, dan penggunaan teknologi yang efektif.