Trik scroll ke bawah
Strawberries
IOSUPDATE

iPhone Sudah Tidak Laku Lagi di China, HP Ini Penyebabnya

×

iPhone Sudah Tidak Laku Lagi di China, HP Ini Penyebabnya

Sebarkan artikel ini

Ternyata baru-baru ini iphone menghebohkan dunia karena penjualan iPhone di China menurun cukup signifikan pada awal tahun 2024. Sementara itu HP merk yang lain seperti, Huawei tumbuh semakin eksplosif dengan penjualan cukup tinggi mencapai dua digit.

Menurut laporan Counterpoint Research, penjualan iPhone di Tiongkok turun 24% dari tahun ke tahun dalam enam minggu pertama pada tahun 2024. Nasib serupa juga dialami oleh vendor ponsel China lainnya seperti Vivo, Xiaomi, dan Oppo.

Penjualan iPhone di China kini semakin bergantung pada diskon. Banyak e-commerce besar, termasuk Tmall, yang memangkas harga iPhone 15 hingga 1.300 yuan atau sekitar Rp 2,8 juta dari harga resminya.

Diskon ini terjadi tepat setelah Apple memangkas harga iPhone 15 hingga 500 yuan di toko online resminya menjelang Tahun Baru Imlek bulan lalu, sesuatu yang jarang dilakukan Apple.

Baca juga:  Cara Mengecek HP Support MIRRORING Atau Belum

Penjualan Vivo turun 15%, Xiaomi 7%, dan Oppo 29%. Meski mengalami penurunan penjualan, Vivo tetap menjadi penyedia ponsel terkemuka di Tiongkok dengan pangsa pasar 18%.

Dari enam perusahaan telepon seluler terbesar di Tiongkok, hanya dua merek yang mengalami peningkatan penjualan: Huawei dan Honor. Penjualan Huawei meningkat sebesar 64%, dan penjualan Honor meningkat sebesar 2%.

Baca juga:  Ubah Nada Dering WA Menyebut Nama Pengirim

Menurut laporan Counterpoint, pangsa pasar Apple di China turun menjadi 15,7% pada awal tahun ini dari 19% pada tahun sebelumnya. Peringkat Apple pun turun dari peringkat 2 menjadi peringkat 4.

Sementara itu, pangsa pasar Huawei meningkat dari 9% menjadi 17%, naik dari peringkat 6 ke peringkat 2. Secara keseluruhan, penjualan ponsel di Tiongkok menurun sebesar 7% dibandingkan tahun lalu.