Trik scroll ke bawah
Strawberries
WHATSAPP

Fitur Baru WhatsApp, Menggabungkan Grup Menjadi Komunitas

×

Fitur Baru WhatsApp, Menggabungkan Grup Menjadi Komunitas

Sebarkan artikel ini

Baru-baru ini WhatsApp telah merilis fitur baru yaitu pengguna dapat membuat komunitas percakapan di aplikasi WhatsApp. sebenarnya fitur komunitas ini telah lama adanya dan telah mengalami perilisan secara global, namun kini akan rilis di Indonesia secara bertahap tentunya.

Fitur komunitas ini sendiri memiliki fungsi utama yakni menggabungkan banyak grup menjadi ke dalam satu wadah agar lebih efektif. Oleh karenanya, admin komunitas dapat menggabungkan beberapa grup yang mereka inginkan untuk membahas satu topik yang sama ke dalam satu grup besar.

sebagai contoh, setiap divisi karyawan memiliki grupnya masing-masing yang kemudian membentuk sebuah komunitas besar untuk menggabungkan keseluruhan grup menjadi satu grup besar yang dinamai komunitas kantor. Keseluruhan anggota komunitas dapat mengetahui dengan melihat grup apa saja yang ikut bergabung dalam komunitas tersebut. namun mereka tidak dapat melihat siapa saja yang tergabung dalam masing-masing grup tersebut secara perorangan.

Begitu juga dengan anggota atau admin grup kecil tidak bisa membuka untuk melihat siapa saja anggota grup lain. Mereka dapat masuk dan melihat ke dalam grup lain apabila telah mengantongi izin dari admin komunitas.

Baca juga:  Alasan Kenapa Whatsapp GB di Blokir Sementara

Cara Membuat Komunitas di WhatsApp

Untuk dapat menggunakan fitur komunitas yang terdapat di WhatsApp ternyata caranya cukup simple layaknya membuat grup chat biasa. Berikut ini cara membuat komunitas WhatsApp, yuk Simak Langkah-langkahnya!

  • Pertama, buka aplikasi WhatsApp, kemudian pilih tab komunitas yang terletak di bagian atas kiri.
  • Untuk menambahkan komunitas baru klik opsi komunitas baru. Kemudian masukkan nama komunitas, deskripsi dan foto profil komunitas.
  • Untuk menambahkan grup ke dalam komunitas anda dapat memilih tambah grup yang ada.
  • Kemudian apabila anda ingin membentuk grup baru dan memasukkannya ke dalam komunitas pilih opsi buat grup baru.
  • Sebagai catatan bahwa, anda tidak dapat memasukkan grup yang telah bergabung sebelumnya ke dalam komunitas yang anda buat.
  • Admin komunitas tidak dapat menambahkan grup karena statusnya hanya menjadi seorang peserta. Dan admin hanya dapat menambahkan grup yang sudah ada, bilamana dia terlebih dahulu menjadi admin grup tersebut.
  • Apabila grup yang anda inginkan telah terpilih, maka klik tanda centang untuk melanjutkan aksi.