Trik scroll ke bawah
Strawberries
WHATSAPP

Cara Pakai Whatsapp Untuk Pemula: Step by Step

×

Cara Pakai Whatsapp Untuk Pemula: Step by Step

Sebarkan artikel ini

Sebagai aplikasi chatting yang populer, kebanyakan orang mengetahui cara menggunakan WhatsApp dan menggunakannya untuk komunikasi sehari-hari. WhatsApp diperkenalkan sekitar tahun 2009 dan kini menjadi aplikasi chatting yang dapat ditemukan dan digunakan oleh siapa saja di ponsel pintarnya. Popularitas Whatsapp di banyak negara, termasuk Indonesia, didorong oleh aplikasi itu sendiri. Aplikasinya sendiri  bebas  iklan dan memerlukan penyesuaian yang relatif sederhana jika sebelumnya Anda sering menggunakan layanan SMS atau aplikasi chatting lainnya, seperti BBM. Namun  sebagian orang, terutama yang baru beralih ke WhatsApp, mungkin belum memahami cara menggunakan WhatsApp.

Mulailah dengan menginstal atau mendaftarkan akun WhatsApp dan fitur-fiturnya yang disertakan. Artikel ini menjelaskan cara menginstal dan menggunakan WhatsApp untuk mengirim pesan ke daftar kontak Anda. Cara Install  Whatsapp Install  Whatsapp sangat mudah dan dapat diselesaikan dalam waktu singkat. Yang Anda butuhkan hanyalah smartphone dengan versi sistem operasi yang didukung WhatsApp, seperti Android atau iOS.

  1. Pastikan sistem operasi ponsel cerdas atau smartphone Anda mendukung WhatsApp.
  2. Unduh dan instal aplikasi WhatsApp dari Play Store atau App Store .
  3. Setelah instalasi, jalankan aplikasi dan berikan izin pada permintaan izin Whatsapp.
  4. Masukkan nomor telepon Anda dan konfirmasikan bahwa Anda ingin menerima kode verifikasi .
  5. Jika Anda ingin menginstal ulang Whatsapp, Anda juga dapat memilih untuk memulihkan chat atau membuat cadangan.

Cara Mengatur Profil WhatsApp Anda Saat pertama kali mendaftarkan nomor Anda di WhatsApp, biasanya Anda juga akan diminta memasukkan nama/nama tampilan yang ingin dilihat orang lain. Anda juga dapat mengubah nama profil ini beserta  foto Anda di bagian Pengaturan.

  1. Buka aplikasi WhatsApp.
  2. Ketuk simbol/ikon tiga titik di pojok kanan atas layar dan buka bagian Pengaturan.
  3. Ketuk nama Anda untuk masuk ke pengaturan profil Anda.
  4. Untuk mengganti nama Anda, ketuk ikon atau gambar pensil di sebelah nama Anda dan masukkan nama tampilan Anda.
  5. Untuk mengganti foto, ketuk ikon kamera dan pilih foto saat ini.
Baca juga:  8 Cara Mengetahui Dia Sering Chat Dengan Siapa Saja Di WhatsApp

Menggunakan Cara Menambahkan Kontak Cara termudah untuk bisa mengirim pesan ke pengguna WhatsApp lain adalah dengan setidaknya  menambahkan nomor kontak di smartphone Anda. Setelah instalasi Whatsapp selesai, biasanya Anda akan ditanya apakah ingin mengimpor data kontak yang sebelumnya ada  di daftar kontak Anda ke  Whatsapp. Lalu, untuk menambahkan kontak WhatsApp, cukup tambahkan ke kontak ponsel Anda seperti biasa. Jika nomor orang tersebut juga terdaftar atau menggunakan WhatsApp, maka nomor orang tersebut juga akan muncul di daftar kontak WhatsApp Anda. Sebaliknya, jika  nomor seseorang tidak muncul di WhatsApp setelah Anda menyimpannya, maka orang tersebut tidak menggunakan WhatsApp dengan nomor tersebut. Cara Chat Menggunakan WhatsApp Setelah semuanya sudah diatur, Anda dapat mulai mengirim pesan ke kontak Anda. Cara memulainya (jika Anda belum mengobrol):

  1. Ketuk ikon atau gambar papan pesan/gelembung ucapan.
  2. Pilih kontak yang ingin Anda kirimi pesan.
  3. Layar obrolan dengan kontak ini akan terbuka.
  4. Ketik pesan Anda dan kirim.
  5. Anda juga dapat mengirim foto, dokumen, dan catatan suara ke pesan Anda, serta menambahkan emoji dan stiker.
Baca juga:  Imbas WA GB, Cara Mengatasi Nomor Diblokir Pihak WhatsApp?

Kecuali Anda telah menghapusnya, Lanjutkan memungkinkan Anda untuk: Ketuk untuk membuka kembali layar obrolan sebelumnya untuk mengobrol dengan orang yang sama. Saat Anda memilih kontak, WhatsApp akan terus membuka layar obrolan sebelumnya dengan kontak tersebut. Namun, jika sebelumnya Anda  menghapus obrolan dengan kontak, WhatsApp akan membuka atau membuat layar obrolan baru dengan kontak tersebut.