Trik scroll ke bawah
Strawberries
WINDOWS

Cara Mudah Merawat Laptop Biar Awet dan Tahan Lama

×

Cara Mudah Merawat Laptop Biar Awet dan Tahan Lama

Sebarkan artikel ini

Laptop sudah menjadi salah satu kebutuhan yang wajib ada di era digital seperti sekarang ini. Dibutuhkan nya perangkat ini dalam kebutuhan belajar, bekerja, maupun hiburan membuat nya sering di gunakan, dan terkadang saking sering di gunakan sampai pemilik atau penggunanya malah acuh tak acuh terhadap laptopnya dan pada saat sudah rusak baru menyadari nya.

merawat laptop yang kamu punya bisa menghemat pengeluaran dan produktivitaskarena dengan rajin merawat nya itu bisa bikin laptop kamu awet dan tahan lama pastinya.

Strawberries

Di artikel ini kita bakal bahas gimana sih cara merawat laptop biar punya umur yang panjang, nah di bawah ini adalah Cara Mudah Merawat Laptop Biar Awet dan Tahan Lama, yuk simak!

Baca juga:  5 Tips Transfer File Dari Laptop Ke HP Tanpa Kabel Data

Di Mulai Dari Perawatan Fisik:

  1. Bersihkan laptop secara berkala. Kamu bisa menggunakan kain microfiber dan pembersih khusus laptop untuk membersihkan layar, keyboard, dan bagian luar laptop. Hindari menyemprotkan air langsung ke laptop.
  2. Jaga laptop dari debu dan kotoran. Gunakan laptop sleeve atau tas laptop untuk melindungi laptop saat dibawa bepergian. Hindari menggunakan laptop di tempat yang berdebu atau kotor.
  3. Hindari benturan dan goncangan. Laptop merupakan perangkat yang sensitif baik terhadap benturan ataupun goncangan. Jadi kamu harus berhati hati saat membawa dan menggunakan laptop.
  4. Perhatikan suhu laptop. Suhu yang terlalu tinggi dapat merusak komponen laptop. Kamu bisa menggunakan laptop di tempat yang memiliki ventilasi yang baik dan hindari penggunaan laptop di atas tempat tidur atau permukaan yang tidak rata.
Baca juga:  10 Cara Mengatasi Laptop Tidak Bersuara

Perawatan Perangkat Lunak:

  1. Lakukan update software secara berkala: Update software dapat membantu meningkatkan kinerja dan keamanan laptop.
  2. Gunakan antivirus dan firewall untuk melindungi laptop dari malware.
  3. Lakukan defragmentasi hardisk secara berkala. Defragmentasi hardisk dapat membantu meningkatkan kinerja laptop.
  4. Hapus file-file yang tidak terpakai. File-file yang tidak terpakai dapat memakan memori dan memperlambat kinerja laptop.
Baca juga:  3 Cara Tanda Tangan PDF Secara Online Dan Offline

Biar baterai laptop kamu awet sebaiknya kamu hindari mengisi daya baterai hingga 100%, cukup hingga 80% saja untuk memperpanjang usia baterai. Ketika baterai laptop 20% sebaik nya segera isi daya baterai jangan tunggu hingga baterai nya habis, terakhir kalibrasi baterai laptop secara berkala karena ini membantu dalam menjaga akurasi indikator baterai.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, laptop kamu akan lebih awet dan tahan lama. Ingatlah bahwa merawat laptop adalah investasi yang menguntungkan dalam jangka panjang.

Semoga bermanfaat!