Trik scroll ke bawah
Strawberries
INTERNET

Cara Atasi SIM Card Tidak Terbaca Di Android

×

Cara Atasi SIM Card Tidak Terbaca Di Android

Sebarkan artikel ini

Cara atasi SIM card tidak terbaca di android. Salah satu masalah umum yang dihadapi pengguna Android adalah kartu SIM tidak terbaca atau hilang. Beberapa pengguna menghadapi masalah kartu SIM tidak dapat dimuat di Android. Artinya, pengguna dengan kartu SIM tidak dapat melakukan panggilan atau mengirim pesan.

Ada beberapa cara mengatasi  SIM card tidak terbaca di Android. Apabila android tidak bisa membaca masalah kartu SIM sebenarnya sangat mudah untuk diperbaiki. Pengguna tetap dapat mengakses internet dan mem-bypass kartu SIM yang tidak terbaca. Ada penyebab mengapa kartu SIM tidak dapat terbaca.

Strawberries

Umumnya kartu SIM ponsel menjadi tidak terbaca akibat tergores atau rusaknya lapisan kuningan kartu SIM. Artinya kartu SIM  tidak bisa terbaca. Karena kartu SIM tidak dapat dibaca, tentu saja tidak mungkin untuk berkomunikasi dengan ponsel. Oleh karena itu, kartu SIM yang rusak tentu menjadi gangguan bagi banyak orang.

Baca juga:  Penting 3 Cara Aktivasi Kartu Telkomsel Lupa NIK dan KK

Yang harus dilakukan jika kartu SIM  tidak terbaca :

Restart HP

Ketika sistem berjalan pada kapasitas penuh, kartu SIM mungkin tidak dapat dibaca. Untuk melakukan ini, cukup aktifkan mode restart. Selanjutnya, tunggu hingga ponsel Anda hidup kembali dan coba gunakan kartu SIM Anda.

Konfigurasi Jaringan

Pengguna harus mengkonfigurasi ulang jaringan setelah memasang kartu SIM di slot yang berbeda. Untuk mengonfigurasi jaringan Anda, periksa menu Pengaturan dan buka bagian Internet atau Jaringan Data Seluler. Pastikan  kartu SIM Anda diotorisasi dan dipasang dengan benar.

Baca juga:  7 Cara Terbaru Mendapatkan Kuota Gratis Telkomsel

Coba di HP lain

Jika pengaturan jaringan Anda masih tidak dapat membaca kartu SIM Anda, coba telepon lain. Dalam metode ini, Anda memasang kartu SIM ke ponsel lain. Mungkin ada masalah dengan slot kartu SIM atau sistem operasi ponsel Anda yang mencegahnya membaca kartu SIM Anda.

Membersihkan kartu SIM Anda

Membersihkan kartu SIM adalah salah satu alternatif mengatasi kartu SIM yang tidak terbaca. Selanjutnya, buka slot kartu SIM, keluarkan, dan coba bersihkan. Debu dapat menumpuk di kartu SIM dan menyulitkan pembacaan.

Baca juga:  Nggak Ada Internet Untuk Kirim Foto?  Yuk Pakai Cara Ini

Pastikan kartu SIM terpasang dengan benar

Setelah pembersihan selesai, masukkan kembali kartu SIM. Pastikan juga kartu SIM terpasang dengan benar. Harap diperhatikan bahwa jika Anda salah menempatkan kartu SIM, ponsel Anda mungkin tidak dapat membaca kartu SIM tersebut.

Mengaktifkan Mode Pesawat

Pilihan lainnya adalah mengaktifkan Mode Pesawat untuk memperbaiki kartu SIM  yang tidak dapat dibaca oleh ponsel Anda.

Demikianlah penjelasan tentang cara mengatasi SIM card tidak terbaca di android yang bisa Anda coba dengan mudah dan praktis. Selamat mencoba, dan semoga berhasil.