Trik scroll ke bawah
Strawberries
INSTAGRAM

8 Trik Cara Memanfaatkan IGTV untuk Bisnis Marketing

×

8 Trik Cara Memanfaatkan IGTV untuk Bisnis Marketing

Sebarkan artikel ini

Dalam dunia pemasaran digital yang terus berkembang, IGTV telah muncul sebagai platform yang memegang peranan penting. Instagram TV (IGTV) menawarkan ruang kreatif yang luar biasa bagi bisnis untuk berinteraksi dengan audiens mereka melalui konten video yang lebih panjang. 

Dengan durasi hingga satu jam, IGTV membuka pintu menuju kisah yang lebih mendalam, tutorial informatif, dan pengalaman produk yang memukau. 

Strawberries

Dalam artikel ini, kita akan membahas 8 Trik Cara Memanfaatkan IGTV untuk Bisnis Marketing kamu secara maksimal sebagai alat pemasaran yang unggul, membawa interaksi dan konversi ke tingkat baru.

Trik Memanfaatkan IGTV untuk Bisnis Marketing

1. Unggah konten orisinal

Salah satu tips yang harus Anda perhatikan saat menggunakan IGTV adalah terkait konten. Konten adalah kekuatan  besar dari fitur ini. Jadi, mengunggah konten orisinal versi anda akan lebih menarik perhatian pelanggan.

Selain itu, cara ini juga menghindari pelanggaran hak cipta. Anda juga bisa berkreasi dengan membuat video sesuai dengan ide pemikiran Anda. Untuk mempermudah prosesnya, Anda bisa membuat kerangka perencanaan untuk konten orisinal yang akan Anda hasilkan.

Baca juga:  Tips Postingan Anda Muncul Di Explore Instagram

2. Menggunakan teknik audio editing dan grafis yang menarik

Selain memiliki konsep konten yang matang, Anda juga bisa mempercantik unggahan Anda dengan teknik editing. Perhatikan komposisi gambar, audio, dan teknik editing untuk mendapatkan hasil yang baik.

Selain itu, tidak ada salahnya berkreasi dengan grafis untuk memperjelas konten yang ingin Anda sampaikan. Memilih warna dan beberapa ornamen juga dapat menambah daya tarik pada konten IGTV Anda.

3. Tarik perhatian dalam 3 detik pertama

Tarik perhatian audiens Anda dalam 3 detik pertama. Momen tersebut mampu membuat penonton betah untuk terus menonton konten yang ditampilkan. Gunakan foto, video klip, atau gambar yang menarik dan relevan dengan produk Anda. Pastikan pesan yang disampaikan dapat diterima dengan jelas agar audiens tidak bosan.

4. Gunakan cuplikan beranda yang menarik

Pemilihan trailer yang menarik di beranda bisa membuat penonton penasaran. Anda juga bisa  menambahkan beberapa kata untuk menarik perhatian audiens Anda. Ini juga bisa menjadi  cara untuk meningkatkan tayangan di IGTV.

Baca juga:  Apa itu ShadowBan Instagram? Ini Dia Penyebab dan Cara Mengatasinya

5. Pemilihan cover yang menarik

Selanjutnya pilih cover yang menarik untuk tampilan IGTV Anda. tampilan ini akan muncul di profil Instagram Anda. Sehingga, perhatian penonton terpikat untuk mengeksplorasi lebih jauh.

Untuk memaksimalkan hasil, Anda bisa memadukan tone agar lebih menarik perhatian. Selain itu, untuk mendapatkan cover yang menarik, Anda juga dapat menggunakan alat pemangkasan foto IGTV untuk mengambil foto dalam konten Anda.

6.Gambarkan melalui indera tubuh

Agar konten mudah tersampaikan, deskripsikan konten atau produk yang Anda tampilkan dengan penggambaran indera. Menyampaikan rasa, tampilan, aroma atau cara yang berhubungan dengan produk sehingga lebih mudah dipahami oleh audiens.

7.Buat interaksi dengan penonton

Langkah selanjutnya adalah menciptakan interaksi yang menarik dengan audiens Anda. Anda bisa bertanya, menebak gambar atau kuis yang dapat menarik pelanggan. Agar penonton tidak bosan menonton video yang diunggah di akun Instagram Anda.

8.Buat video tanya jawab

Masih terkait dengan interaksi, Anda dapat menggunakan fungsi IGTV untuk mengadakan sesi tanya jawab. Bisa berupa produk atau tim yang terlibat di dalamnya. Anda dapat menggunakan fitur Instastory untuk mempromosikan sesi tanya jawab ini. Dengan cara ini, orang-orang yang penasaran dengan produk Anda akan berkesempatan mendapatkan penjelasan lebih lengkap.

Baca juga:  5 Rahasia Instagram Ads Agar Tingkat Penjualan Meningkat Hingga 3x Lipat

Dalam memanfaatkan kekuatan IGTV untuk bisnis marketing, kita telah merenungi delapan trik cemerlang yang dapat menjadi landasan strategi pemasaran yang sukses. Dengan mengeksplorasi kreativitas melalui video, membangun koneksi emosional dengan audiens, dan menyesuaikan konten dengan kebutuhan pelanggan, IGTV bukan hanya sebuah alat, melainkan panggung tempat cerita bisnis terwujud.

Sebagai penutup artikel ini, kita mengajak para pelaku bisnis untuk terus menggali potensi IGTV sebagai sarana pemasaran yang tak terbatas. Dengan eksperimen, inovasi, dan ketekunan, IGTV dapat menjadi jembatan yang menghubungkan bisnis dengan pelanggan secara lebih intim, membentuk pengalaman yang tak terlupakan, dan membangun fondasi keberlanjutan pemasaran yang menginspirasi. Semoga dengan mengaplikasikan trik-trik ini, setiap langkah bisnis di IGTV akan menjadi poin awal menuju sukses yang tak terhingga.