Trik scroll ke bawah
Strawberries
WHATSAPP

8 Cara Mengatasi Masalah WhatsApp yang Lemot 

×

8 Cara Mengatasi Masalah WhatsApp yang Lemot 

Sebarkan artikel ini

Ketika WhatsApp atau aplikasi pesan instan yang sangat populer mengalami keterlambatan atau kinerja yang lemot, dapat menjadi pengalaman yang menyulitkan dan mengganggu kenyamanan berkomunikasi. 

Namun, sebelum mengalami frustrasi yang lebih lanjut, penting untuk menyadari bahwa ada berbagai cara untuk mengatasi masalah ini dan memulihkan performa WhatsApp Anda. 

Strawberries

Pada artikel ini, kami akan menjelajahi 8 Cara Mengatasi Masalah WhatsApp yang Lemot, memberikan solusi praktis untuk meningkatkan pengalaman pengguna Anda.

Cara Mengatasi Masalah WhatsApp Lemot

1. Hapus Chat di WhatsApp

Salah satu penyebab WhatsApp lemot adalah karena banyaknya pesan yang menumpuk. Pesan-pesan ini akan memakan lebih banyak ruang penyimpanan. Selain itu, percakapan yang tertimbun akan menghalangi Anda menemukan pesan penting.

Tentu saja hal ini dapat menghambat proses pembacaan data di WhatsApp (WA). Oleh karena itu, cara terbaik adalah menghapus pesan-pesan tertentu yang tidak lagi dianggap penting.

Langkah-langkah menghapus pesan di WA adalah sebagai berikut.

– Buka aplikasi WhatsApp di HP.

– Pilih pesan dari salah satu kontak, lalu tekan beberapa saat.

Baca juga:  5 Tips Cara Menggunakan 2 Akun WhatsApp di 1 HP, Gampang!

– Tekan ikon tong sampah atau ‘Delete’.

– Konfirmasi permintaan hapus dengan menekan tombol ‘Delete this chat’.

2. Back Up Chat

Masih berkaitan dengan cara pertama yaitu back up chat. Jika Anda merasa menyesal atau sayang untuk hapus percakapan anda, Pengguna WhatsApp dapat melakukan proses penyimpanan pesan dengan mencadangkannya ke Google Drive sebelum menghapusnya. Hal ini bisa membuat memori WhatsApp menjadi lebih longgar. berikut caranya.

– Buka aplikasi WhatsApp di HP.

– Tekan ikon titik tiga.

– Tekan menu ‘Settings’ atau ‘Pengaturan’.

– Tekan menu ‘Chats’.

– Pilih menu ‘Chat backup’.

– Tekan tombol ‘BACK UP’.

– Tunggu proses download dan disarankan menggunakan WIFI.

– Buka hasil backup di Google Drive.

– Lalu hapus chat yang sudah di back up pada aplikasi WhatsApp.

3. Hapus Data di WhatsApp

Cara mengatasi WhatsApp lemot selanjutnya adalah dengan menyortir beberapa data yang sudah tidak diperlukan lagi. Sertakan data dalam bentuk gambar, video, dan dokumen berukuran besar. Begini caranya.

– Buka aplikasi WhatsApp di HP.

– Tekan ikon titik tiga.

– Tekan menu ‘Settings’ atau ‘Pengaturan’.

Baca juga:  7 Cara Membuat Stiker Whatsapp Dengan dan Tanpa Aplikasi

– Tekan menu ‘Storage and data’.

– Pilih menu ‘Manage storage’.

– Selanjutnya aplikasi WhatsApp akan menampilkan file berukuran besar.

– Tekan opsi ‘Larger than 5 MB’ pada menu ‘Review and delete items’.

– Pilih file yang akan dihapus dan tekan ikon tong sampah.

– Atau tekan ‘Select all’ jika akan menghapus semua data yang ditunjukkan.

4. Hapus Cache Aplikasi WhatsApp

Menghapus cache dianggap sebagai solusi efektif untuk mengatasi aplikasi yang lambat, termasuk WhatsApp. Membersihkan cache dapat mengosongkan ruang penyimpanan. Anda dapat melakukan seperti seperti di bawah ini.

– Buka fitur ‘Settings’ atau ‘Pengaturan’ dengan ikon roda bergerigi di ponsel.

– Tekan menu ‘Apps’, lalu cari aplikasi WhatsApp.

– Tekan menu ‘Storage’, kemudian ‘Clear cache’.

5. Update WhatsApp Versi Terbaru

Cara mengatasi WhatsApp lemot selanjutnya adalah dengan memperbarui aplikasi. Pengguna dapat membuka Play Store (untuk Android) atau App Store (untuk iOS). Kemudian buka menu “Manage apps & device”. Jika pembaruan aplikasi baru tersedia, ketuk tombol “Perbarui/Update”.

6.Bersihkan RAM HP

RAM yang penuh juga bisa mempengaruhi kecepatan WhatsApp. Anda dapat menonaktifkan beberapa aplikasi yang jarang digunakan. Dan nikmati fitur seluler bawaan yang disebut RAM Cleaner atau aplikasi pihak ketiga yang tersedia gratis di Play Store/App Store.

Baca juga:  10 Tips Menghadapi Potensi Hacker di WhatsApp

7.Selalu Update Software OS (Operating System)

Pembaruan perangkat lunak penting untuk menghadirkan fitur-fitur terbaru dan peningkatan kinerja yang disediakan oleh produsen. Aktivitas ini seringkali diabaikan oleh para pengguna smartphone. Meskipun pembaruan perangkat lunak dapat memperbaiki bug dan kesalahan yang memperlambat aplikasi.

8.Restart HP

Cara mengatasi WhatsApp lambat ini sangat sederhana. Pengguna hanya perlu me-restart smartphone. Upaya ini bisa membuat sistem telepon seluler menjadi “lebih segar”. harapannya, kondisi ponsel dapat kembali seperti semula sebelum diotak-atik.

Dengan menerapkan 8 cara yang telah dijelaskan, Anda dapat menghadapi dan mengatasi kendala-kendala yang mungkin timbul dalam penggunaan WhatsApp Anda. Perbarui aplikasi, jaga koneksi internet, dan selalu perhatikan ruang penyimpanan perangkat Anda.

Tetap up-to-date terhadap pembaruan dan perhatikan faktor-faktor teknis seperti koneksi internet dan ruang penyimpanan dapat menjadi langkah-langkah pencegahan untuk mencegah masalah di masa depan. Dengan begitu, mari terus mengeksplorasi dunia komunikasi digital dengan WhatsApp, dan semoga pengalaman berkomunikasi Anda tetap lancar dan tanpa hambatan. Selamat bermanfaat!