Trik scroll ke bawah
Strawberries
INSTAGRAM

7 Tips Terkini untuk Meningkatkan Engagement di Instagram

×

7 Tips Terkini untuk Meningkatkan Engagement di Instagram

Sebarkan artikel ini

Dalam dinamika media sosial, Instagram telah menjadi wadah kreativitas dan komunikasi yang tak terbantahkan. Bagi individu dan bisnis, tingkat engagement menjadi penentu utama keberhasilan online. 

Oleh karena itu, kami hadir dengan 7 Tips Terkini untuk Meningkatkan Engagement di Instagram, menjadikan setiap postingan Anda sebagai magnet interaksi. Penasaran? Yuk simak selengkapnya.

Strawberries

Tips Meningkatkan Engagement di Instagram

1.Pahami Audience dengan melihat insights pada Instagram kalian

Sangat penting untuk memahami audiens Anda dengan cara melihat insight di akun Instagram mereka masing-masing. Dengan begitu, Anda dapat dengan mudah mengetahui tipe audiens seperti apa yang mengunjungi Instagram Anda.

Di Insights, Anda dapat melihat gender, usia, lokasi dan waktu online, followers dengan reach, tampilan profil yang terlihat, impression profile views dan instastory views. Dengan menggunakan wawasan, Anda dapat memahami dan mengevaluasi konten mana dengan engagement yang paling menarik. Tujuannya agar Anda dapat menyempurnakan ide konten yang akan diunggah di kemudian hari.

2.Cari Tahu Hal Populer Terkini

Kita dapat dengan mudah menemukan tren dengan mengetik keyword yang relevan. Atau tanpa mengetahui algoritma aplikasi beranda akan muncul pada explore. Setelah Anda mengetahui apa yang sedang tren, tugas Anda hanyalah menyajikan konten paling menarik untuk mengundang audiens mengunjungi halaman Instagram Anda.

Baca juga:  Tips Postingan Anda Muncul Di Explore Instagram

3.Buat Caption user friendly  dan Call-To-Action (CTA)

Caption User Friendly dapat didefinisikan sebagai ketikan sederhana yang sesuai dengan konten yang Anda unggah. Caption tersebut harus kalian sesuaikan dengan audiens. Untuk mendapatkan tips, Anda perlu membuat sapaan untuk audiens Anda. Contoh sederhana mengubah kata kalian menjadi “teman-teman” terdengar lebih akrab bukan?

Teman-Teman pasti pernah mengajak audiens melakukan tindakan tertentu setelah melihat konten yang kamu unggah bukan Misalnya: “Swipe up yuk untuk mempelajari lebih lanjut” atau “Disini ada yang tahu ngga ini apa? Yang tau bisa jawab dikolom komentar ya!”

Ini disebut CTA atau Call To Action. Dengan menggunakan kedua hal ini, harapannya semoga teman-teman dapat mendorong audiens untuk berinteraksi dan melakukan tindakan tertentu berdasarkan tujuan konten yang Anda buat.

4.Gunakan Semua Fitur yang Ada

Apa gunanya konten jika tidak bisa memanfaatkan fitur yang sudah tersedia di Instagram. Beberapa orang menganggap memposting di Instagram saja sudah cukup untuk menarik audiens. Namun, Instagram, reels, dan fitur live sering kali diabaikan. Saat ini, Instagram juga menawarkan layanan berbayar untuk menarik lebih banyak audiens.

Baca juga:  5 Cara Mengembangkan Visual Branding yang Kuat di Instagram

Istilahnya adalah “boost Instagram”. Nah, sebagai seorang konten kreator, Anda harus terus mengikuti perkembangan fitur-fitur terbaru yang sedang hype untuk meningkatkan engagement Anda di Instagram.

5.Gunakan Hastag yang Relevan

Gunakan hastag yang sedang trending saat ini ya teman-teman. Dan jangan lupa hastag yang yang kalian gunakan selalu kaitkan dengan konten yang kalian unggah.

6.Usahakan Membalas Pertanyaan Audience

Jika kamu berencana terjun ke dunia media sosial  atau hiburan, ada baiknya hindari sikap cuek terhadap orang lain atau followers/audiens kalian ya teman-teman. Karena pertanyaan mereka merupakan respon audiens Anda terhadap konten yang Anda posting.

Namun perlu Anda ingat bahwa tidak perlu menjawab atau memperhatikan pertanyaan-pertanyaan yang tidak berkaitan dengan isi postingan kalian. Itu hanya akan membuang-buang waktu dan pikiran Anda. Fokus untuk menciptakan positif vibes pada image Instagram Anda.

Baca juga:  Waspada! 5 Kesalahan Ini Bisa Mengancam Bisnis Kamu di Instagram

7.Posting Pada Waktu yang Tepat

Dengan insight Instagram, Anda dapat dengan mudah mengetahui kapan waktu yang tepat untuk mengunggah konten Anda. Waktu yang tepat bagi setiap pengguna tentu akan berbeda-beda tergantung audiens dan jenis kontennya masing-masing.

Namun tipsnya posting konten di jam-jam orang beristirahat. Hindari waktu kerja ataupun sekolah dan jam tidur. Waktu tersebut biasa disebut dengan bussy hour. Karena sebagian besar audiens tidak menggunakan perangkatnya untuk mengakses apapun di waktu tersebut.

kesuksesan di Instagram bukan hanya tentang jumlah followers, tetapi juga tentang interaksi yang tulus. Dengan menerapkan tips terkini yang telah kami bagikan, Anda dapat menciptakan ikatan yang kuat dengan pengikut, membangun komunitas yang aktif dan terlibat.

Ingatlah, perubahan algoritma dan tren platform dapat terjadi. oleh karena itu, selalu beradaptasi dan tetap kreatif dalam pendekatan Anda. Teruslah mengamati respons pengikut, dan jangan ragu untuk eksperimen dengan ide-ide baru. Dengan konsistensi, pemahaman audiens, dan kreativitas yang terus-menerus, Anda akan melihat perkembangan yang signifikan dalam tingkat engagement di Instagram, mengukuhkan keberadaan digital Anda di dunia media sosial.