Trik scroll ke bawah
Strawberries
TIKTOK

7 Cara Meningkatkan Brand Awereness Melalui Tiktok Marketing

×

7 Cara Meningkatkan Brand Awereness Melalui Tiktok Marketing

Sebarkan artikel ini

Apa itu Tiktok Marketing?

TikTok Marketing adalah pendekatan pemasaran yang mengeksplorasi potensi platform video pendek TikTok untuk meningkatkan brand awareness dan keterlibatan pengguna. Dengan lebih dari satu miliar pengguna aktif bulanan, TikTok menjadi lahan yang subur bagi brand untuk menjangkau audiens secara global. 

Strawberries

Kelebihan utama TikTok Marketing terletak pada kreativitasnya yang tanpa batas, memungkinkan brand untuk menyampaikan pesan dengan gaya yang unik melalui video pendek yang memukau.

Dalam dunia bisnis yang terus berkembang, membangun brand awareness merupakan langkah krusial untuk memperluas jangkauan dan meningkatkan kepercayaan konsumen. Salah satu platform yang semakin memegang peranan penting dalam mencapai tujuan tersebut adalah TikTok. Dengan lebih dari miliaran pengguna aktif bulanan, TikTok bukan hanya sekadar tempat hiburan, tetapi juga menjadi ajang potensial untuk mengangkat citra brand dengan cara yang kreatif dan menarik.

TikTok Marketing menawarkan peluang unik untuk berinteraksi secara langsung dengan audiens, terutama kalangan muda yang dominan di platform ini. Melalui pendekatan visual dan konten yang memikat, brand dapat menciptakan pengalaman yang tak terlupakan, memicu percakapan, dan memperluas jejaknya di ranah digital. 

Pada Artikel ini, mari kita telaah bersama-sama 7 Cara Meningkatkan Brand Awereness Melalui Tiktok Marketing yang dapat menjadi kunci sukses dalam memanfaatkan potensi TikTok sebagai alat strategis untuk meningkatkan brand awareness.

Baca juga:  Hindari 5 Kesalahan Ini Agar Promosimu di TikTok Sukses!

Cara Meningkatkan Brand Awareness Melalui TikTok Marketing

Berikut ini akan dijelaskan beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk meningkatkan brand awareness, antara lain:

1. Ketahui Cara Kerja TikTok

TikTok merupakan platform media sosial yang memungkinkan penggunanya berbagi konten video berdurasi 15 detik atau dapat digabungkan menjadi 60 detik. Platform ini bisa menjadi sarana promosi yang sangat efektif.

Cara memanfaatkan TikTok marketing untuk mempromosikan produk antara lain dengan membuat video produk dengan efek visual atau musik yang menarik, dengan harapan dapat memicu engagement audiens seperti berkomentar, menyukai, dan membagikan video produk.

Semakin banyak keterlibatan yang diterima  suatu video, semakin besar kemungkinan konten tersebut dipromosikan oleh TikTok ke pengguna lainnya. Ini adalah peluang penting untuk membangun Branding Anda dan meningkatkan visibilitas produk atau layanan perusahaan Anda.

2. Tentukan Target Audiens

Sebelum membuat konten, penting untuk menentukan target audiens anda. Misalnya, perusahaan melakukan penelitian untuk memahami demografi pengguna TikTok dan mengidentifikasi kelompok yang mungkin tertarik dengan produk brand yang di tawarkan tersebut.

Namun, tidak menutup kemungkinan perusahaan akan menemukan audiens baru atau tidak terduga. Audiens Anda mungkin saat ini tidak aktif di TikTok, namun ada kelompok kecil dengan minat terkait atau sedikit berbeda yang dapat ditemukan di platform lain

3. Buatlah Konten Yang Menarik

Setelah sebuah perusahaan memiliki audiens potensial yang ditargetkan, langkah selanjutnya adalah meneliti jenis konten yang mereka sukai.

Baca juga:  Penasaran Bagaimana Cara Mendapatkan Ribuan Pengikut di TikTok? Kami Akan Membocorkannya untuk Kamu!

Lalu, mulailah merancang ide-ide konten terkait produk dan layanan yang disediakan perusahaan.

Proses pembuatan konten di TikTok sebenarnya tidak jauh berbeda dengan proses pembuatan konten di blog atau website. Perusahaan dapat menggunakan alat seperti Ahrefs atau Ubersuggest untuk menemukan kata kunci yang populer dan sering dicari, lalu menggunakan kata kunci tersebut sebagai dasar konten untuk perusahaan tersebut.

Selain itu, perusahaan juga dapat berinteraksi langsung dengan audiens. misalnya dengan melakukan polling atau bertanya mengenai topik yang mereka minati. Biasanya, konten  populer melibatkan peluncuran produk, tutorial, dan tantangan hashtag.

4. Manfaatkan Hashtag

Untuk meningkatkan engagement rate, sangat penting untuk menyertakan hashtag di setiap konten yang diunggah perusahaan. Fungsi Hashtag yaitu merekomendasikan video perusahaan kepada pengguna lain.

Meski demikian, bukan berarti perusahaan bisa sembarangan menggunakan hashtag. Sebaliknya, perusahaan harus memilih hashtag yang sangat relevan dengan konten yang dibagikan dan sesuai dengan produk dan layanan yang ditawarkan.

5. Manfaatkan Influencer Marketing

Influencer marketing, sesuai dengan namanya, dapat menjadi alat bagi para pembisnis untuk memasarkan produk yang mereka tawarkan. dimana influencer akan merekomendasikan produk tersebut kepada para pengikutnya.

Jadi, tidak mengherankan jika 86% pemasar memercayai influencer sebagai cara untuk meningkatkan penjualan dan brand awereness. Perlu diingat bahwa perusahaan sebaiknya memilih influencer yang sesuai dengan target audiensnya, sehingga memberikan hasil yang lebih optimal.

Baca juga:  Di Jamin TikTok Shop Anda Rame Dengan Cara Ini

6. Mengunggah Konten Secara Berkala Dan Konsisten

Aspek terpenting dalam Tiktok Marketing adalah menjaga konsistensi dalam mengunggah konten promosi. Hal ini untuk memastikan pengikut (followers) selalu mendapatkan update terkini mengenai brand perusahaan anda. Ketika sebuah video mendapat banyak like, kemungkinan besar video tersebut akan muncul di halaman “For You” agar lebih banyak mendapat eksposur.

7. Menjawab Komentar Dari Audiens

Untuk memaksimalkan Tiktok Marketing, perusahaan tidak boleh mengabaikan komentar dari audiens pada konten video yang diunggah, apalagi jika komentar tersebut berbentuk pertanyaan. Perusahaan dapat memberikan jawaban yang informatif dan positif terhadap pertanyaan terkait produk. Hal ini berguna untuk meningkatkan brand awareness.

Selain itu, jangan membatasi diri untuk membalas komentar pada postingan sendiri, perusahaan juga dapat aktif mengomentari postingan pengguna lain. Jika komentarnya menarik, maka akun TikTok perusahaan akan menerima like. sehingga nama brand perusahaan dapat muncul di urutas komentar teratas, sesuai algoritma TikTok.

Melalui strategi TikTok marketing yang tepat, perusahaan dapat merancang kampanye yang unik dan menarik, mengundang partisipasi pengguna, dan menciptakan konten yang viral. Dengan demikian, brand awareness dapat ditingkatkan secara signifikan, membuka pintu untuk pertumbuhan dan penguatan hubungan dengan audiens. TikTok memberikan ruang untuk ekspresi kreatif yang tanpa batas, menjadi panggung yang sempurna untuk mengukir cerita merek dan menggugah perhatian dalam komunitas digital yang terus bergerak maju. Semoga bermanfaat!