Trik scroll ke bawah
Strawberries
WINDOWS

6 Solusi Agar Baterai Laptop Tidak Boros di Windows 11

×

6 Solusi Agar Baterai Laptop Tidak Boros di Windows 11

Sebarkan artikel ini

Windows 11 merupakan fitur terbaru Microsoft untuk perangkat laptop yang membantu pengguna menyukai apa yang mereka inginkan. Dan Windows 11 diluncurkan dengan baik, memungkinkan Anda mengakses aktivitas dan peran secara lebih tertarget dan terpusat menggunakan perintah di laptop atau PC Anda sekaligus menghubungkan Windows 11.

Windows 11 menawarkan beragam fitur menarik. Ada banyak penyebab baterai laptop Anda cepat habis di Windows 11, mulai dari spesifikasi, RAM, sistem operasi, penyimpanan data internal, dan masih banyak lagi. Fitur Windows 11 sebenarnya dapat meningkatkan beberapa kinerja  perangkat Anda saat ini. Namun, bukan berarti laptop ini cepat. Pasti ada hal-hal yang perlu Anda urus terlebih dahulu.

Strawberries

Windows 11 sebenarnya dirancang dengan penghemat baterai modern dengan banyak fitur, namun penghemat ini sebenarnya bergantung pada spesifikasi laptop Anda. Oleh karena itu, banyak orang ingin sedikit berkreasi dan mencari tahu kebenaran tentang cara mencegah baterai laptop mereka cepat habis di Windows 11 dan memiliki akses ke fitur penghemat baterai Windows 11.

Baca juga:  8 Langkah Rahasia Membuat System Restore Point dalam Sekejap

Untuk memaksimalkan performa baterai di Windows 11 terbaru dengan mencegah baterai laptop terlalu cepat terkuras, ada beberapa hal yang perlu Anda ikuti:

1. Konfigurasikan pengaturan hemat daya laptop

Anda Cara mencegah hal ini menguras baterai laptop Anda Windows 11  mengaktifkan fitur hemat energi untuk pertama kalinya.

2. Menggunakan penghemat baterai bawaan

Salah satu cara agar baterai laptop Anda bertahan lebih lama di Windows 11 adalah dengan menggunakan penghemat baterai bawaan yang disertakan dengan Windows 11. Saat Anda mengaktifkan mode hemat daya bawaan ini, laptop Anda secara otomatis menonaktifkan beberapa tindakan yang menggunakan banyak daya dan juga menutup aplikasi yang tidak Anda gunakan secara aktif.

3. Mengatur Waktu Tampilan Layar Laptop

Menghemat baterai laptop di Windows 11 sangat mudah dengan mengatur waktu tampilan beberapa layar aktif. Faktanya, menggunakan laptop dengan layar menyala dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan baterai lebih cepat rusak. Layar laptop Windows 11 Anda tetap menyala dan aktif bahkan saat Anda tidak menggunakannya sama sekali, jadi sangat penting untuk mengatur waktu tampilan Windows 11 agar tidak membuang-buang laptop Anda di kemudian hari.

Baca juga:  Memahami Dasar-dasar VLOOKUP Agar Jago Excel

4. Mengatur kecerahan layar laptop anda

Perlu anda ketahui  penyebab baterai laptop anda cepat habis adalah karena kecerahan layar yang tidak sesuai untuk digunakan. Mungkin Anda sering menggunakan kecerahan layar pada level maksimal dan tidak  menguranginya untuk sementara waktu. Hal ini dapat dengan cepat menguras baterai laptop Anda di Windows 10 dan Windows 11, serta versi Windows sebelumnya. Agar baterai laptop Windows 11 Anda tidak cepat habis  dan bertahan lebih lama, sebaiknya Anda selalu menyesuaikan kecerahan layar laptop Anda.

5. Menurunkan kecepatan refresh layar   

Menurunkan kecepatan refresh layar pada laptop berarti layar harus lebih jarang menyegarkan halaman. Kecepatan refresh layar diukur dalam Hertz (Hz) dan mengacu pada berapa kali  layar menyegarkan halaman yang ditampilkan per detik. Artinya layar dengan kecepatan refresh 60 Hz akan menyegarkan halaman setiap 60 kali per detik. Karena hal ini dapat dengan cepat menguras baterai laptop anda dan berakhir terbuang percuma. Ini adalah cara yang sangat efektif untuk mencegah baterai laptop cepat habis di Windows 11.

Baca juga:  13 Cara Mengatasi Windows Error Recovery Di Windows 11,10,8,7

6. Custom Graphics for Applications

Pilihan Custom Graphics for Applications pada laptop biasanya ditujukan untuk aplikasi yang  ingin lebih hemat energi. Ini sangat berguna untuk  menghemat  baterai  setiap kali Anda membuka aplikasi yang telah dikustomisasi sebelumnya 7. Aktifkan Tema Gelap Cegah baterai laptop Anda cepat terkuras di Windows 11 Cara terakhir adalah dengan mengaktifkan tema gelap masing-masing. Latar belakang laptop gelap. Tema gelap mengurangi pencahayaan keras pada laptop Anda dan memperpanjang masa pakai baterai laptop Anda.

Demikianlah penjelasan tentang rekomendasi Cara agar baterai laptop tidak cepat habis windows 11 yang dapat kalian cobain langsung untuk mendapatkan kenyamanan menggunakan windows 11 paling stabil. Terima kasih, semoga bermanfaat.