Trik scroll ke bawah
Strawberries
UPDATE

6 Perbedaan TV Analog dan TV Digital Yang Belum Kamu Tau

×

6 Perbedaan TV Analog dan TV Digital Yang Belum Kamu Tau

Sebarkan artikel ini

6 Perbedaan TV Analog dan TV Digital – Bingung ingin membeli TV tapi takut mendapatkan TV analog?

Sekarang kalian jangan khawatir, karena saya akan memberikan apa perbedaan TV analog dan Digital agar kalian tidak bingung saat memutuskan membeli TV.

Strawberries

Dibawah ini adalah “6 Perbedaan TV Analog dan TV Digital” sebagai berikut :

1. Sinyal
Pada TV analog terbatas menerima sinyal antena UHF yang masih berbentuk analog, sehingga rentan mengalami noise, gangguan, dan distorsi. Sementara TV digital dapat memproses baik dari sinyal digital maupun analog.

Baca juga:  Cara Terbaru Cek IMEI Iphone 100% Akurat

2. Ukuran layar TV
TV digital kini telah hadir dengan ukuran layar lebih lebar yakni 50 inci dan juga dilengkapi dengan bezel yang tipis sehingga bentuk TV terlihat lebih modern. Sedangkan TV analog biasanya terbatas pada ukuran 30 inci dan berbentuk layar cembung.

3. Jenis televisi
TV analog identik dengan bentuknya yang bongsor (panjang dan lebar ke belakang) atau umum dikenal sebagai TV tabung.

Meski begitu, TV analog tidak melulu TV tabung sebab banyak pula TV layar datar (LCD/LED) yang hanya dapat menangkap siaran analog.

TV analog membutuhkan bantuan STB agar bisa menangkap siaran digital.

Smart TV bisa dimasukkan dalam kategori TV digital namun dengan catatan tersedia pilihan DTV pada saat akan melakukan pencarian saluran TV. Ciri utama TV digital di Indonesia adalah memiliki sistem pemancar DVB-T/T2.

Baca juga:  Kenalan Dengan Sora, Teknologi Baru Open AI Yang bisa Ubah Teks Jadi Video

4. Fitur
TV analog tidak memiliki fitur canggih apa pun, sedangkan pada TV digital terdapat layanan interaktif dan jadwal acara yang telah dan akan ditayangkan (Electronic Program Guide).

5. Kualitas gambar
Perbedaan TV analog dan TV digital terakhir terletak pada kualitas tampilannya. TV analog memiliki ukuran terbatas dengan kualitas visual yang standar.

Hal tersebut disebabkan oleh terbatasnya bandwidth yang dimiliki, sehingga berdampak pada kualitas gambar dan suara yang sangat terbatas dan tidak bisa ditingkatkan lagi.

Baca juga:  Cara Membuat Animasi Charging Keren Di Semua HP Android

Sementara kualitas gambar pada TV digital lebih jernih karena memiliki bandwith yang luas. TV digital juga didukung dengan format siaran 16:9 yang memberikan kualitas gambar yang tinggi mulai dari High Definition (HD) hingga 4K.

6. Pemancar tv
TV analog bergantung pada jarak stasiun pemancar televisi. Semakin jauh jarak stasiun pemancar televisi dengan antena penangkap maka semakin lemah sinyal yang ditangkap hingga membuat gambar buram, berbayang, dan bersemut.

Sementara pada tv digital tidak bergantung pada dekat-jauhnya jarak dengan pemancar.

Semoga informasi menngenai “6 Perbedaan TV Analog dan TV Digital” bermanfaat bagi kalian semua.