Trik scroll ke bawah
Strawberries
SHOPEE

6 Cara Untuk Meningkatkan Keamanan Akun Shopee Kalian

×

6 Cara Untuk Meningkatkan Keamanan Akun Shopee Kalian

Sebarkan artikel ini

Dalam era perdagangan elektronik yang berkembang pesat, keamanan akun menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Hal ini tidak terkecuali bagi pengguna platform e-commerce seperti Shopee. 

Dengan meningkatnya aktivitas belanja online, melindungi akun Shopee dari akses yang tidak sah menjadi suatu keharusan. 

Strawberries

Dalam artikel ini, kami akan menjelajahi 6 Cara Untuk Meningkatkan Keamanan Akun Shopee Kalian, memberikan panduan praktis untuk melindungi informasi pribadi dan transaksi online Anda.

1. Aktifkan Kode Verifikasi (OTP)

Untuk melindungi akun Anda dari pihak ketiga yang tidak berwenang, aktifkan kode verifikasi (OTP) dan update nomor polsen atau email terdaftar.

Hal ini perlu dilakukan karena metode verifikasi kini sudah ditingkatkan dengan tautan yang dikirimkan melalui SMS atau kode verifikasi (OTP) yang dikirimkan melalui email. Klik disini mengaktifkan kode verifikasi (OTP) Anda melalui Seller Centre.

Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut cara untuk mengupdate no ponsel atau email.

  • Via aplikasi: klik Saya > pilih Pengaturan Akun > klik Profil Saya > pilih Telepon atau Email
  • Via Seller Centre: klik di sini.
Baca juga:  5 Tips Cara Menemukan Barang Berkualitas di Shopee

2. Jangan berikan Kode Verifikasi (OTP), password, dan PIN

Jangan pernah memberikan kode verifikasi (OTP), password, dan PIN Anda kepada siapa pun. termasuk keluarga, teman, atau Shopee sekalipun.

Kode verifikasi (OTP), kata sandi atau password, dan PIN akun Anda bersifat rahasia.

3. Jaga kerahasiaan dan ubah password secara berkala

  • Jangan bagikan rincian log in Anda kepada siapa pun, termasuk tim Shopee, keluarga, atau teman. Password akun Anda bersifat rahasia. 
  • Untuk meningkatkan keamanan akun, Anda harus mengatur password yang kuat dan mengubahnya secara berkala agar tetap aman. 

Password yang kuat memiliki karakteristik berikut:

1) Min. terdiri dari 8 karakter.

2) Terdiri dari kombinasi nomor, simbol (Contoh: PsswRd00?!), huruf besar, dan huruf kecil.

3) Tidak mengandung urutan atau pola tertentu (Contoh: 1234, abcd, qwerty)

4) Tidak mengandung nama pribadi, username, atau nama toko.

5) Ubah password min. 3 bulan sekali.

Baca juga:  Terbaru Cara Daftar Shopee Affiliate Tanpa Minimal Followers

Untuk mengubah password, ikuti langkah-langkah berikut:

1) Via aplikasi: klik Saya > pilih Pengaturan Akun > klik Profil Saya > pilih Ubah Password.

2) Via Seller Centre: klik di sini.

4. Berhati-hati dalam membagikan informasi

Penipu tentu akan berusaha untuk mencari informasi berharga atau data pribadi seperti password, no. kartu kredit, dan PIN Saldo Penjual dengan berbagai cara untuk bisa mengambil dana Anda. Berhati-hatilah dengan siapa Anda berbagi informasi.

5. Jangan bertransaksi di luar Shopee

Penipu dapat menggunakan berbagai teknik penipuan agar Anda melakukan transaksi di luar Shopee. Jika Anda diminta untuk melakukan hal ini atau menemukan aktivitas mencurigakan, hentikan obrolan dan segera hubungi Customer Service Shopee.

Penipu dapat menggunakan berbagai teknik phishing/penipuan untuk mengelabui Anda agar melakukan transaksi di luar Shopee. Jika Anda diminta melakukannya atau menemukan aktivitas mencurigakan, hetikan mengobrol anda dan segera hubungi Customer Service Shopee.

6. Verifikasi no. handphone

  • Untuk meningkatkan keamanan akun Anda, mohon verifikasi no. handphone yang Anda gunakan dengan kode verifikasi (OTP) yang akan dikirim via SMS atau WhatsApp. Verifikasi no. handphone juga dilakukan agar produk Anda dapat ditemukan di Halaman Pencarian dan Rekomendasi Produk. Untuk mengetahui langkah-langkah verifikasi no. handphone, silakan klik di sini.
  • Jika Anda ingin mengubah no. handphone yang terdaftar pada akun Shopee, ikuti langkah-langkahnya di sini.
  • Jika Anda tidak menerima kode verifikasi (OTP), temukan informasi selengkapnya di sini. Namun, jika Anda masih menemukan kendala setelah mengubah no. handphone, silakan hubungi kami di sini.
Baca juga:  Cara Mengatur Pengiriman di Shopee

Dalam mengakhiri pembahasan tentang meningkatkan keamanan akun Shopee, perlu diingat bahwa langkah-langkah yang telah dibahas merupakan investasi dalam melindungi informasi pribadi dan keamanan finansial Anda. 

Dengan menerapkan 6 cara diatas ini secara konsisten, Anda dapat berbelanja dengan lebih percaya diri dan tenang, tanpa khawatir akan risiko keamanan yang mungkin timbul. 

Semoga artikel ini memberikan wawasan yang bermanfaat dan memotivasi Anda untuk mengambil langkah-langkah proaktif dalam menjaga keamanan akun Shopee Anda. Selamat berbelanja dengan aman dan nyaman!