Trik scroll ke bawah
Strawberries
SHOPEE

6 Cara Agar Menjadi Seller yang Sukses di Shopee

×

6 Cara Agar Menjadi Seller yang Sukses di Shopee

Sebarkan artikel ini

Dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat di dunia e-commerce, menjadi seller yang sukses di Shopee membutuhkan strategi yang cerdas dan terarah. 

Dengan pasar yang terus berkembang dan pelanggan yang semakin cerdas, penting bagi para penjual untuk memiliki rencana yang solid untuk mencapai kesuksesan. 

Strawberries

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi 6 Cara Agar Menjadi Seller yang Sukses di Shopee yang telah terbukti efektif dalam membantu penjual meraih kesuksesan di platform Shopee. 

1.Jangan Dulu Memikirkan Keuntungan

Saat anda baru membangun toko di Shopee, jangan memikirkan keuntungan yang terlalu besar, apalagi jika produk yang Anda jual memiliki persaingan yang cukup ketat. Pada langkah pertama, Anda dapat mengambil keuntungan maksimal 5% terlebih dahulu atau menjualnya dari harga pokok.

Kemudian saat toko Anda menerima ulasan dari pelanggan, baru anda bisa naikkan keuntungannya pelan-pelan, jangan langsung kamu naikkan besar.

Baca juga:  Fantastis Promo Belanja Di Shopee Live Diskon 80%

2.Siapkan Gambar Produk

Foto produk merupakan salah satu komponen paling penting bagi konsumen untuk memutuskan apakah akan membeli suatu produk atau tidak.

Sebab, dengan gambar barang yang jelas, mereka bisa mengetahui secara detail kualitas produk yang Anda tawarkan. Dan perlu diingat bahwa deskripsi produk harus ditulis dengan jelas dan lengkap.

3.Atur Manajemen Barang

Menentukan jumlah stok setiap produk dan menyesuaikannya dengan ketersediaan produk fisik untuk menghindari terjadinya overselling nantinya.

Ada cara mudah untuk menghindari kehabisan stok secara tiba-tiba, Anda dapat menggunakan fitur yang disebut ‘sync stok’ (sinkronisasi stok barang).

Misalnya jika Anda memiliki toko di beberapa marketplace dan menjual produk di Shopee, otomatis nantinya stok barang di semua toko akan berubah. Jadi Anda tidak perlu khawatir akan terjadi overselling.

4.Aktifkan Gratis Ongkir Xtra

Strategi penjualan di Shopee selanjutnya adalah mengaktifkan gratis ongkir xtra. Dimana terdapat perbedaan trafik antara toko yang menggunakan gratis ongkir xtra dengan yang tidak.

Baca juga:  4 Cara Meningkatkan Penilaian Produk dari Pelanggan di Shopee

Bagi toko yang mengaktifkan voucher diskon tersebut, trafik yang dihasilkan tentunya cukup besar dibandingkan dengan toko yang tidak mengaktifkannya.

Namun walaupun anda menggunakan voucher ini tentu ada kelebihan dan kekurangannya. misalnya toko Anda akan dikenakan biaya 2%-2,5% tetapi berdampak ke trafik dari toko online. Dengan trafik yang besar tentunya akan meningkatkan peluang penjualan toko tersebut.

5.Gunakan Iklan Shopee

Pasti Anda pernah mendengar istilah “bakar uang” bukan. Nah, sebagai seorang pebisnis yang baru membuka toko di shopee dan ingin mendapat orderan yang membludak, anda bisa mengiklankan toko anda di shopee.

Walaupun anda harus mengeluarkan banyak uang untuk menarik pelanggan ke toko anda. Anda bisa menentukan budget yang akan dikeluarkan nantinya.

6.Lakukan Proses Pesanan Secara Cepat

Apa kamu pernah menerima ulasan produk “pengiriman produk lama”? ini berarti tandanya kamu harus memperbaiki cara kamu saat memproses pesanan nih.

Baca juga:  Biar Belanja Makin Aman Ini 5 Tips Menghindari Penipuan di Shopee

Sebisa mungkin proses pesanan pelanggan dengan cepat untuk menghindari menerima ulasan yang buruk. Balas secepat mungkin chat yang masuk dari pelanggan.

Dengan menerapkan keenam strategi jitu yang telah dibahas, Anda telah melangkah lebih dekat menuju kesuksesan sebagai seller di Shopee. Dari memaksimalkan visibilitas toko Anda hingga memberikan pelayanan pelanggan yang istimewa, setiap langkah merupakan investasi nilai tambah bagi bisnis Anda. 

Ingatlah bahwa kesuksesan tidak terjadi dalam semalam, tetapi dengan konsistensi, kerja keras, dan penyesuaian terhadap perubahan pasar, Anda akan melihat hasil yang diinginkan. 

Tetaplah kreatif, responsif terhadap umpan balik, dan terus belajar dari pengalaman Anda. Semoga artikel ini memberikan inspirasi dan panduan yang berguna dalam perjalanan Anda menuju kesuksesan sebagai seller di platform Shopee. Semoga bermanfaat!