Trik scroll ke bawah
Strawberries
SET TOP BOX

5 Tips Hemat Listrik Saat Nonton TV dengan STB

×

5 Tips Hemat Listrik Saat Nonton TV dengan STB

Sebarkan artikel ini

Halo, para pecinta hiburan! Siapa nih di sini yang suka nonton TV pake STB (Set Top Box)? Pasti banyak, kan? Nah, kalo kamu salah satunya, ada baiknya nih buat kamu punya tips hemat listrik biar tetep bisa nikmatin tayangan favorit tanpa harus khawatir tagihan listrik melonjak. Yuk, simak 5 Tips Hemat Listrik Saat Nonton TV dengan STB

1.Matikan TV dan STB Setelah Selesai Nonton

Strawberries

Ini nih yang paling sering dilupain. Kalau habis nonton, pastiin kamu untuk matiin TV dan STB-nya. Meskipun terlihat sepele, tapi kebiasaan ini bisa menghemat energi listrik yang cukup signifikan, lho!

Baca juga:  Beli Alat Unuk Nonton TV DIGITAL di HAPE

2.Kecerahan Layar dan Volume dengan Bijak

Nonton TV nggak harus pake layar super terang atau volume yang menggelegar, kan? Nah kamu bisa coba untuk mengatur kecerahan layar dan volume TV sesuai dengan kebutuhan aja. Selain bikin mata dan telinga jadi lebih nyaman, ini juga bisa menghemat konsumsi listrik.

3.Nonaktifkan Fitur Standby

Banyak TV dan STB modern yang punya fitur standby untuk memudahkan kita dalam menghidupkan perangkat secara cepat. Tapi, fitur ini ternyata bisa menghabiskan energi listrik secara diam-diam. Jadi, sebisa mungkin kalian menonaktifkan fitur standby ini dan matikan perangkat secara total setelah penggunaan.

Baca juga:  Beli Penguat Sinyal dan Antena Ajaib Untuk TV DIGITAL & STB

4.Gunakan Timer untuk Menjadwalkan Waktu Menonton

Buat jadwal nonton yang terencana, kamu bisa gunain fitur timer di TV atau STB-mu. Dengan begini, kamu bisa membatasi waktu nonton dan menghindari kebiasaan nonton berlebihan yang bisa bikin tagihan listrik melonjak.

5.Pilih Mode Hemat Energi pada STB

Beberapa STB biasanya memiliki opsi mode hemat energi yang bisa kamu aktifkan untuk mengurangi konsumsi listrik saat tidak digunakan. Biasanya, mode ini akan mematikan beberapa fitur yang tidak terlalu penting saat dalam kondisi idle.

Baca juga:  Beli Alat Unuk Nonton TV DIGITAL di HAPE

Nah, itu dia 5 tips jitu hemat listrik saat nonton TV dengan STB yang bisa kamu terapkan di rumah. Ingat guys, hemat listrik bukan hanya baik untuk kantong kita, tapi juga untuk lingkungan. Jadi, yuk kita mulai praktikkan gaya hidup yang lebih ramah lingkungan mulai dari sekarang! Happy watching, guys!