Trik scroll ke bawah
Strawberries
APLIKASI

5 Rekomendasi Aplikasi Raport K13 SMP, Mudah Dan Praktis

×

5 Rekomendasi Aplikasi Raport K13 SMP, Mudah Dan Praktis

Sebarkan artikel ini

5 rekomendasi aplikasi Raport K13 SMP, Mudah dan Praktis. Keberadaan aplikasi rapor K13 SMP merupakan salah satu dari sekian banyak perkembangan dalam dunia pendidikan. Perkembangan teknologi yang semakin hari semakin canggih menjadi salah satu alasan munculnya aplikasi evaluasi ini yang memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri.

Kurikulum 2013 atau yang lebih dikenal dengan K13 adalah kurikulum yang diterapkan di sekolah-sekolah  Indonesia dengan tujuan untuk meningkatkan pembentukan karakter dan keterampilan pada siswa. Banyak perubahan yang terjadi di dunia pendidikan sejak diperkenalkannya kurikulum pada tahun 2013.

Strawberries

Di era teknologi digital saat ini, banyak sekolah yang menggunakan metode berbasis digital untuk memudahkan penilaian dan pelaporan hasil belajar siswa. Segera beralih menggunakan aplikasi rapor. Salah satunya adalah aplikasi pelaporan nilai transkrip K13 SMP. Aplikasi penilaian ini menyimpan nilai siswa dan memungkinkan Anda melihat laporan pencapaian pembelajaran lengkap tentang siswa Anda.

Baca juga:  Inilah 5 Aplikasi Android Keren Yang Tidak Tersedia di Playstore

Adapun beberapa rekomendasi aplikasi penyusun nilai dan evaluasi pelajaran yang dapat Anda gunakan, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. SIAKAD

SIAKAD, singkatan dari Sistem Informasi Akademik, adalah aplikasi pengelolaan akademik berbasis web yang dikembangkan untuk keperluan pengelolaan informasi akademik dan berbagai proses pengelolaan data lainnya. Aplikasi ini memungkinkan Anda mengelola seluruh proses akademik  dengan informasi yang berguna untuk manajemen pendidikan, pengambilan keputusan, dan pelaporan hasil pembelajaran. Aplikasi ini tidak hanya memudahkan penilaian dan pelaporan, tetapi juga membantu pengelolaan administrasi secara keseluruhan.

2. Google Classroom

Google Classroom adalah salah satu platform pembelajaran online terpopuler. Selain berfungsi sebagai platform pembelajaran, seperti pengorganisasian tugas dan berbagi materi pembelajaran, platform tersebut juga dapat digunakan untuk membuat dan menyimpan sertifikat secara digital. Google Classroom memiliki fitur penilaian yang memungkinkan guru  memberikan nilai secara langsung. Guru  dapat membuat dan mengelola kuis, tugas, bahkan ujian  secara online dan memberikan umpan balik kepada siswa dalam bentuk komentar.

Baca juga:  Privasi Terjaga, Inilah 5 Aplikasi Chat Tanpa Bagikan Nomor Hp

3. Google Forms

Platform Google lainnya yang dapat digunakan untuk mendukung kegiatan pembelajaran dan penilaian lainnya adalah Google Forms. Platform  ini memungkinkan guru membuat pertanyaan dan langsung mengoreksi jawaban siswa. Saat menggunakan Google Formulir untuk membuat soal, guru harus menentukan jawaban yang benar agar Google Formulir dapat menilainya. Salah satu keunggulan Google Form adalah platform ini terhubung dengan Google Drive sehingga memungkinkan Anda menyimpan file hingga 15 GB dan mudah digunakan.

4. Edmodo

Edmodo adalah platform pembelajaran online yang dirancang khusus untuk belajar atau mengajar. Aplikasi  ini memungkinkan guru untuk membuat tugas, tes atau ujian, dan kuis untuk siswa. Selain itu, Edmodo juga memiliki kemampuan untuk memberikan penilaian otomatis, yang membantu guru  menghemat waktu dalam proses penilaian. Guru juga dapat melihat statistik rinci kemajuan siswa dan memberikan umpan balik langsung kepada siswa.

Baca juga:  11 Aplikasi Prototype Desainer untuk Visualisasi Hasil Desainmu

5. Kahoot!

Kahoot! adalah aplikasi online interaktif  yang memungkinkan guru  membuat tes pilihan ganda dan merevisinya secara langsung. Aplikasi ini tidak hanya dapat digunakan untuk kuis, tetapi juga untuk membuat survei dan diskusi menarik dengan siswa. Guru dapat menggunakan Kahoot! Buat kuis yang dapat diikuti seluruh kelas sekaligus. Aplikasi ini menyediakan penilaian otomatis bagi siswa, sehingga guru dapat melihat seberapa baik siswa memahami materi pembelajaran yang diberikan selama ini.

Demikianlah penjelasan tentang rekomendasi beberapa aplikasi raport K13. Dalam pemilihan dan penggunaan aplikasi, sekolah dan pendidik atau guru harus mempertimbangkan berbagai aspek, seperti faktor teknis, pelatihan, dan keamanan data untuk memaksimalkan aplikasi pelaporan nilai ini.