Trik scroll ke bawah
Strawberries
WHATSAPP

5 Aksi Penipuan Baru Via WhatsApp Jangan Sampai Kena Tipu

×

5 Aksi Penipuan Baru Via WhatsApp Jangan Sampai Kena Tipu

Sebarkan artikel ini

Aksi kejahatan digital dalam bentuk penipuan online saat ini sedang marak terjadi, hal ini terjadi pada salah satu platform yang menjadi aplikasi pesan dengan penggunanya yang sangat banyak aplikasi ini merupakan aplikasi yang memungkin kan dapat terhubung dengan banyak orang dari mana pun.

Sayangnya aplikasi ini sudah di manfaatkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab, sehingga kewaspadaan akan data yang ada pada platform ini harus di tingkatkan. Selain itu, perlu Anda waspada akan setiap informasi yang masuk ke akun WhatsApp. Mari simak “5 Aksi Penipuan Baru Via WhatsApp Jangan Sampai Kena Tipu”

Strawberries

Undangan Pernikahan

Modus satu ini sudah ramai pada tahun sebelumnya, kerap kali di temukan undangan pernikahan yang tidak jelas, karena tiba-tiba di kirimkan dan di minta untuk membukanya agar memastikan tujuan undangan apakah sudah benar atau tidak. Jadi apabila nantinya Anda mendapatkan surat undangan yang tidak di ketahui pengirimnya jangan langsung di buka, karena di takutkan akan menlancarkan aksi kejahatan mereka.

Baca juga:  Cara Rahasia Membuka WhatsApp Web Tanpa QR Code

Penipuan Kode Verifikasi

Ini adalah salah satu penipuan yang juga terjadi pada aplikasi WhatsApp, mungkin Sebagian orang tidak tahu apabila tidak boleh membagikan kode verifikasi bahkan pada pihak WhatsApp sekalipun. Jenis penipuan ini akan mengirimkan Anda sebuah pesan yang berisi supaya mengirimkan kode verifikasi yang Anda dapatkan. Jika nanti Anda mendapatkan pesan seperti itu abaikan saja.

Penipuan Identitas Tertentu

Penipuan ini akan mengelabui dengan menyamar sebagai pengguna WhatsApp yang mungkin Anda kenal seperti kerabat terdekat, teman, ataupun orang terdekat yang mungkin bisa saja langsung Anda berikan tanggapan. Para oknum akan meminta untuk memberikan bantuan berupa uang yang harus di kirimkan sekarang juga dengan alasan karena membutuhkan.

Baca juga:  Apakah Social SPY Whatsapp Bisa Berhasil? Ini Jawabannya

Penipuan Pengumuman Bank

Ini merupakan penipuan online yang mengatas namakan salah satu bank yang ada di Indonesia, ini harus di waspadai karena bisa saja Anda menjadi salah satu korban mereka. Para pelaku akan mengirimkan sebuah file berbentu PDF yang biasanya berisi sebuah informasi terkait perubahan tarif transaksi atau transfer yang tidak masuk akal.

Penipuan Phishing

Penipuan phishing melalui WhatsApp mencoba memperoleh informasi sensitif, seperti kata sandi atau rincian kartu kredit, dengan menyamar sebagai layanan resmi atau bank. Mereka mengirimkan tautan atau file yang mengarahkan pengguna ke situs web palsu yang menyerupai aslinya. Selalu waspada terhadap permintaan informasi pribadi atau tautan yang mencurigakan.

Baca juga:  Berguna Untuk Bisnis, Begini Cara Membuat ChatBot di WhatsApp

Untuk menghindari korban penipuan melalui WhatsApp, penting untuk selalu waspada terhadap pesan yang mencurigakan, tidak memberikan informasi pribadi secara sembarangan, dan memverifikasi keaslian komunikasi sebelum mengambil tindakan lebih lanjut. Keamanan pribadi adalah prioritas utama dalam penggunaan aplikasi komunikasi online.

Penipuan Kurir Paket

Penipuan ini akan mencoba memperoleh data digital Anda dengan mengirimkan sebuah foto pengiriman barang, ini biasanya pelaku menyamar sebagai tukang kurir paket, sehingga mungkin Anda akan penasaran dan membuka file foto tersebut.

Dengan adanya artikel ini, semoga dapat membantu untuk terhindar dari segala tipu daya para pelaku kejahatan lainnya. Pastikan untuk tetap waspada pada setiap informasi yang Anda dapatkan.