Trik scroll ke bawah
Strawberries
UTANG PINJOL

4 Trik Rahasia Agar Utang Pinjol Bisa Hangus Otomatis

×

4 Trik Rahasia Agar Utang Pinjol Bisa Hangus Otomatis

Sebarkan artikel ini

4 Trik Rahasia Agar Utang Pinjol Bisa Hangus Otomatis – Ternyata utang pinjol itu bisa loh hangus dengan sendirinya, dan kita bebas dari tagihan berjalan dan tidak akan ditagih lagi.

Nah… yang masih berhutang di pinjol harus tau informasi sepenting ini saat meminjam atau berhutang di pinjol, karena kalau kalian bisa meminjam ya harus dibayar. Karena kalau tidak membayar itu akan memberatkan orang terdekat atau keluarga kalian juga, sangat tidak nyaman.

Strawberries

Karena akan kena sasaran penagihan pinjol, padahal mereka tidak ikut meminjam uang tapi mereka akan kena getahnya juga gara-gara ulah si peminjam yang mungkin kurang tanggung jawab.

Baca juga:  Pinjaman Online: Berkah atau Malapetaka? Simak Kelebihan & Kekurangannya!

Dibawah ini adalah 4 Trik Rahasia Agar Utang Pinjol Bisa Hangus Otomatis yang mungkin berguna sebagai informasi.

Walaupun utang pinjol tidak bisa dianggap hangus dengan sendirinya, namun ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan hutang di pinjol tersebut menjadi tidak dapat ditagih lagi, dengan kata lain bisa tidak dibayar. Namun ada faktor-faktor yang harus dilihat terlebih dulu antara lain:

1. Pencabutan izin
Nh… Utang pinjol kita bisa hangus jika penyedia layanan pinjol dicabut izin usahanya oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), sesuai Pasal 47 dalam Peraturan OJK Nomor 77/POJK.01/2016.

Baca juga:  Raih Limit Pinjaman Jumbo dengan Tips Jitu Ini!

Dari pencabutan izin usaha ini otomatis berakhir berakhir juga seluruh hubungan hukum antara penyedia pinjol dengan nasabahnya, dan ini termasuk juga dalam urusan utang yang belum lunas.

2. Restrukturisasi utang
Jikalau kamu tidak mampu membayar utang pinjol yang menumpuk, maka kamu bisa mencoba untuk mengajukan restrukturisasi utang. Restrukturisasi utang adalah proses pengaturan ulang utang, baik itu jangka waktu pembayaran, jumlah cicilan, maupun suku bunga.

Yang perlu diingat, pihak pinjol juga dapat menyetujui untuk menghapus sebagian atau seluruh utang kamu yang ada. Namun, hal ini tergantung juga pada kesepakatan antara kamu dan pihak pinjol.

3. Pailit
Jika masalah bisnis dan finansial kamu pailit yang menyebabkan tidak bisa membayar utang, maka dari tiu utang kamu akan diurus oleh kurator dengan menggunakan harta pailit milikmu. Apabila aset yang ada tidak mencukupi untuk melunasi, maka utang yang belum terlunasi akan hangus otomatis.

Baca juga:  Terlanjur Pinjam Uang di Pinjol, Ini 5 Tips Untuk Melunasinya Tepat Waktu

4. Meninggal dunia
Ternyata hutang pinjol ini akan menjadi tanggungan ahli waris debitur. Tapi, ahli waris tidak wajib untuk membayar utang tersebut jika tidak mampu membayarnya.

Ahli waris bisa memilih untuk membayar atau tidak, jika ahli waris menolak untuk membayar utang tersebut, maka utang tersebut akan dikatakan hangus.

Semoga 4 Trik Rahasia Agar Utang Pinjol Bisa Hangus Otomatis ini berguna.