Trik scroll ke bawah
Strawberries
UPDATE

4 Tips Mendapatkan Foto Indah di Waktu Golden Hour

×

4 Tips Mendapatkan Foto Indah di Waktu Golden Hour

Sebarkan artikel ini

Dalam dunia fotografi, tak ada yang sebanding dengan keajaiban cahaya saat golden hour. Waktu ini, yang terjadi sebelum matahari terbenam atau setelah matahari terbit, menawarkan pemandangan yang memukau dengan sinar matahari yang lembut dan hangat. 

Membekali diri dengan pengetahuan dan teknik yang tepat dapat membuat perbedaan signifikan dalam mengabadikan momen indah ini. 

Strawberries

Pada artikel ini, kita akan membahas 4 Tips Mendapatkan Foto Indah di Waktu Golden Hour, memanfaatkan keunikan cahaya alam ini untuk menciptakan hasil yang tak terlupakan.

Apa itu Golden Hour?

Golden hour” merujuk pada periode waktu singkat sebelum matahari terbenam atau setelah matahari terbit. Selama golden hour, sinar matahari memiliki sudut yang lebih rendah, menciptakan cahaya yang lembut, hangat, dan seringkali menghasilkan bayangan yang menarik. 

Ini adalah waktu yang sangat dicari oleh fotografer karena cahaya yang dihasilkan pada saat tersebut dapat memberikan efek yang dramatis dan estetis pada foto, membuat warna lebih kaya dan memberikan suasana yang indah. 

Baca juga:  Telkomsel-Singtel Kasih Solusi 5G Dan Edge Cloud Computing

Keindahan cahaya selama golden hour membuatnya menjadi momen ideal untuk mengambil foto luar ruangan, terutama untuk potret, lanskap, atau fotografi yang memanfaatkan permainan bayangan dan sorotan.

Tips Mendapatkan Golden Hour untuk Foto Indah Kalian

1. Pilih lokasi yang tepat

Sebelum mengambil gambar pada momen golden hour, tentukan terlebih dahulu lokasi yang akan menjadi objek foto. Cari lokasi mulai dari rute, pintu masuk, hingga lokasi dan sudut pandang yang tepat untuk mendapatkan golden hour.

Jika ingin fokus pada posisi matahari, sebaiknya datang satu jam sebelum golden hour. Hal ini dilakukan untuk menghindari keterlambatan dan memberi Anda lebih banyak waktu untuk mempersiapkan peralatan Anda.

2. Setting kamera

Untuk mengabadikan momen golden hour dengan sempurna, disarankan untuk mengganti mode dari white balance ke shade atau cloudy. Mode ini akan menghasilkan foto yang lebih hangat dan mengesankan.

Baca juga:  Cara Unreg SIM Card Yang Terblokir Semua Operator

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan ISO rendah untuk meminimalkan noise. Pengaturan ISO sebaiknya hanya sesuai dengan situasi, kondisi, dan jenis pencahayaan yang diinginkan.

3. Pilih lensa bukaan sempit dan gunakan tripod

Untuk mode portrait, lensa kamera dengan bukaan sempit lebih direkomendasikan karena ruang tajam di area foto akan tertangkap lebih luas. Namun, hal tersebut dapat menyebabkan guncangan pada kamera karena shutter speed yang rendah. 

Anda sangat disarankan memakai tripod guna mengatasi guncangan tersebut dan mendapatkan gambar yang bagus.

4. Menunggu momen golden hour

Setelah menyiapkan kamera dan objek yang akan difoto, Anda tinggal menunggu golden hour. Momen ini akan muncul sekitar pukul 6 dan 7:30 pagi atau sore hari.

Pastikan kamera Anda sudah dalam keadaan siap beberapa menit sebelum golden hour berlangsung. Pada momen tersebut, efek cahaya matahari akan berubah-ubah setiap menitnya. Karena itu, potret objek di momen golden hour secara terus-menerus untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

Baca juga:  WhatsApp Ternyata Rentan Diretas Melalui Kirim Video

Saat kita menyaksikan pesona cahaya lembut dan kehangatan golden hour melibatkan diri dalam fotografi, memahami dan menerapkan beberapa tips kunci dapat membuat perbedaan besar dalam hasil akhir. Dengan merencanakan timing dengan cermat, memilih lokasi yang tepat, menangkap momen dengan komposisi yang baik, dan memanfaatkan keunikan cahaya alam, kita membuka pintu menuju galeri foto yang memukau. 

Golden hour bukan hanya sekadar waktu di hari, tetapi juga pemandangan yang memberikan kesempatan luar biasa bagi fotografer untuk menciptakan karya seni yang mempesona dan abadi. Melibatkan diri sepenuhnya dalam proses ini dapat memberikan pengalaman fotografi yang memuaskan dan memperkaya portofolio visual Anda dengan keindahan alami yang tak tergantikan. Semoga bermanfaat!