Trik scroll ke bawah
Strawberries
SHOPEE

4 Cara Meningkatkan Penilaian Produk dari Pelanggan di Shopee

×

4 Cara Meningkatkan Penilaian Produk dari Pelanggan di Shopee

Sebarkan artikel ini

Mendapatkan penilaian produk yang tinggi dari pelanggan merupakan salah satu kunci keberhasilan di platform e-commerce seperti Shopee. 

Penilaian yang baik tidak hanya meningkatkan kepercayaan pelanggan potensial, tetapi juga dapat meningkatkan visibilitas produk Anda di antara pesaing. 

Strawberries

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi 4 Cara Meningkatkan Penilaian Produk dari Pelanggan di Shopee, mulai dari memberikan tingkat penyelesaian pesanan yang luar biasa hingga memberikan pelayanan yang terbaik untuk terus meningkatkan kualitas produk Anda.

1. Tingkatkan Penyelesaian Pesanan

Memiliki tingkat penyelesaian pesanan yang baik meminimalkan kemungkinan pengalaman tidak menyenangkan bagi pembeli, sehingga meningkatkan peluang review produk yang baik.

Anda bisa mengikuti tips ini:

  • Saat meng-upload produk di Shopee, jangan mencantumkan total/akumulasi stok dengan produk yang Anda jual di platform lain.
  • Hal ini akan mencegah terjadinya kehabisan stok jika Anda harus memenuhi pesanan dari platform lain.
Baca juga:  6 Jurus Ampuh Memastikan Keaslian Produk Branded di Shopee

2. Tingkatkan Daftar dan Kualitas Produk

Melakukan perbaikan dan memastikan produk Anda sesuai dengan deskripsiakan membantu Anda mendapatkan kepercayaan pembeli baru dan meningkatkan penjualan. Ingatlah untuk mengunggah gambar produk yang sesuai dan memberikan deskripsi secara rinci.

3. Berikan Pelayanan yang Baik

Memberikan pelayanan yang baik kepada pembeli, seperti respon yang cepat dan membalas sesuai dengan pertanyaan pelanggan, juga dapat membantu meningkatkan rating atau penilaian.

Anda bisa mengikuti tips berikut:

  • Membalas chat dengan cepat dapat meningkatkan pengalaman Pembeli dalam berbelanja di toko Anda dan meningkatkan kualitas Pelayanan Pembeli Anda.
  • Membalas pertanyaan Pembeli dengan tepat dan menyertakan rincian pesanan yang diperlukan.
  • Merespon penilaian negatif akan menunjukkan kepada Pembeli bahwa Anda bertanggung jawab, sehingga dapat meningkatkan kredibilitas toko Anda.
  • Dapatkan gambaran mengenai produk dengan performa yang buruk di halaman Analisis Produk pada fitur Performa Toko dan lakukan penyesuaian terhadap produk-produk tersebut.
  • Berterima kasih kepada Pembeli yang telah memberikan ulasan baik yang dapat meningkatkan pembelian berulang dan pengikut toko.
  • Jika Pembeli belum memberikan penilaian, Anda dapat mencoba menghubungi pembeli untuk meminta penilaian. Akan tetapi, mohon diingat kembali bahwa pemberian penilaian di Shopee tidak bersifat wajib.
Baca juga:  6 Cara Agar Menjadi Seller yang Sukses di Shopee

4.Merespon Penilaian Pembeli

Tunjukkan kepada pembeli bahwa Anda benar-benar peduli terhadap mereka dengan menanggapi penilaian dari mereka. Tunjukkan apresiasi Anda terhadap penilaian positif dan tanggapi penilaian negatif dengan baik. Anda dapat menanggapi penilaian di halaman penilaian Toko di aplikasi Shopee dan Seller Centre.

Pastikan untuk menanggapi penilaian pelanggan secara profesional dan sopan. Penjual yang menggunakan kata atau bahasa yang tidak pantas dalam balasan mereka mungkin akan dikenakan sanksi karena memberikan layanan yang buruk kepada pembeli.

Hindari merespon penilaian seperti berikut:

  • Menggunakan kata-kata kasar atau kalimat provokatif
  • Memberikan ancaman atau merendahkan Pembeli 
  • Menyebarluaskan informasi pribadi Pembeli atau Pengguna lain (Alamat, nomor telepon, WhatsApp, media sosial, nomor rekening)
  • Memberikan informasi pribadi Penjual atau toko (Alamat toko offline, nomor telepon, WhatsApp, media sosial, nomor rekening)
  • Mempromosikan toko dan mengarahkan transaksi di luar platform Shopee (marketplace lain, media sosial, toko offline)
Baca juga:  6 Cara Meningkatkan Rating dan Reputasi Toko di Shopee

Anda bisa merespon dengan tips dibawah ini:

  • Untuk ulasan positif, ucapkan terima kasih kepada Pembeli karena sudah berbelanja dan menyempatkan waktu untuk memberikan ulasan.
  • Untuk ulasan negatif, nyatakan apa yang telah/akan Anda lakukan untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi oleh Pembeli.

Dengan menerapkan keempat strategi yang telah dibahas, Anda dapat meningkatkan penilaian produk dari pelanggan di Shopee secara signifikan.

Ingatlah bahwa penilaian produk yang tinggi tidak hanya penting untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan, tetapi juga dapat membantu Anda bersaing lebih baik di pasar online yang semakin kompetitif. 

Dengan konsistensi dalam memberikan pengalaman belanja yang positif dan meningkatkan kualitas produk Anda, Anda dapat mencapai kesuksesan jangka panjang sebagai penjual di Shopee. Semoga bermanfaat!