Trik scroll ke bawah
Strawberries
TIKTOK

4 Cara Mengatasi Penurunan Follower di TikTok

×

4 Cara Mengatasi Penurunan Follower di TikTok

Sebarkan artikel ini

Dalam perjalanan menjadi seorang kreator konten di TikTok, mengalami penurunan jumlah pengikut atau followers bisa menjadi tantangan yang menantang. 

Namun, meskipun penurunan followers bisa terasa mengecewakan, itu bukanlah akhir dari segalanya. Sebaliknya, itu adalah kesempatan untuk melakukan refleksi dan pengembangan. 

Strawberries

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi 4 Cara Mengatasi Penurunan Follower di TikTok. Penasaran? Yuk simak selengkapnya dibawah ini.

Penyebab Followers Menurun

1.Konten Tidak Menarik

Penurunan followers juga bisa disebabkan oleh konten yang tidak relevan atau tidak menarik bagi pengikut Anda. Jika Anda mulai memposting konten yang tidak sesuai dengan minat atau harapan pengikut Anda, mereka mungkin kehilangan minat dan memutuskan untuk berhenti mengikuti Anda.

2.Konten Monoton Tidak Up to date

Penurunan follower yang kedua yaitu konten yang Anda unggah monoton serta tidak up to date atau ketinggalan jaman. Umumnya followers akan tertarik dengan video-video inspiratif, lucu, edukatif, informatif, serta up to date dengan tren-tren atau isu-isu yang terjadi di sosial media. Jika konten Anda tidak up to date atau tidak mengikuti tren yang ada, maka akan sangat monoton dan membuat followers Anda menjadi bosan, sehingga mereka memutuskan untuk berhenti mengikuti akun TikTok Anda.  

Baca juga:  Penasaran Bagaimana Cara Mendapatkan Ribuan Pengikut di TikTok? Kami Akan Membocorkannya untuk Kamu!

3.Tindakan Spam atau Pelanggaran Aturan

Penurunan followers juga bisa disebabkan oleh tindakan spam atau pelanggaran aturan dari pihak pengguna. Misalnya, pengguna yang memposting konten yang melanggar pedoman komunitas TikTok atau melakukan tindakan seperti mengikuti dan berhenti mengikuti secara berulang-ulang dapat menyebabkan penurunan jumlah pengikut.

4.Kurangnya Konsistensi dalam Posting Konten

Salah satu penyebab umum dari penurunan followers di TikTok adalah kurangnya konsistensi dalam posting konten. Pengguna yang tidak konsisten dalam memposting video cenderung kehilangan minat pengikut mereka. Ketika pengikut tidak melihat konten baru dari Anda secara teratur, mereka mungkin kehilangan minat dan berhenti mengikuti akun Anda.

5.Akun Tidak Aktif Upload Video TikTok

Penurunan followers juga bisa disebabkan karena akun Anda tidak aktif dalam meng-upload video atau tidak aktif berinteraksi dengan followers. Banyak followers yang memutuskan untuk meng unfollow atau berhenti mengikuti akun Anda karena merasa akun Anda tidak aktif. Terlebih jika akun Anda tidak aktif dalam mengunggah video serta tidak aktif dalam memberikan komen atau like pada postingan pengikut Anda.

Baca juga:  Mau Konten TikTokmu Rame? Kuasai 8 Rahasia Storytelling Ini!

Cara Mengatasi Penurunan Follower

1.Buat Hal Baru dan Kreatif

Cara mengatasi Penurunan Followers TikTok yang pertama Anda perlu membuat konten yang kreatif dan baru. Hal ini bertujuan agar konten Anda tidak monoton, sehingga followers Anda akan betah dengan adanya postingan Anda di beranda mereka. Jadi tidak akan kepikiran untuk meng unfollow akun Anda.

2.Hindari Membeli Follower

Cara mengatasi penurunan followers TikTok selanjutnya yaitu jangan membeli followers atau menggunakan aplikasi penambah followers. Pastikan Anda menghindari membeli followers yang tidak aktif, karena followersnya akan dengan mudah hilang. 

Anda bisa membangun followers sendiri secara manual dan natural, dengan cara membuat konten-konten yang menarik dan banyak diminati oleh audiens TikTok. 

3.Konsistensi dan Jadwal Posting yang Teratur

Cara mengatasi penurunan followers TikTok selanjutnya yaitu Membuat jadwal posting yang teratur dan patuhi jadwal tersebut dengan konsisten. Tentukan waktu posting yang optimal berdasarkan pola aktivitas pengikut Anda. Gunakan fitur penjadwalan jika perlu untuk memastikan konten Anda diposting secara teratur bahkan saat Anda sibuk.

Baca juga:  TikTok vs. Instagram, Manakah Yang Paling Efektif Untuk Bisnismu?

Pengguna yang aktif dan konsisten dalam memposting video cenderung lebih menarik bagi pengikut mereka. Ketika pengikut melihat konten baru dari Anda secara teratur, mereka lebih cenderung untuk tetap terlibat dan tertarik dengan akun Anda.

4.Tingkatkan Interaksi dengan Pengikut

Cara mengatasi penurunan followers TikTok selanjutnya yaitu Interaksi yang kuat dengan pengikut, ini adalah kunci untuk mempertahankan dan meningkatkan jumlah pengikut di TikTok. Ketika pengikut merasa dihargai dan diakui, mereka lebih cenderung untuk tetap terlibat dan setia dengan akun Anda. 

Berinteraksilah dengan pengikut Anda secara aktif melalui komentar, tanggapan pesan langsung, dan partisipasi dalam diskusi.

Penurunan follower di TikTok adalah sesuatu yang bisa dialami oleh siapa pun, tetapi itu bukan akhir dari dunia. Dengan mengambil langkah-langkah yang tepat dan mengimplementasikan strategi yang efektif, Anda dapat memperbaiki masalah tersebut dan bahkan meningkatkan jumlah pengikut Anda. Semoga Artikel ini bermanfaat dan anda bisa lebih meningkatkan jumlah followers anda kembali, Semangat terus untuk berkarya di dunia TikTok!