Trik scroll ke bawah
Strawberries
WHATSAPP

4 Cara Ampuh Atasi Memori Whatsapp yang Penuh

×

4 Cara Ampuh Atasi Memori Whatsapp yang Penuh

Sebarkan artikel ini

Siapa sih yang gak kenal sama WhatsApp? Aplikasi pesan instan yang bikin komunikasi jadi lebih gaul dan seru. Tapi, masalahnya, kadang-kadang memori WhatsApp bisa penuh banget, bikin kita kesel dan makin kuper. Nah, daripada bingung dan stress sendiri, mending coba 4 Cara Ampuh Atasi Memori Whatsapp yang Penuh!

1.Bersihin Pesan dan Media yang Nggak Penting

Strawberries

Yuk, mulai dari yang paling sederhana dulu. Biasanya, kita suka numpuk-numpuk pesan dan media di WhatsApp tanpa sadar, ya kan? Kita lupa kalau hal itu bisa bikin memori ponsel kita jadi keburu penuh. Nah, daripada panik, mending sekarang mulai bersihin pesan dan media yang memang udah nggak terlalu penting lagi.

Baca juga:  4 Cara Hentikan WhatsApp Dipantau Jarak Jauh Orang Lain

Cara ngelakuinnya gampang banget. Tinggal buka WhatsApp, pilih percakapan yang mau dibersihin, trus klik opsi “Hapus” atau “Hapus Pesan”. Kalau mau lebih ekstrim, langsung aja hapus file media-nya dari galeri ponsel. Hemat memori, bukan?

2.Buang Riwayat Obrolan Lama

Selain bersihin satu per satu, kamu juga bisa langsung aja buang semua riwayat obrolan yang udah nggak terpakai lagi. WhatsApp punya fitur buat ngatur ini, lho! Kamu bisa atur biar riwayat obrolan otomatis terhapus setelah beberapa bulan. Jadi, nggak perlu mikirin lagi deh mau hapus yang mana.

Caranya? Buka WhatsApp, masuk ke “Pengaturan”, pilih “Chat”, trus klik “Simpan Riwayat Chat”. Di situ, bisa kamu atur sendiri mau dihapus setelah berapa lama. Praktis kan?

Baca juga:  Mengatasi "Akun ini Tidak Diizinkan untuk Menggunakan Whatsapp"

3.Manfaatin Fitur Pengelolaan Penyimpanan

Nggak cuma buat ngecek doang, WhatsApp juga punya fitur buat ngatur pengelolaan penyimpanan. Nah, fitur ini bakal bantu kamu lihat berapa besar file yang nguras memori di WhatsApp. Dari situ, kamu bisa langsung aja hapus yang nggak penting.

Cara pakenya juga simpel. Masuk ke “Pengaturan”, pilih “Pengelolaan Penyimpanan”, terus klik “Kelola Ruang”. Di situ, ada daftar file yang bisa langsung kamu pilih buat dihapus. Praktis, kan?

4.Backup Media ke Penyimpanan Eksternal

Kalo kamu sering banget ngirim atau nerima file media di WhatsApp, mungkin ini bisa jadi solusi. Aktifin aja opsi buat backup file media ke penyimpanan eksternal, kayak kartu SD di ponsel kamu. Dengan begini, kamu bisa tetap nyimpen file media tanpa khawatir memori ponsel penuh.

Baca juga:  9 Fitur Tersembunyi WhatsApp yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

Caranya? Buka WhatsApp, masuk ke “Pengaturan”, pilih “Pengaturan Chat”, terus klik “Cadangkan Chat”. Di situ, kamu bisa pilih opsi buat backup file media ke penyimpanan eksternal. Gampang banget, kan?

Nah, itu dia 4 tips jitu buat ngatasi masalah memori WhatsApp yang penuh. Dengan mengikuti tips-tips di atas, dijamin deh, memori ponsel kamu bakal lebih lega dan WhatsApp tetap bisa digunakan dengan lancar. Jadi, nggak usah stress lagi ya!