10 Penyebab WhatsApp Pending & Pesan Tidak Terkirim

10 Penyebab WhatsApp Pending & Pesan Tidak Terkirim – Banyaknya pertanyaan dari netizen membuat saya mencai – cari mengapa whatsapp itu sering error pada ponsel kalian. Banyaknya pengguna whatsapp yang beredar di Indonesia membuat pertanyaan ini sering muncul di channel saya, oleh karena itu pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tips dan trik agar whatsapp kalian itu bisa kembali normal seperti sedia kala lagi. Dibawah ini adalah rangkuman saya mengenai beberapa alasan yang membuat whatsapp error di ponsel kalian. Jika kalian ingin mengetahuinya silahkan langsung cek artikel dibawah ini sebagai berikut :

Dibawah ini adalah “10 Penyebab WhatsApp Pending & Pesan Tidak Terkirim” SBB :

1. Cek jaringan internet

Untuk langkah pertama yang bisa kalian lakukan adalah dengan memeriksa jaringan internet/kuota data internet kalian yang sedang aktif. Periksa apakah kalian sudah tersambung wifi dan paket data internet kalian masih ada.

Kalian juga bisa melakukan beberapa metode yang saya sarankan untuk memastikan jaringan internet tetap stabil di smartphone Android.

Caranya:

Masuk ke menu Settings > Connections > Mobile networks > Networks Mode > LTE only

Pastikan jaringan kalian aktif dan stabil agar tidak ada masalah pada whatsapp kalian. Namun jika whatsapp kalian masih belum juga bisa dibuka, langsung cek cara ke 2.

2. Bersihkan Cache Aplikasi

Karena banyaknya pengguna whatsapp di Indonesia, banyak kalangan memanfaatkan whatsapp di ponselnya sebagai aplikasi chatting yang paling sering dibuka. Dengan seringnya penggunaan WhatsApp, tentu akan semakin banyak cache yang menumpuk di memori kamu.

Cache adalah data yang disimpan sementara guna mempercepat pemrosesan sebuah aplikasi.

Dengan membengkaknya cache, bisa saja membuat WhatsApp error dan berakibat pesan yang dikirim atau diterima pending. Oleh karena itu kalian bisa langsung membersihkan cache dari aplikasi WhatsApp di ponsel kalian.

Caranya :

Kalian langsung pergi ke menu Settings > Apps & notifications > WhatsApp > Storage > Clear cache.

3. Mode Pesawat

Jika langkah diatas semua sudah dicoba dan masih belum berhasil, kalian bisa mencoba mengaktifkan dan mematikan kembali mode pesawat (Airplane Mode) di HP. Istilahnya kalain telah me-restart segala jaringan yang terhubung di smartphone. Setelah itu cobalah beberapa kali hingga mendapatkan jaringan internet dan pesan WhatsApp diterima. Biasanya, jaringan internet akan kembali masuk dan kalian bisa mengakses internet beberapa saat kembali terhubung.

4. Restart HP kalian

Jika dari ke-3 cara diatas belum juga berhasil, kalian bisa langsung restart ponsel kalian dan setelah itu silahkan mencoba kembali membuka whatsapp dan kirim pesan ke salah satu teman kalian, jika sudah bisa terkirim dan notifikasi masuk berarti whatsapp kalian sudah normal.

5. Update Whatsapp di Play Store

Banyak orang yang tidak menyadari jika mereka terlalu lama tidak mengupdate whatsapp di playstore, bisa jadi versi whatsapp di hp kalian sudah tidak mendukung versi terbaru whatsapp. Maka dari itu kalian harus update whatsapp kalian secara berkala agar hal itu tidak terjadi lagi.

6. Cek Penghemat Daya

Salah satu fitur dari aplikasi penghemat daya bisa jadi pengaruh yang sangat serius membuat whatsapp bisa error, dan aplikasi ini akan otomatis diaktifkan saat Android kehabisan baterai. Bahayanya aplikasi ini akan membuat beberapa notifikasi pesan tidak masuk alias pending untuk menghemat baterai Android, termasuk WhatsApp kalian.

7. Uninstall Aplikasi Pembersih RAM

Meng-install aplikasi pembersih RAM agar kecepatan smartphone Android kenceng terkadang akan membuat whatsapp bisa terganggu. Bisa saja masalah ini adalah salah satu masalah sekaligus penyebeb mengapa pesan WhatsApp pending dan sering error saat kalian gunakan whatsapp. Aplikasi pembersih RAM umumnya akan membersihkan aplikasi Android yang berjalan di latar belakang alias background. Karena WhatsApp berjalan di latar belakang untuk menerima pesan, bisa saja aplikasi pembersih RAM sengaja menutupnya.

Solusinya :

Tidak ada salahnya kalian untuk uninstall aplikasi pembersih RAM di HP Android kalian jika dirasa cukup mengganggu dan tidak bermanfaat. Setelah itu kalian bisa membuka whatsapp kembali dan pastinya akan berjalan normal lagi.

8. Hapus dan Install Ulang WhatsApp

Bisa jadi WhatsApp kalian error dan pending akibat aplikasi chatting yang digunakan sudah ketinggalan dibandingkan dengan versi terbaru whatsapp. Biasanya jika sudah lama tidak update dan mencoba memperbaharuina, sering gagal update, maka solusinya kalian bisa uninstall dan melakukan install ulang aplikasi WhatsApp terbaru melalui Google Play Store.

9. Server Whatsapp gangguan

Terkadang whatsapp juga sering error dari pusatnya karena berbagai alasan, jadi kalian harap jangan terlalu khawatir.

 

10. Dibatasi sementara pemerintah

Kejadian ini baru-baru terjadi di Indonesia pembatasan akses sementar ke whatsapp oleh pemerintah karena banyaknya penyebar HOAX, serta politik yang memanas baru-baru ini di Indonesia membuat whatsapp bisa saja di batasi sementar hingga suasana kondusif.

BONUS : Untuk dapat membuka kembali whatsapp ERROR kalian bisa gunakan cara terakhir yang ada di dibawah ini :

Jika kalian belum jelas mengenai “10 Penyebab WhatsApp Pending & Pesan Tidak Terkirim” siatas, kalian bisa cek video dibawah ini :

Semoga bermanfaat.