Trik scroll ke bawah
Strawberries
AI

Waspada 6 dampak buruk AI yang wajib kamu tahu

×

Waspada 6 dampak buruk AI yang wajib kamu tahu

Sebarkan artikel ini

Waspada 6 dampak buruk AI yang wajib kamu tahu.Kecerdasan buatan (AI) adalah bidang ilmu komputer yang didedikasikan untuk memecahkan masalah kognitif yang sering dikaitkan dengan kecerdasan manusia, seperti belajar, membuat, dan mengenali gambar. Organisasi modern mengumpulkan data dalam jumlah besar dari berbagai sumber, termasuk sensor pintar, konten buatan manusia, alat pemantauan, dan log sistem.

AI memungkinkan komputer  bertindak dan bereaksi seperti manusia.Komputer dapat diberi informasi dalam jumlah besar dan dilatih untuk mengenali pola, membuat prediksi, memecahkan masalah, dan bahkan belajar dari kesalahannya sendiri. AI tidak hanya mengandalkan data tetapi juga pada algoritma, yang merupakan seperangkat aturan yang harus diikuti  untuk menyelesaikan tugas yang diberikan.

Strawberries

Selaian memberikan inovasi baru dalam memudahkan arus kehidupan manusia dari berbagai macam aspek, ternyata AI juga bisa memberikan dampak negatif. Berikut 6 dampak negatif AI yang wajib kamu tahu :

Baca juga:  Cara Memanfaatkan AI dan Rekomendasi Tools untuk Mahasiswa Sebagai Media Pembelajaran
  1. Salah satu dampak negatif  AI adalah hilangnya  pekerjaan. AI dapat menggantikan pekerja manusia dan melakukan tugas rutin dan berulang. Misalnya, dalam industri manufaktur, robot dapat  melakukan pekerjaan berulang-ulang, seperti merakit produk, atas nama pekerja manusia. Hal ini dapat mengakibatkan banyak pekerja kehilangan pekerjaan  dan sulit mencari pekerjaan baru.
  2. AI juga dapat menyebabkan kesenjangan ekonomi. Teknologi AI mahal untuk dikembangkan dan diterapkan. Artinya hanya perusahaan besar yang bisa menerapkan teknologi AI, dan perusahaan kecil dan menengah kesulitan  bersaing. Hal ini dapat memperlebar kesenjangan antara usaha besar dan kecil, sehingga semakin memperlebar kesenjangan ekonomi.dalah masalah privasi dan keamanan data.
  3. AI juga menggunakan data pengguna untuk menghasilkan prediksi dan rekomendasi. Namun, seringkali pengguna  tidak menyadari bahwa datanya sedang digunakan dan dapat disalahgunakan. Selain itu, AI juga dapat digunakan untuk melakukan serangan siber dan mencuri data pribadi pengguna. Hal ini dapat membahayakan privasi dan keamanan data pengguna.
  4. AI  dapat membuat manusia bergantung pada teknologi. Dalam beberapa kasus, orang mungkin menjadi terlalu bergantung pada AI untuk mengambil keputusan. Misalnya, dalam bidang kesehatan, AI dapat digunakan untuk mendiagnosis penyakit dan meresepkan obat. Namun jika terjadi kesalahan atau kegagalan pada AI, kesalahan tersebut dapat berdampak buruk bagi pasien. Selain itu, ketergantungan manusia pada AI juga dapat mengurangi kemampuan manusia untuk mengambil keputusan secara mandiri.
  5.  AI juga bisa membuat hilangnya koneksi sosial. AI dapat menggantikan interaksi manusia dalam banyak aspek kehidupan sehari-hari. Misalnya, jika Anda menggunakan asisten virtual seperti Siri atau Alexa, orang dapat berinteraksi dengan AI dan menyelesaikan tugas seperti mencari informasi dan jadwal. Hal ini dapat mengurangi hubungan dengan orang lain dan mengurangi hubungan sosial.
  6. AI juga dapat menimbulkan diskriminasi dan prasangka.  AI didasarkan pada data yang dikumpulkan dari pengguna, dan data ini dapat mencerminkan prasangka dan diskriminasi sosial. Misalnya, ketika menggunakan AI dalam proses rekrutmen karyawan, AI dapat memilih kandidat berdasarkan data yang ada yang mungkin mencerminkan prasangka gender dan ras. Hal ini dapat menimbulkan diskriminasi dalam proses rekrutmen.
Baca juga:  Bahaya AI Mengancam Pekerjaan Manusia

Demikianlah penjelasan tentang dampak buruk dari apliksi AI yang harus kamu tahu, karena jika terjadi maka akan memberikan dampak yang sangat fatal untuk kehidupan kamu. Lebih waspada dan lebih binaksana lagi dalam menggunakan teknologi.