Trik scroll ke bawah
Strawberries
RAGAM

9 Fitur Canva Sebagai Media Pembelajaran Sekolah

×

9 Fitur Canva Sebagai Media Pembelajaran Sekolah

Sebarkan artikel ini

9 fitur canva sebagai media pembelajaran sekolah. Canva adalah platform desain grafis dan penerbitan konten yang jauh lebih mudah dan  cepat digunakan dibandingkan perangkat lunak lain. Canva dapat digunakan untuk membuat desain gambar, membuat video, membuat PowerPoint, peta pikiran, infografis, dan perencana.

Alat dan fitur Canva memudahkan bahkan pengguna pemula yang baru mengenal Canva untuk membuat  desain. Platform Canva bisa digunakan untuk belajar, termasuk gadget. Kami merekomendasikan penggunaan Canva karena kurikulum mandiri kami menggabungkan elemen digital.

Strawberries

Hal ini memungkinkan guru dan siswa untuk lebih kreatif dalam memanfaatkan berbagai platform yang tersedia di dunia maya untuk kebutuhan belajar mengajarnya. Keberadaan Canva untuk Pendidikan. Dirancang khusus untuk membantu guru membuat media pembelajaran dengan fitur premium  Canva dan membuat proses pengajaran menjadi lebih efisien. Membuat desain pembelajaran kini jauh lebih mudah dengan tersedianya ratusan ribu template gratis.

Berikut beberapa fitur Canva yang bisa dipakai untuk sarana pembelajaran dan dapat diakses baik melalui web maupun aplikasi.

1. Elemen

Canva memiliki fitur yang disebut elemen. Elemen-elemen ini hadir dalam berbagai format, dari elemen yang sangat sederhana seperti garis berbeda hingga berbagai jenis gambar dan animasi dalam segala bentuk.  Elemen ini sangat berguna ketika membuat media pembelajaran, karena memungkinkan guru menemukan desain yang mereka butuhkan tergantung pada mata pelajaran. Menariknya lagi, elemen Canva dapat diedit sesuai kebutuhan, termasuk mengubah ukuran dan warnanya.

Baca juga:  Tutorial Cara Mengisi Saldo Google Play, Mudah Kok

2. Template

Guru yang masih baru dalam mendesain atau ingin menghemat waktu dalam membuat media pembelajaran dapat menggunakan template yang  disediakan oleh Canva. Terdapat ratusan ribu templat untuk semua kebutuhan Anda, termasuk membuat poster, presentasi, lembar tugas, dan  banyak lagi. Template memungkinkan guru untuk dengan mudah memodifikasi teks dan gambar yang ada sesuai dengan kebutuhannya.  Buat poster dalam hitungan detik dengan template Canva. Siapapun bisa membuat sebuah desain, bahkan guru yang tidak tahu apa-apa tentang desain.

3. Unggah foto

Jika ada foto tertentu yang perlu dimasukkan dalam media pembelajaran, guru dapat dengan mudah memasukkannya ke dalam template  menggunakan fitur unggah foto Canva. Menariknya, fitur ini secara otomatis menyimpan semua foto yang diunggah, sehingga pengguna tidak perlu mengunggahnya lagi dan dapat dengan mudah menggunakan foto yang sama nantinya. Tentu saja hal ini menghemat waktu dan membuat proses pengajaran menjadi lebih efisien.

4. Foto

Selain elemen dan foto yang bisa Anda upload sendiri, Canva juga menyediakan banyak koleksi foto yang bisa Anda gunakan untuk membuat media pembelajaran. Artinya guru tidak hanya dapat menggunakan unsur-unsur saja tetapi juga gambar-gambar agar media pembelajaran lebih menarik dan mudah dipahami.

Baca juga:  Gunakan Cara Ini Agar HP Lebih Aman Dari Serangan Hacker

5. Presentasi

Jika Anda seorang guru tentunya  sudah tidak asing lagi dengan membuat presentasi sebagai media pembelajaran. Canva memungkinkan Anda menggunakan elemen dan foto untuk membuat desain slide presentasi Anda lebih menarik. Selain itu, Anda dapat menambahkan video ke slide presentasi Anda. Anda bisa merekam video langsung dari aplikasi Canva, menggunakan video Anda sendiri, atau merekam dari YouTube.Menariknya lagi, Anda bisa langsung membagikan presentasi tersebut kepada siswa Anda tanpa harus menunggu kelas dimulai. Fitur ini sangat berguna ketika melakukan kelas online karena tidak tersedianya guru untuk melanjutkan proses pembelajaran secara efektif.

6. Video Pembelajaran

Siswa cenderung lebih tertarik belajar dengan video dibandingkan membaca buku. Guru dapat memanfaatkannya untuk membantu siswa memahami  materi yang ada dengan membuat video pembelajaran. Canva membuat pembuatan video menjadi  lebih mudah karena Anda dapat menggunakan banyak stok foto dan animasi. Menariknya lagi, terdapat ratusan template video Canva yang memudahkan Anda dalam membuat video edukasi, meskipun Anda belum mengetahui jenis video apa yang ingin Anda buat.

7. Cover E-Book

Membuat cover e-book juga bisa dilakukan melalui aplikasi Canva. Bahkan Anda bisa melihat referensi beberapa jenis cover dengan template yang ada. Ada banyak pilihan gambar, elemen dan teks yang bisa dipakai untuk membuat cover e-book menjadi lebih menarik dan sesuai dengan isinya.

Baca juga:  3 Cara Dapat Tiket Nonton Bioskop Gratis

8. Brosur

Jika brosur dikenal sebagai salah satu media iklan, brosur sebenarnya bisa diubah menjadi media pembelajaran yang menarik terlebih lagi jika Anda mengajar jurusan yang berkaitan dengan pemasaran. Guru bisa membuat contoh brosur agar siswa dapat membuat brosur versi mereka sendiri. Brosur juga bisa dipakai untuk membuat pengumuman tugas menjadi lebih menarik dan tidak membosankan.

9. Modul

Modul sudah umum digunakan sebagai media pembelajaran hingga saat ini karena modul biasanya berisi tentang pembahasan materi serta evaluasi. Modul dapat dibuat menggunakan aplikasi Canva sehingga guru bisa lebih mudah memasukkan materi apa saja yang harua dikuasai siswa dalam rentang waktu tertentu serta bagaimana evaluasinya akan dilakukan. Membuat modul menggunakan Canva jauh lebih mudah karena semua fitur yang ada. Guru bisa mendapatkan apa saja yang dibutuhkan dalam pembuatan modul sehingga lebih menghemat waktu dan tenaga.

Demikianlah penjelasan tentang fitur canva yang berguna sebagai media pembelajaran di sekolah. Dengan Canva, guru dapat mengekspresikan ide dan imajinasinya dengan lebih kreatif serta menciptakan suasana pembelajaran yang lebih ramah. Ketika proses belajar menjadi lebih menyenangkan bagi siswa, maka mereka akan lebih mudah memahami pelajaran dan mencapai tujuan belajarnya. Terima kasih, selamat mencoba.