Trik scroll ke bawah
Strawberries
INTERNET

10 Cara Mengencangkan Sinyal Wifi Di Rumah

×

10 Cara Mengencangkan Sinyal Wifi Di Rumah

Sebarkan artikel ini

10 cara mengencangkan sinyal wifi di rumah. Pengguna gadget pasti sudah familiar dengan kualitas sinyal WiFi yang berbeda-beda. Terkadang penjelajahan web, pengunduhan, dan konferensi video berjalan lancar, dan terkadang hang. Faktanya, ada beberapa faktor yang dapat memengaruhi kualitas sinyal WiFi Anda, termasuk lokasi perangkat Anda, jaraknya dari router,  frekuensi yang Anda gunakan, dan bahkan antena Anda.

Memang benar internet lambat berdampak besar pada keseharian Anda. Apalagi saat ini kita membutuhkan internet untuk setiap aktivitas: bekerja, sekolah, bahkan kehidupan sehari-hari. Tak heran jika banyak orang yang mudah kesal jika hal ini terjadi.

Strawberries

Banyak orang  mengeluhkan internet lambat dan mungkin memerlukan kemampuan untuk mempercepat WiFi mereka. Kejadian Wi-Fi yang lambat ini akan menghambat semua orang di dunia maya. Di bawah ini, kami merekomendasikan untuk mengencangkan sinyal Wi-Fi rumah Anda.

1. Tempatkan router Anda di lokasi terbaik 

Sangat penting untuk menempatkan router Anda di lokasi yang tepat. Dinding, pintu, lantai, langit-langit, dan penghalang lainnya dapat memengaruhi kecepatan WiFi Anda dengan berbagai cara. Lokasi ideal untuk router Anda adalah di area terbuka sedekat mungkin dengan pusat rumah Anda dan tanpa terlalu banyak perangkat elektronik. Router mendistribusikan sinyal WiFi ke bawah. Untuk memaksimalkan jangkauan sinyal, sebaiknya pasang router Anda  lebih tinggi dari permukaan tanah.

Baca juga:  Ingin Jadi Admin Media Sosial? Ikuti 8 Tips Berikut Agar Sukses Besar

2. Mengurangi interferensi dari perangkat elektronik lainnya

Jelas bahwa lebih sedikit interferensi berarti performa koneksi WiFi Anda lebih baik. Untuk membuat Wi-Fi Anda lebih cepat, penting untuk menjauhkannya dari gangguan nirkabel dan sumber kebisingan seperti gelombang mikro, perangkat Bluetooth, monitor bayi, dan bahkan lampu Natal.

3. Sesuaikan antena router Anda.

Jika Anda memiliki router dengan antena yang dapat disesuaikan, coba letakkan antena secara vertikal, dengan satu antena vertikal dan antena lainnya horizontal. Namun jika Anda hanya memiliki satu antena (eksternal), Anda mungkin harus mencoba berkali-kali hingga menemukan posisi terbaik.

4. Pilih pita frekuensi yang lebih baik

Kebanyakan router saat ini adalah router dual-band yang mendukung frekuensi 2,4 GHz dan 5GHz. 2,4 GHz biasanya mencakup jarak yang lebih jauh dan 5 GHz memberikan sinyal yang lebih kuat. Karena sebagian besar perangkat elektronik biasanya menggunakan 2,4 GHz,  gelombang udara pada pita frekuensi ini bisa lebih padat dibandingkan 5 GHz. Untuk kecepatan WiFi yang lebih cepat, jangan lupa untuk mengganti pita frekuensi Anda ke 5GHz dan mendekatkan diri ke router Anda.

5. Ganti ke saluran yang lebih baik.

Sebuah router dapat mengirimkan banyak saluran. Jika memungkinkan, cobalah untuk menghindari saluran yang paling sering digunakan di wilayah Anda dan kurangi penggunaan saluran duplikat. Pada spektrum 2,4 GHz, saluran 1, 6, dan 11 adalah tiga saluran yang tidak tumpang tindih dengan interferensi paling sedikit. Jika Anda menggunakan spektrum 5GHz, ada banyak saluran yang dapat dipilih (24 saluran), sehingga memudahkan pilihan Anda.

Baca juga:  Nggak Ada Internet Untuk Kirim Foto?  Yuk Pakai Cara Ini

6. Batasi koneksi yang tidak perlu

Saat Anda melakukan panggilan video, bermain game online, atau streaming film, gunakan koneksi yang lambat karena menggunakan banyak bandwidth. Anda harus memprioritaskan koneksi Anda dengan membatasi jumlah perangkat dan mengoptimalkan pengaturan Anda.

Router modern memiliki pengaturan kualitas layanan (QoS) yang memungkinkan Anda memprioritaskan aplikasi tertentu dibandingkan aplikasi lain dan membatasi bandwidth yang digunakan aplikasi tersebut. QoS menghilangkan kebutuhan untuk mengunduh file besar saat bermain game online.

7. Pengaturan Keamanan WiFi

Anda perlu mengatur kata sandi WiFi. Di satu sisi, ini melindungi Anda  dari peretas. Di sisi lain, jaringan terbuka melindungi Anda dari tetangga Anda, yang mungkin menggunakannya untuk mengunduh file besar atau streaming video. Untuk mengatur kata sandi WiFi, cukup pilih WPA2 sebagai metode enkripsi dan pilih frasa sandi Anda sendiri.

8. Menggunakan Range Extender/Jaringan Powerline

Meskipun Anda menempatkan router tepat di tengah-tengah rumah, sinyal WiFi mungkin sangat lemah, terutama jika Anda tinggal di perumahan besar dan bertingkat tinggi. Di sini Anda memerlukan range extender untuk memperluas jaringan WiFi Anda. Tingkatkan WiFi yang ada di rumah Anda dan perluas jangkauan Anda dengan menerima dan mengulangi sinyal nirkabel dari router Anda. Alternatifnya, gunakan kit saluran listrik untuk mentransfer data melalui kabel daya yang ada, sehingga menghilangkan kebutuhan akan instalasi kabel Ethernet yang rumit.

Baca juga:  Pulsa Sering Tersedot Saat Menyala Data Indosat. Ini 5 Solusinya

9. Tingkatkan router Anda dengan teknologi WiFi terbaru.

Mengikuti perkembangan teknologi WiFi terkini bermanfaat bagi koneksi Internet Anda. Untuk menikmati pengalaman WiFi yang lebih baik, pertimbangkan untuk membeli router baru dan perangkat elektronik lainnya (PC, ponsel, tablet, dll.) yang mendukung teknologi WiFi 6. Dapatkan juga router dengan teknologi MU-MIMO. MU-MIMO meningkatkan kapasitas dan efisiensi jaringan rumah Anda dengan memungkinkan Wi-Fi berkomunikasi dengan beberapa perangkat secara bersamaan. Untuk membawa jaringan rumah Anda ke tingkat berikutnya, cobalah membeli sistem  WiFi mesh (tentu saja jika Anda memiliki anggaran).

10. Restart router dan modem Anda secara teratur.

Router dan modem perlu istirahat setelah bekerja berjam-jam. Ini mungkin cara termudah untuk memecahkan masalah konektivitas internet seperti: Contohnya termasuk WiFi yang lambat, halaman tidak dapat dimuat, video atau film berhenti di tengah jalan, atau musik berhenti diputar. Reboot sederhana akan membuat memori router Anda menjadi dingin dan memungkinkan pembaruan diinstal. Menurut Consumer Reports, jika router Anda terputus, koneksi WiFi Anda akan lambat.

Demikianlah penjelasan tentang sepuluh cara mengencangkan sinyal wifi di rumah yang bisa anda ikuti. Selamat mencoba dan semoga berhasil.